Bisnis Online

Binggung Pilih Marketplace yang Tepat untuk Tempat Jualan? Jalankan Saja 5 Tips Ini

memilih-marketplace

Seiring dengan pesatnya tren belanja online dari masyarakat kemudian memunculkan beberapa marketplace. Marketplace yang merupakan tempat berjualan memang telah menjadi salah satu pilihan favorit bagi para pebisnis. Dengan membuka toko atau lapak di marketplace para pengusaha memang akan membuka peluang besar untuk mendapatkan pembeli. Pasalnya, kepopuleran marketplace memang akan membuat pebisnis bisa mendapatkan konsumen dari kehadirannya di sana. Selain membuka peluang mendapatkan pembeli, dengan bergabung marketplace, para pebisnis juga bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti menghemat pengeluaran membuat toko online serta promosinya. Sebab pembuatan toko online di marketplace ini tidak dikenakan biaya dan promosi juga dilakukan oleh pihak marketplace sendiri. Namun semakin banyaknya marketplace yang hadir di dunia online tak jarang kemudian membuat pebisnis binggung menentukan pilihan yang tepat. Nah bagi Anda yang juga merasa binggung memilih marketplace yang tepat, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

  1. Ketahui Reputasi dan Kebijakan Marketplace

Tidak hanya bisnis Anda yang bisa dinilai kredibilitas dan reputasinya. Tapi markertplace juga bisa dinilai bagaimana reputasi dan kredibilitasnya. Nah untuk Anda yang ingin sukses berjualan dan berbisnis maka Anda harus memilih marketplace yang memiliki reputasi yang baik. Baik buruknya reputasi marketplace ini sendiri bisa didapatkan dari review yang diberikan oleh para penggunanya. Untuk memperoleh informasi mengenai review marketplace ini Anda bisa mencarinya melalui mesin pencari (search engine). Selain reputasi, Anda juga perlu mencari informasi mengenai kebijakan dari marketplace. Ketahui bagaimana kebijakan yang diterapkan oleh pihak marketplace. Jika memang tidak ada yang memberatkan Anda dari sisi kebijakannya, maka Anda bisa memilihnya. Tapi bila ada banyak peraturan yang membuat Anda kesulitan mendapat profit jika bergabung maka lebih baik Anda mencari marketplace lain.

  1. Cari Marketplace yang Ramai

Selain reputasi yang baik dan sistem kerja yang menguntungkan, hal lain yang harus Anda jadikan pedoman memilih marketplace adalah tingkat keramaiannya. Ibarat sebuah pasar, ketika Anda memilih marketplace maka Anda harus melihat apakah tempat tersebut ramai atau tidak. Sebab bila Anda memilih marketplace yang sepi tentu kesempatan Anda mendapatkan pembeli dalam jumlah besar akan semakin mengecil. Jadi untuk bisa memperoleh tingkat penjualan yang tinggi maka mau tak mau Anda harus mencari marketplace yang ramai pengunjung. Untuk mencari marketplace yang ramai Anda bisa melihat dan menelusuri trafic website-nya setiap harinya.

  1. Memiliki Sistem yang Memudahkan Transaksi

Berikutnya, tips memilih marketplace yang baik untuk tempat Anda berjualan adalah memiliki sistem yang memudahkan transaksi. Ketika terjadi deal, pembeli memang akan digiring pada sebuah sistem transaksi marketplace. Nah beberapa marketplace yang ada memang memiliki beberapa sistem transaksi yang digunakan setiap ada deal pembelian. Anda sebagai penjual tentu ingin bahwa pembeli dapat melakukan transaksi pembelian yang mudah. Sebab dengan kemudahan transaksi maka pembeli akan senang untuk berbelanja lagi di marketplace yang Anda pilih.

  1. Mempunyai Layanan Pelanggan yang Baik

Bagi konsumen, sebuah layanan memang memiliki arti penting tersendiri. Semakin baik layanan sebuah marketplace maka semakin senang mereka berbelanja di sana. Maka dari itu Anda yang ingin mendapatkan tingkat penjualan yang baik, Anda harus juga mencermati layanan konsumen yang dihadirkan marketplace. Semakin banyak layanan untuk konsumen yang dihadirkan marketplace maka akan semakin bagus untuk Anda pilih. Tapi jangan hanya mengandalkan layanan konsumen dari marketplace. Karena Anda sebagai penjual juga tak boleh kalah baiknya menghadirkan layanan konsumen bagi para pembeli Anda.

  1. Pilih Marketplace dengan Fitur yang Modern

Setiap marketplace pastinya memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan oleh para penggunanya baik itu pembeli dan penjual. Nah Anda yang ingin sukses berjualan online via marketplace maka Anda harus memilih marketplace yang memiliki segudang fitur canggih dan modern. Pasalnya dengan fitur yang canggih dan modern, maka Anda akan lebih mudah dan leluasa untuk mengatur dan melakukan strategi penjualan. Agar fitur yang ada di marketplace ini benar-benar berguna dan bermanfaat, maka Anda juga harus benar-benar mempelajarinya dengan baik terlebih dahulu.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top