StartUp dan UKM

Binggung Dapatkan Ide Bisnis Startup yang Mumpuni? Terapkan 5 Tips Ini

ide-bisnis-startup

Bisnis startup yang saat ini sedang berkembang pesat memang membuat banyak orang kemudian tertarik menjalankan dan mencoba peruntungannya. Namun untuk membuat bisnis rintisan berbasis digital tersebut, tentu Anda tidak lantas tiba-tiba membuka dan menjalankannya. Tapi sebelum menjalankan bisnis startup, Anda harus memikirkan ide bisnis startup yang tepat. Untuk memperoleh ide bisnis startup yang tepat dan mumpuni ini sendiri tidaklah mudah. Pasalnya, ide startup perlu dipikirkan matang-matang agar bisnis yang Anda jalankan nantinya berprospek cerah dan bergerak dengan baik dan lancar. Jadi bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan ide bisnis startup yang mumpuni tersebut? Berikut ada beberapa cara dan tips yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan ide bisnis startup yang mumpuni.

  1. Coba Telusuri dari Minat Anda

Pertama, cara untuk bisa mendapatkan ide bisnis startup yang mumpuni adalah dengan menelusuri peminatan Anda. Setiap orang termasuk Anda tentu memiliki peminatan terhadap sesuatu. Nah dari peminatan Anda terhadap sesuatu tersebut, cobalah untuk menjadikannya sebagai bidang bisnis startup. Dengan mendapatkan ide bisnis startup dari apa yang Anda minati, maka hal ini akan memunculkan passion saat menjalankan bisnis. Dari passion bisnis inilah maka Anda akan berpeluang untuk menjadikan startup Anda tumbuh dan berkembang dengan gemilang. Sebab, bisnis termasuk bisnis startup yang dijalankan dengan sebuah passion, hal ini akan memacu semangat dan gairah besar saat menjalankannya. Namun untuk bisa mendapatkan ide bisnis startup dari peminatan maka Anda harus bisa mendalami diri dan menelusuri peminatan Anda yang sebenarnya.

  1. Carilah Bidang yang Anda Kuasai dan Anda Kenal Lama

Jika Anda tidak memiliki peminatan pada hal tertentu yang bisa menjadi passion bisnis, maka langkah kedua ini bisa jadi solusinya. Jadi carilah bidang yang paling Anda kuasai dan Anda kenal sejak lama. Dengan menjalankan ide bisnis dari bidang yang paling dikuasai, hal ini juga akan membantu Anda untuk menjalankan startup lebih baik. Pasalnya dengan segala skill dan pengalaman yang telah Anda miliki, maka masalah-masalah yang dapat muncul pada bisnis startup akan bisa Anda atasi dengan baik. Nah ketika Anda mampu mengatasi masalah-masalah yang ada, maka peluang Anda membuat bisnis startup bertumbuh pun akan semakin terbuka dengan lebar.

  1. Mempelajari Startup Lain

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan ide bisnis startup yang mumpuni adalah dengan mempelajari startup lain. Tentu saat ini adan banyak startup yang bermunculan. Dari beberapa startup yang sudah ada tersebut, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan referensi untuk mendapatkan ide bagi bisnis startup Anda. Dengan mencermati beberapa startup lain yang ada saat ini, Anda memang bisa jadi akan terinspirasi untuk kemudian membuat bisnis startup. Bila memang Anda tidak bisa membuat ide startup baru, Anda juga bisa melakukan modifikasi konsep yang ada pada bisnis startup lain tersebut.

  1. Lakukan Riset Pasar

Bila Anda ingin mendapatkan ide bisnis startup yang lebih fresh dan akurat, maka riset pasar adalah cara yang harus Anda lakukan. Keadaan di lapangan memang merupakan ladang yang sangat besar dan akurat untuk mendapatkan ide bisnis startup. Setidaknya ada lebih dari jutaan ide startup yang ada di lapangan bila Anda mau cermat mengamatinya. Ketika melakukan riset sendiri Anda juga membutuhkan insting dan intuisi yang kuat untuk mengambil satu ide bisnis yang mumpuni dan berprospek cerah.

  1. Dapatkan Dari Perkembangan Berita Teknologi

Terakhir, tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan ide bisnis startup adalah dengan mendapatkannya dari berita teknologi yang ada. Startup yang memiliki basic atau dasar bisnis teknologi, memang sangat terkait dengan segala perkembangan dari teknologi dewasa ini. Maka dari itu, Anda yang memang ingin mendapatkan ide untuk bisnis startup, bisa menjadikan wawasan serta berita teknologi yang ada sebagai bahan referensi. Untuk mendapatkan berita mengenai perkembangan teknologi sendiri Anda bisa memperolehnya dari beberpa media massa seperti televisi, majalah, atau juga dari media online seperti website dan media sosial.

Inilah beberapa tips dan cara untuk Anda bisa lakukan untuk bisa mendapatkan ide bisnis startup. Tentu beberapa tips di atas tidak sepenuhnya menjamin bahwa Anda akan memperoleh ide bisnis startup yang mumpuni, terlebih bila Anda memang tidak melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top