Bisnis Online

Berapa Sih Gaji Youtuber Itu, Kok Banyak Yang Ikutan Bisnis Ini?

Youtuber menjadi salah satu trend beberapa waktu belakangan ini. Tak hanya kaum muda saja yang gemar berbagai konten video di laman ini namun dari berbagai umur bahkan anak – anak hingga manula. Kecanggihan teknologi membawa dampak luar biasa sehingga semua orang mampu mengakses youtube. Untuk menjadi youtuber anda harus memiliki akun youtube dulu lalu kemudian mengupload konten yang anda miliki. Caranya sangat mudah yakni anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu lalu membuat akun pada youtube.com dengan menginteregrasi akun gmail anda.

Perkembangan Youtube Di Indonesia

Youtube mulanya didirikan oleh mantan pegawai Paypal yakni Jawed Karim, Steve Chen dan Chad Hurley pada  Februari 2005 silam. Pada tahun setelahnya Youtube pun beralih menjadi milik Google dan mulai menayangkan beragam materi. Setelah menerima USD 11.5 juta sebagai modal youtube menjadi startup teknologi. Video pertama kali yang diupload dalam laman berbagai video ini berjudul me at zoo yang menayangkan pendiri youtube sedang hang out di kebun binatang San Diego. Kini youtube memiliki lebih dari 1 miliar penguna. Berbisnis dengan youtube menjadi kesempatan emasmu untuk mendapatkan uang berlebih dari kegiatan online atau cara paling efektif untuk memasarkan produkmu.     

Kelebihan Youtube Dibanding Laman Lainnya

Da beberapa keunggulan yang dimiliki Youtube ketimbang media sosial lainnya seperti tidak dipungut fee apapun.  Anda bisa menikmati video pada laman Youtube secara gratis bahkan untuk mengupload video juga tidak dikenakan biaya. Youtube tak hanya memberikan kebebasan anda dalam menjelajahi konten – kontennya namun juga memberikan pekerjaan bagi anda yang berniat menjadi youtuber. Untuk akun youtube yang memiliki jumlah subscriber yang banyak dan videonya menarik perhatian netizen dengan jumlah view dalam jumlah besar juga akan diberi penghargaan dalam jumlah uang.

Youtube memberikan anda kebebasan dalam mengupload konten yang anda inginkan dalam laman ini. Anda bisa berbagi video tips, kuliner, traveling, music hingga film. Video yang anda unggah juga bisa berkualitas HD hingga 1080 p atau 360p.

Berapa Gaji Youtuber Sih?

Anda pasti penasaran berapa pendapatan para youtuber ini sehingga banyak sekali dijadikan ladang bisnis.  Salah satu youtuber ternama Indonesia ialah Bayu Skak yang memiliki jumlah subscriber lebih dari 1.5 juta dan ia mengaku mendapatkan penghasilan kurang lebih $2.000 per bulan untuk adsenseny saja.  Untuk mengetahui jumlah gaji youtuber ternama sebenarnya anda bisa mengunjungi situs socialblade.com lalu ketik akun youtuber yang ingin anda ketahiui gajinya maka dalam hitungan menit anda akan mendapatkan hasil lengkapnya.

Youtube hanya memberikan bayaran untuk video yang memuat iklan dalam kontennya. Pembagian fee ini mendapatkan perbandingan 14 : 55 yang mana 55% untuk youtuber dan 45% untuk youtube sendiri. perhitungan uangnya akan didapatkan setiap seribu kali penayangan konten.  Ada juga yang menggunakan kesesuaian tema video dengan iklan yang dipasang atau lokasi geografis.  Harga iklan juga tergantung dari seberapa banyak subscriber yang anda miliki.  Adapun perbedaan harga iklan karena jenis konten iklan maupun wilayahnya serta jumlah klik iklan itu sendiri.

Jenis iklan dalam youtube juga beragam mulai dari iklan 15 detik yang tidak bisa diskip, iklan satu menit yang bisa diskip hingga iklan banner atau iklan yang sering muncul disamping video. Untuk memperoleh uang dari youtube anda harus mendaftarkan channel youtube ke google adsense.  Jangan lupa juga monetisasi channel anda serta arahkan traffic untuk afiliasi link.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top