StartUp dan UKM

Bikin Perizinan Usaha Kini Bisa Online

Selain modal usaha ada kenadala lain yang muncul dari pihak eksternal saat membangun bisnis yakni perizinan usaha. Perizinan usaha ini sebenarnya mudah untuk dikerjakan namun kejadian dilapangan banyak yang mengkomplain terlalu memakan waktu yang lama. Untuk mengurus perizinan saja bisa memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Yang dirugikan tentu banyak pihak mulai dari pelaku usaha hingga pemerintah Indonesia sendiri. Menurut pihak asing investasi bsinsi di Indonesia lambat untuk berkembang karena birokrasi yang berbelit-belit dengan pengurusan izin segudang. Untuk itulah kini mengurus perizinan mulai digalakkan secara online.

Keunggulan Perizinan Online Ala Pemerintah RI

Entunya dengan sistem online ini  akan mempermudah pengusaha untuk mendirikan usaha di tanah iar. Kelebihannya bisa anda simak sebagai berikut :

  • Lebih Cepat

Tak bisa dipungkiri jika menggunakan sistem online perizinan jadi lebih cepat diurus. Pasalnya sistem online menggunakan barcode ketimbang tanda tangan basah untuk pengezahan perizinan usaha. Alhasil pelaku usaha tak butuh waktu lama untuk mendapatkan izin usaha bahkan cukup menunggu hitungan menit saja.

  • Lebih Hemat

Selain lebih cepat sistem ini juga menghemat biaya transportasi dan alat tulis anda. jika biasanya untuk mengurus izin usaha bisa bolak-balik ke kantor pelayanan terpadu berulang kali terlebih jika ada syarat yang masih kurang. Kini dengan sistem online jadi lebih hemat uang dan tenaga.

  • Bisa Didaftarkan Dimana Saja

Namanya juga sistem online jadi anda tak perlu beranjak keluar rumah untuk mendaftarkan izin usaha. Anda bisa mengakses website yang ditunjuk dimanapun anda berada dan melayani selama 24 jam penuh.

  • Praktis dan Mudah

Pelayanan online ini sangat mudah untuk diikuti oleh siapapun karena menggunakan bahasa pengantar Indonesia. Selain itu juga user friendly dan menggunakan bahasa sistem yang diketahui oleh orang awam. Mengurus perizinan jadi lebih praktis dan mudah.

  • Proses Pengurusan Bisa Dipantau

Keunggulan lainnya ialah proses pengurusannya yang bisa dipantau 24 jam.  Jika terhenti di suatu instansi anda bisa mencari tahu kekurangan dari pengajuan tersebut dan dengan cepat bisa segera diperbaiki. Tak hanya pengurusan izin di pusat saja namun juga pengurusan di daerah.

  • Dilengkapi Fasilitas Lainnya

Tidak hanya pengurusan perizinan saja namun anda juga bisa langsung mendaftarkan perusahaan untuk layanan BPJS. Tak hanya itu investor juga mendapatkan tax holiday dan tax allowance serta kewenangan untuk menetapkan biaya lebih tinggi guna menekan biaya pajak.

  • Jika Kebingungan Bisa Dipandu Petugas

Jika anda masih bingung maka petugas kantor pelayan terpadu akan memandu pengurusan izin investasi ini mulai dari langkah awal hingga akhir. Butuh waktu satu jam untuk mengurusi segala perizinan mulai dari SIUP, Izin lokasi,Izin Prinsip, BPJS dan lainnya.

Cara Mendaftar Perizinan Online

Untuk mendaftar perizinan online anda perlu memiliki email dahulu. Setelah itu buat keanggotaan di oss.go.id. Setelah mendapatkan userID dan password selanjutnya mengisi data yang diperlukan terkait perusahaan dan pengurusnya. Data yang dimaksud bisa berupa nomor dan tanggal akte,NPWP, kepemilikan saham, nama perusahaan dan rencana kepabeanan. Setelah semua dilengkapi anda akan mendapatkan nomor induk berusaha dan diminta untuk memenuhi dokumen yang dibutuhkan seperti SPPL atau IMB. Setelah syarat dipenuhi maka akan terbit SIUP, izin prinsip dan izin lainnya yang dibutuhkan perusahaan. Mudah bukan mengurus perizinan via online ini?  Kapan nih anda akan mendirikan usaha yang sudah direncanakan sejak dulu?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top