Lainnya

Berencana Berikan Kenaikan Jabatan? Pastikan 5 Kriteria Ini Ada Pada karyawan

kenaikan-jabatan

Promosi kenaikan jabatan adalah harapan pada hampir semua karyawan. Dengan perusahaan yang terus bertumbuh, Anda sebagai pemimpin bisnis tentu perlu mempertimbangkan beberapa karyawan yang memang memiliki kapasitas untuk naik jabatan. Sayangnya saat berencana berikan kenaikan jabatan, tidak sedikit pebisnis yang kesulitan menentukan  karyawan yang pantas mendapatkan promosi tersebut. Kesulitan dalam penentuan promosi kenaikan jabatan ini dikarenakan pengusaha yang tidak memiliki kriteria yang tepat. Kriteria memang dibutuhkan untuk menentukan karyawan yang mendapatkan promosi kenaikan jabatan agar apa yang Anda putuskan dinilai lebih fair. Nah berikut ini beberapa kriteria umum yang bisa Anda jadikan acuan untuk menentukan promosi kenaikan jabatan pada karyawan.

  1. Berwawasan Luas

Kriteria pertama yang bisa Anda jadikan acuan untuk kenaikan jabatan karyawan adalah wawasan luas. Wawasan luas yang dimiliki karyawan memang merupakan sebuah nilai yang penting bagi perusahaan. Apalagi bila wawasan tersebut sangat berkaitan dengan dunia usaha yang sedang Anda geluti. Maka memiliki karyawan dengan wawasan yang luas ini akan menjadi sesuatu yang berharga. Sebab dengan wawasan yang dimiliki karyawan, Anda sebagai pemilik bisnis bisa menggalinya lebih dalam untuk tujuan kemajuan perusahaan. Dengan wawasan luas yang dimiliki karyawan ini juga Anda bisa meminta bantuan solusi bila menemui masalah tertentu yang sulit diatasi. Nah bila Anda sedang berencana akan berikan kenaikan jabatan pada karyawan, maka menjadikan kriteria wawasan luas ini merupakan opsi tepat.

  1. Punya Kemampuan Teamwork yang Baik

Dalam bekerja di perusahaan, teamwork memang menjadi sesuatu yang penting. Dengan teamwork yang bagus maka hasil optimal pun akan bisa didapatkan perusahaan. Sayangnya di perusahaan jarang dijumpai karyawan yang memiliki teamwork yang bagus. Mungkin untuk performa kerja personal, Anda bisa mendapati beberapa karyawan yang baik menjalankannya. Tapi untuk kerja tim atau teamwork ini  sangat jarang dijumpai karyawan yang memilikinya. Maka dari itu dari langkanya karyawan yang bisa bekerja secara tim dengan baik inilah maka menjadikan kriteria dalam promosi kenaikan jabatan akan menjadi sesuatu yang tepat.

  1. Mau Menerima Kritik dan Segera Memperbaikinya

Bukan hanya pemimpin saja yang diharuskan untuk menerima kritik, tapi seorang karyawan pun seharusnya juga mau menerima kritik yang datang padanya. Sayangnya di lapangan jarang ada karyawan yang benar-benar tulus menerima kritik dari Anda. Menerima kritik ini bukan hanya sekedar sikap mendengarkan saja. Tapi lebih dari itu menerima kritik ini harus disertai dengan sikap memperbaiki diri. Jika hanya sekedar mendengar saja maka semua karyawan bisa melakukannya. Maka dari itu untuk rencana kenaikan jabatan ini carilah karyawan yang memiliki sikap mau menerika kritik dan juga segera memperbaiki kesalahan yang diperbuat.

  1. Seorang “Problem Solver”

Dalam menjalakan bisnis atau perusahaan pastinya Anda sebagai entrepreneur akan menghadapi banyak kendala atau masalah. Mungkin Anda bisa mengatasi masalah-masalah tertentu, namun juga Anda bukan tidak mungkin akan berhadapan dengan kendala yang sulit Anda atasi sendiri. Nah dari sinilah bila Anda di perusahaan memiliki karyawan yang mampu menjadi ‘problem solver’, hal ini akan menjadi keuntungan sendiri. Sebab dengan kemampuannya mengatasi masalah-masalah penting di perusahaan, maka bisnis pun akan cepat untuk lebih bertumbuh. Dari sini maka untuk Anda yang masih binggung memilih karyawan yang pantas naik jabatan, menjadikan kriteria ‘problem solver’ merupakan sebuah pilihan tepat.

  1. Penilaian Kerja Personal yang Bagus

Terakhir, kriteria yang tepat dijadikan acuan untuk promosi kenaikan jabatan karyawan adalah penilai kerja yang bagus. Kerja personal yang merupakan tanggung jawab setiap karyawan memang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dalam memilih karyawan dengan kriteria ini maka Anda harus mencari yang terbaik. Sebab, bukan tidak mungkin di perusahaan Anda akan mendapatkan beberapa karyawan dengan kerja personal yang bagus. Jadi pilihlah yang terbaik dari mereka untuk promosi kenaikan jabatan yang sedang Anda rencanakan.

Itulah beberapa kriteria pada karyawan yang bisa Anda jadikan acuan untuk rencana promosi kenaikan jabatan. Tentu Anda tidak boleh memilih satu kriteria dari beberapa kriteria yang ada telah disebutkan. Namun untuk promosi kenaikan jabatan ini Anda harus memilih karyawan yang memiliki semua kriteria yang telah disebutkan di atas.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top