StartUp dan UKM

Berencana Jalankan Usaha Bersama Teman? Pahami Dulu Beberapa Kekurangannya

bisnis-dengan-teman

Membangun bisnis bersama-sama dengan teman adalah salah satu pilihan yang dapat Anda jalani. Dengan berbisnis bersama teman bisa jadi Anda akan mendapatkan modal tambahan saat mengawali usaha. Dengan berbisnis bersama teman ini, Anda juga akan tidak akan merasa sendirian ketika ada permasalahan dalam perusahaan. Namun dibalik beberapa kelebihan yang ada dalam bisnis yang dijalankan bersama teman, di sana juga ada beberapa kekurangan. Jadi karena ada kekurangan dari usaha dengan model seperti ini maka Anda yang berencana jalankan usaha bersama teman harus berhati-hati dan waspada. Nah, berikut ini adalah beberapa kekurangan dan juga risiko yang ada pada usaha yang dijalankan bersama teman.

  1. Ketidakcocokan atau Ketidaksesuaian

Pertama, kekurangan dan risiko menjalankan bisnis bersama teman adalah ketidakcocokan. Mungkin saja Anda sudah berteman sejak lama sehingga Anda mengira bahwa bisnis ini akan berjalan mulus. Tapi siapa kira perbedaan karakter yang ada pada setiap manusia, termasuk dengan teman Anda di dunia yang berbeda dapat membuat ketidakcocokan. Ketidakcocokan dalam bisnis ini bisa meliputi berbagai macam hal seperti masalah ide usaha, strategi pemasaran, konsep manajemen keuangan dan lain sebagainya. Bahkan bukan tidak mungkin juga muncul ketidakcocokan dalam pengaturan perusahaan secara umum.

  1. Terlalu Percaya yang Menghadirkan Malapetaka

Biasanya seseorang yang sudah berkawan sejak lama akan memiliki kepercayaan yang besar terhadap kawannya tersebut. Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang baik ketika diterapkan dalam bisnis. Sebab, bisnis yang baik haruslah terus dievaluasi dan diawasi bersama. Bila memang kemudian ditemukan kesalahan maka setiap pihak yang terkait harus berani bertanggungjawab dan juga memperbaiki kesalahannya. Tapi bila bisnis yang dijalankan bersama teman dilandasi rasa yang terlalu percaya, maka hal ini bisa membuat Anda terjebak dalam rasa tersebut. Dan bukan tidak mungkin Anda yang terlalu percaya pada kawan saat menjalankan usaha bersama bisa membuat bisnis jadi berantakan karena banyaknya kekacauan bahkan malapetaka akibat kesalahan yang dilakukan kawan tersebut.

  1. Kekuasaan pada Bisnis yang Terbagi-bagi

Berikutnya, kekurangan atau kelemahan dari bisnis yang dijalankan bersama teman adalah kekuasaan yang terbagi. Secara otomatis Anda yang menjalankan usaha dengan teman bagaimana pun konsep modal dan pembagian saham yang diatur. Dengan adanya pembagian kekuasaan ini tentu Anda tidak bisa leluasa menjalankan bisnis menurut kehendak Anda. Ini dikarenakan di sana ada hak dan otoritas teman-teman Anda yang juga menanamkan modalnya dalam bisnis. Bukan hanya terbatasnya ruang kekuasaan, namun dengan kekuasaan yang terbagi maka bisa saja muncul pertentangan karena ketidaksinambungan putusan. Maka dari itu Anda yang ingin menjalankan bisnis dengan lebih leluasa, maka berbisnis sendiri adalah opsi yang paling tepat untuk dipilih.

  1. Konflik Keuangan

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa bisnis bersama teman ini memiliki potensi ketidakcocokan dan pertentangan diantara para pemilik usaha. Dari ketidakcocokan dan pertentangan ini kemudian bisa muncul konflik. Salah satu bentuk ketidakcocokan dan pertentangan sehingga menimbulkan konflik ini adalah pada bidang keuangan. Konflik dibidang keuangan ini bisa berwujud ketidaksepakatan pada pengeluaran tertentu atau juga pembagian keuntungan. Dan bila konflik dibidang keuangan ini muncul tentu saja dampaknya akan sangat buruk bagi perusahaan. Sebab keuangan sendiri adalah bagian yang sangat krusial pada sebuah bisnis atau perusahaan. Dampaknya selain terjadi perpecahan, bisnis juga bisa ikut goyah dan bila tidak segera diatasi permasalahannya akan terjadi keruntuhan usaha.

  1. Hubungan Pertemanan Jadi Rusak

Terakhir, kekurangan dan kelemahan berbisnis dengan teman adalah hubungan pertemanan yang jadi memburuk bahkan rusak. Karena perbedaan pendapat dalam manajemen perusahaan maka Anda dan teman Anda memang bisa jadi kemudian berselisih. Perselisihan ini memang bisa saja terjadi karena dalam perusahaan, Anda dan teman masing-masing punya hak untuk mengatur perusahaan. Dan perselisihan dan pertentangan yang ada ini jika dibiarkan lama-lama bisa juga memunculkan konflik. Dari konflik inilah maka sudah pasti hubungan pertemanan atau persahabatan Anda bisa memburuk dan rusak.

Itulah beberapa kekurangan dan kelemahan serta risiko yang ada pada bisnis yang dijalankan bersama teman. Maka dari itu Anda yang sedang merencanakan bisnis bersama teman haruslah cermat dan mewaspadai beberapa hal di atas. Dan bila memang Anda sulit untuk menanggung kekurangan dan risiko konsep bisnis seperti itu, lebih baik Anda menjalankan usaha secara mandiri saja.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top