Tips

Belum Menemukan Karir yang Paling Tepat untuk Anda? Cobalah Temukan dengan Cara Ini!

Sebagian besar angkatan kerja yang baru menjalani usia produktif, pasti pernah bertanya apasih karir yang tepat bagi dirinya? Apakah ada pekerjaan yang bisa membuatnya nyaman untuk dijalankan dan menghasilkan gaji yang besar? Untuk bisa menemukan karir yang tepat, Anda memang harus memiliki personal branding terlebih dahulu. Anda harus memahami siapa diri Anda sebenarnya, apa passion Anda dan apa yang Anda inginkan dalam hidup ini. Lagipula, personal branding ini sangat penting untuk menemukan jati diri Anda lho. Dengan memahami siapa diri Anda dan passion apa yang dimiliki, maka Anda pasti akan menemukan karir yang benar-benar tepat dan sesuai. Tidak hanya itu, Anda yang merasa kebingungan dalam menemukan karir yang tepat juga bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

  1. Jika Anda Merasa Jago di Sebuah Bidang, Maka Cobalah Mulai dari Sana!

Cara pertama untuk menemukan karir yang paling tepat yaitu dengan memulai hal yang bisa dilakukan dari sebuah bidang tertentu. Apalagi, jika Anda merasa memiliki keahlian dan jago di bidang tersebut pasti saat menjalankannya akan lebih mudah bukan? Sementara, jika Anda seorang pemula dan tidak begitu menguasai dalam bidang tersebut maka saat mengawali pekerjaannya harus berlatih terlebih dahulu agar bisa menguasainya dengan baik dikemudian hari. Namun, hal ini akan kecil kemungkinan untuk jadi yang terbaik di bidang itu. Nah, daripada buang-buang waktu mending Anda segera beralih ke bidang yang lain saja jika memang di rasa bukan passion Anda. Lagi pula, mengerjakan sesuatu yang bukan di bidangnya justru tidak akan baik untuk atmosfir di tempat kerja. Selain itu, Anda juga tidak akan bisa memberikan seluruh kemampuan secara maksimal dalam pekerjaan tersebut. Bisa jadi, rekan kerja Anda juga ikut merasakan akibatnya. Oleh karena itu, pilihlah pekerjaan atau karir yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda yah.

  1. Jangan Sepelekan Bidang yang Anda Minati

Meskipun Anda jago dan ahli dalam bidang tertentu, namun jangan pernah menyepelekan bidang tersebut. Justru, ini menandakan bahwa bidang tersebut akan menjadi peluang karir yang bisa membuat Anda semangat setiap kali bekerja. Bukankah karir yang tepat akan melibatkan bidang yang dikuasai dan diminati? Bahkan, sekalipun dalam keadaan naik turun pun Anda malah akan semakin menikmati pekerjaan di bidang ini. Oleh karena itu, sebaiknya manfaatkan keahlian dan minat Anda di bidang tersebut untuk mengembangkan karir.

  1. Tanyakan Pada Diri Anda, Haruskah Mengejar Passion?

Selanjutnya, cara menemukan karir yang paling tepat yaitu dengan menanyakan pada diri Anda sendiri apakah passion itu penting atau tidak. Ketika seseorang ditanya karir apa yang terbaik, maka jawaban yang paling tepat adalah mengikuti passionnya sendiri. Dengan mengikuti passion sendiri, tentu karir yang dijalankan pun akan lebih menyenangkan bukan? Meski seberat apapun pekerjaan itu, namun jika dilakukan dengan hati pasti akan lebih ringan untuk menjalankannya. Jadi, bagi Anda yang belum mempunyai passion dalam bidang apapun sebaiknya carilah passion yang paling tepat. Anda harus mengauditnya untuk mengetahui apa passion yang benar-benar dimiliki, baik itu passion dalam kehidupan pribadi maupun karir. Dari sini, Anda bisa mengetahui pekerjaan apa yang sesuai dengan passion tersebut. Akan tetapi, di zaman sekarang ini jika hanya mengandalkan passion tentu bukanlah satu-satunya hal yang harus difokuskan. Karena, ketika Anda berkata “My passion is my job” maka secara tidak langsung Anda juga mengatakan bahwa Anda tidak akan tertarik dengan apapun di luar pekerjaan. Oleh karena itu, meski tidak sesuai dengan passion Anda juga harus menyukai pekerjaan apapun itu. Anda bisa saja memiliki passion di bidang sepak bola tanpa harus menjadi pesepakbola profesional, menyukai politik tanpa harus jadi politisi atau bahkan mencintai seni tanpa harus menjadi seniman. Passion apapun yang Anda miliki, Anda harus bisa mencintai pekerjaan lain baik yang sedang dijalankan maupun yang belum dijalankan agar kedepannya lebih baik lagi.

  1. Temukan Career Sweet Spot dalam 3 Langkah Ini

Untuk menemukan career sweet spot, maka temukan dan cari tahu jago di bidang manakah Anda? Lalu, ikuti 3 langkah berikut ini:

  • Mencoba beragam bidang
  • Meminta feedback dari yang ahli
  • Menemukan pemicu kesuksesan dan kegagalan

Demikian ulasan tentang cara menemukan karir yang paling tepat bagi Anda. Jadi, sudah siapkah menjalani karir yang sesuai dengan passion Anda mulai hari ini? Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top