Lainnya

Berada di Lingkungan Bisnis? Inilah 7 Cara Komunikasi yang Tepat

komunikasi-di-lingkungan-bisnis

Saat Anda baru memulai usaha, pastinya Anda akan sering berada di lingkungan yang sama yakni lingkungan bisnis. Nah, ketika berada di lingkungan bisnis yang mungkin sebelumnya Anda belum terlalu familiar maka bisa jadi ada beberapa hal yang belum diketahui. Karena ini memang lingkungan baru Anda maka mencoba mengetahui apa-apa yang ada penting akan sangat berguna bagi Anda yang baru menjalankan usaha. Salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui dalam lingkungan bisnis ini adalah cara berkomunikasi. Nah berikut ini adalah beberapa cara berkomunikasi yang baik di lingkungan bisnis yang perlu Anda pahami.

  1. Percaya Diri Saat Berbicara

Pertama, cara komunikasi yang tepat saat berada di lingkungan bisnis yaitu percaya diri saat berbicara. Sebagai pebisnis, Anda memang dituntut untuk bisa menampilkan aura percaya diri yang tinggi. Dengan kepercayaan tinggi saat berbicara inilah Anda akan dinilai oleh pebisnis lain sebagai orang yang sangat gigih dan bersungguh-sungguh. Tapi sebaliknya bila Anda berbicara tanpa kepercayaan diri maka lingkungan akan menganggap Anda sebagai seorang yang lemah dan tak berdaya. Maka dari itu karena pentingnya kepercayaan diri ketika berbicara di lingkungan bisnis ini sangat penting untuk para pebisnis sebagai cara berkomunikasi yang tepat.

  1. Dengarkan Lawan Bicara

Meski punya kepercayaan diri yang tinggi saat berbicara, sebagai pebisnis Anda juga dituntut untuk memberikan kesempatan pada lawan bicara untuk menyampaikan pendapatnya. Tidak hanya memberi kesempatan bicara, tapi hal yang lebih penting dari hal itu adalah mendengarkan dengan baik lawan bicara Anda. Dengan mendengarkan lawan bicara dengan baik maka Anda dianggap sebagai orang yang respect. Sifat respect dalam berkomunikasi yang menjadi karakter pebisnis sejati inilah yang selalu diperhatikan saat Anda berada di lingkungan bisnis.

  1. Jangan Potong Pembicaraan

Hal berikutnya yang penting untuk Anda pahami saat berkomunikasi di lingkungan bisnis yaitu tidak memotong pembicaraan. Saat mendengarkan lawan bicara bicara, maka sebagai pebisnis sejati Anda memang dilarang untuk memotong pembiacaraan. Sebab ketika Anda memotong pembicaraan, Anda akan dianggap sebagai orang yang tidak mau menghormati orang lain. Jadi biarlah lawan bicara Anda menyelesaikan pembicaraannya terlebih dahulu untuk kemudian Anda mulai berbicara.

  1. Perhatikan Gaya Bahasa

Gaya bahasa di lingkungan bisnis memang tidak sama dengan gaya bahasa di tempat Anda bergaul sehari-hari. Sebab di lingkungan bisnis yang diisi para entrepreneur yang profesional, mereka selalu menggunakan bahasa yang lebih formal. Pemilihan bahasa formal ini sendiri adalah selain karena mudah dipahami banyak orang, bahasa formal juga dianggap sebagai bahasa yang profesional. Jadi saat Anda berada di lingkungan bisnis, cobalah untuk membiasakan diri berbicara dengan menggunakan bahasa formal.

  1. Perhatikan Intonasi

Supaya apa yang Anda bicarakan bisa dipahami dengan baik oleh lawan bicara, maka Anda harus bisa menggunakan intonasi yang baik. Intonasi memang sedikit-banyak bisa mempengaruhi kejelasan komunikasi. Bila intonasi Anda kurang baik maka komunikasi akan berlangsung kabur dan tidak jelas. Di lingkungan bisnis yang membutuhkan komunikasi yang efektif pastinya dibutuhkan intonasi yang baik saat berbicara. Jadi Anda yang memang bersungguh-sungguh ingin menjadi pebisnis maka mulai sekarang berlatihlah untuk berbicara dengan intonasi yang baik.

  1. Berikan Pertanyaan

Merespon apa yang telah diungkapkan lawan bicara memang sangat penting. Apalagi di lingkungan bisnis, respon dari Anda sangat ditunggu sebagai feedback dan salah satu bagian dari kepedulian (respect). Nah salah satu cara terbaik untuk memberikan respon dan feedback dari komunikasi di lingkungan bisnis adalah memberikan pertanyaan. Pertanyaan yang Anda ajukan sehubungan tema yang dibicarakan lawan bicara Anda ini memang akan sangat penting artinya. Selain sebagai tanda respect, pertanyaan juga bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi lawan bicara Anda  karena mereka bisa menjelaskan secara lebih mendalam lagi.

  1. Berikan Kritik dan Saran

Terakhir, cara berkomunikasi yang tepat di lingkungan pebisnis adalah dengan memberikan kritik dan saran. Jangan takut untuk memberikan kritik dan saran saat berkomunikasi di lingkungan pebisnis. Sebab dengan komunikasi yang melibatkan kritik dan saran maka akan membuat Anda sebagai pebisnis dipandang sebagai orang yang teliti. Dan hal yang penting lagi kritik dan saran yang membangun akan membuat lawan bicara Anda mendapatkan banyak masukan dan mungkin juga solusi yang terbaik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top