Tips

Biar Gak Lotoy Waktu Bekerja Meski Puasa, Ingat Untuk Lakukan Hal-Hal Ini Ya

Bulan Ramadhan telah tiba. Bulan ini menjadi momentum penuh berkah yang disambut oleh semua umat Islam di muka bumi. Selama sebulan penuh kita akan menjalankan kewajiban berpuasa yaitu tidak makan dan tidak minum sehari penuh.

Puasa bisa dikatakan sebagai rutinitas yang baru bagi tubuh dibandingkan aktivitas yang dilakukan pada sebelas bulan lainnya. Larangan untuk makan dan minum ini tentu memiliki pengaruh yang besar bagi tubuh. Tubuh yang setiap harinya membutuhkan asupan nutrisi dari makanan dan minuman, saat puasa akan sulit terpenuhi.

Sayangnya, walau saat puasa kita harus “libur” makan dan minum di siang hari, namun pekerjaan kita terus berjalan seperti biasa. Tubuh yang nutrisinya tidak terpenuhi seperti hari-hari biasa tentu akan terasa berbeda ketika digunakan bekerja dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Kadang kita akan merasa lemas, lapar hingga pusing. Akibatnya kita menjadi malas untuk bergerak apalagi beraktivitas berat.

Jika kita menuruti keinginan tubuh untuk beristirahat atau tidak bekerja secara penuh saat puasa, tentu ini sangat merugikan. Bisa-bisa anda dipecat, padahal setelah puasa kita akan dihadapkan pada besarnya kebutuhan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Nah, agar anda tetap semangat dalam bekerja, berikut beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukakan ketika menjalani aktivitas di bulan puasa.

Jangan Lewatkan Sahur

Sahur menjadi momen penting ketika menjalankan puasa. Oleh sebab itu, hal utama dan paling mendasar agar tetap bugar saat bekerja di bulan puasa adalah dengan tidak melewatkan makan sahur. Sahur memiliki peran yang hampir sama dengan sarapan pagi yang akan menjaga kebutuhan energi selama seharian berpuasa. Pilih makanan dengan kandungan karbohidrat seperti nasi, roti, gandung agar anda kenyang lebih lama. Namun pastikan anda tidak mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak karena justru bisa membuat anda lemas dan mengantuk sepanjang hari. Imbangi karbohidrat dengan protein seperti ikan, daging atau telur sebagai penyimpan energi. Terakhir konsumsi makanan yang mengandung serat agar tubuh lebih segar.

Mengatur Asupan Makanan

Selama bulan puasa, anda hanya memiliki waktu makan saat sahur dan berbuka saja. Hal ini membuat anda harus pandai-pandai memilih makanan yang boleh dikonsumsi di saat yang tepat agar puasa anda juga tidak terganggu. Makan dengan jumlah yang banyak tidak akan menjamin anda kuat bekerja seharian. Jika anda berfikir banyak makan akan menyumbangkan banyak energi, maka anda salah. Banyak makan malah bisa mendatangkan kantuk yang dapat menghambat pekerjaan anda. Makan sesuai kebutuhan dengan berbagai jenis makanan sehat yang menunjang nutrisi tubuh, sehingga tubuh lebih bugar dan semangat dalam bekerja.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Cairan tubuh memiliki peran yang sangat penting yang harusnya terpenuhi setiap saat. Dalam sehari manusia dianjurkan minum air putuh 8-12 gelas. Pada hari biasa kita bisa memenuhinya dengan minum setiap saat. Saat puasa cairan tubuh memiliki peran yang penting sehingga tidak boleh ditinggalkan. Jika kita tidak bisa minum setiap saat, maka penuhi kebutuhan cairan saat berbuka dan sahur agar tubuh tidak dehidrasi, hilang konsentrasi dan tetap produktif sepanjang hari.

Kebutuhan Sinar Matahari

Jika anda pekerja kantoran, bisa jadi waktu kerja anda seharian dihabiskan di dalam ruangan. Hal ini membuat anda kekurangan kapasitas untuk menghirup udara segar dan terkena sinar matahari. Padahal keduanya memiliki manfaat yang sangat besar bagi kebugaran tubuh selama menjalani puasa. Sinar matahari akan menjadi sumber vitamin D yang baik bagi tulang saat berpuasa. Tidak perlu lama, anda hanya perlu meluangkan waktu 10-15 menit untuk menghirup udara segar dan menyerap sinar matahari diluar ruangan kantor anda.

Olahraga Ringan

Jangan jadikan puasa sebagai alasan anda untuk malas berolahraga. Duduk di kantor seharian tentunya akan membuat tubuh jarang bergerak yang akan berujung pada rasa lemas dan mengurangi performa kerja. Ahli Gizi di Amerika Serikat, Dawn Jackson, mengatakan bahwa berjalan ringan bisa bermanfaat membakar kalori, menyehatkan tubuh dan menghilangkan stres. Maka dari itu usahakan anda berolahraga kecil setelah berbuka atau setelah sahur sebelum berangkat kerja. Jika anda memang benar-benar tidak sempat, maka luangkan waktu untuk berjalan ke tempat kerja anda.

Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan apalagi sampai meninggalkan pekerjaan yang anda lakukan. Berhenti beraktivitas dan hanya tidur juga bukan cara tepat untuk menghemat energi dalam tubuh. Bergeraklah dan tubuh anda akan semakin semangat walau sedang menjalani puasa.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top