Lainnya

Bingung Bagaimana Menjalankan Usaha? 5 Tips Sukses Berdagang Ini Sangat Cocok untuk Pemula

sukses bisnis untuk pemula

Berdagang merupakan salah satu aktivitas yang dapat menunjang perekonomian dunia, di mana aktivitas tersebut bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari modal yang di tanam. Bagi Anda yang sedang ingin berjualan, baik secara offline maupun online. Maka, sebaiknya tidak usah bingung memikirkan bagaimana cara menjalankannya agar untung besar serta terhindar dari kerugian. Dari pada sibuk memikirkan hal yang belum terjadi, sebaiknya ikuti saja 5 tips sukses berdagang yang cocok untuk pemula. Setidaknya, dengan tips-tips ini Anda bisa mendapat petunjuk mengenai cara berdagang yang baik dan benar. Yuk, simak pemaparannya berikut ini.

  1. Kuasailah Pasar yang Sedang Anda Jalani

Tips sukses berdagang untuk pemula yang pertama adalah Anda harus menguasai pasar yang sedang di jalani. Pasar memang sangat potensial, namun jika Anda tidak mampu mengalahkan pesaing maka siap-siaplah menghadapi kebangkrutan. Jadi, hal yang harus Anda perhatikan saat memulai usaha adalah menguasai pasar. Selain itu, pasar juga merupakan bagian dari rujukan yang ingin menjual atau membeli. Biasanya, para konsumen akan membeli barang yang memiliki kualitas bagus dan harga bersaing. Jika barang yang Anda jual memiliki kualitas bagus dan harga bersaing, maka para konsumen pun akan lebih memilih produk Anda dibandingkan para pesaing. Apabila Anda mampu menguasai pasar, artinya Anda sudah bisa dipercayai oleh semua orang khususnya para pembeli. Dari sini, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu menjaga kepercayaan dan selalu menciptakan kreasi yang baru. Sehingga, Anda tidak akan kalah dengan perkembangan zaman dan para pesaing.

  1. Pahami Kekuatan dan Kelemahan dari Para Pesaing

Selanjutnya, tips sukses berdagang yang cocok untuk pemula adalah memahami kekuatan dan kelemahan dari para pesaing. Sebagai enterpreneur, Anda harus pandai-pandai melihat dan memahami segala situasi yang sedang terjadi. Misalnya pesaing memiliki suatu produk, namun pembeli mengeluhkan produk tersebut karena memiliki kekurangan tertentu. Dari hal tersebut, lakukan dan buatlah produk sejenis namun sebisa mungkin tutup semua kekurangan-kekurangan yang bisa menarik perhatian para pembeli. Dengan memahami kekuatan dan kelemahan dari pesaing, Anda akan menjadi lebih pandai dalam mencari celah dari para pesaing. Sehingga, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

  1. Miliki Sifat Suka Memimpin

Tips sukses berdagang berikutnya yaitu berasal dari sifat pribadi Anda, di mana Anda dituntut untuk memiliki sifat suka memimpin daripada suka dipimpin. Sebab, saat diri terus menerus dipimpin maka saat itulah diri Anda akan selalu dihimpit oleh aturan orang lain. Berbeda jika Anda memimpin, di posisi ini Anda bisa melakukan apapun seperti apa yang diinginkan. Contohnya seorang pedagang atau wirausaha yang memiliki kebebasan tersendiri, dibandingkan dengan seorang karyawan yang bekerja pada orang lain. Posisi menjadi seorang karyawan, justru harus tunduk dan patuh terhadap peraturan yang dibuat oleh atasannya. Oleh karena itu, menjadi orang sukses bukanlah mereka yang bekerja kepada orang lain melainkan mereka yang memiliki karyawan untuk bekerja bagi dirinya.

  1. Tentukan Visi dan Misi dari Usaha yang Anda Jalankan

Salah satu bisnis yang bisa dijalankan dimanapun dan kapanpun adalah berdagang. Disebut bisnis, karena Anda bebas melakukan penambahan harga jual dari produk itu sendiri. Jika Anda sudah memahami tips sukses berdagang ini, dari sini Anda akan tahu visi dan misi untuk mengembangkan bisnis Anda agar semakin maju. Dengan adanya visi dan misi, pasti di dalam benak Anda akan selalu bertanya untuk apa sih Anda berdagang dan apa tujuan yang hendak dicapai kedepannya? Jadi, Anda akan selalu berpedoman kepada visi dan misi. Sehingga saat usaha Anda berada ditengah jalan dan jika Anda melenceng, maka Anda akan cepat kembali ke jalan yang benar agar tidak semakin tersesat lebih jauh lagi.

  1. Terus Berkreasi dan Berinovasi

Terakhir, tips sukses berdagang yang cocok untuk pemula adalah terus berkreasi dan berinovasi. Maksud dari kata selalu berkreasi dan berinovasi, yaitu membuat suatu perubahan yang memiliki daya tarik untuk mendapatkan hati pelanggan dari sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan berinovasi, bisnis Anda juga tidak akan pernah ketinggalan zaman. Sebab, bentuk penyesuaian diri dari perkembangan zaman adalah inovasi itu sendiri. Jika Anda terlalu statis, maka bisa jadi bisnis Anda akan dihancurkan oleh perkembangan zaman yang sangat cepat pergerakannya. Meskipun seberapa besar diri Anda dan seberapa terkenalnya Anda, tetap harus bisa berkreasi dan berinovasi untuk mengikuti zaman yang ada.

Itulah 5 tips sukses berdagang yang cocok untuk pemula. Cobalah tips-tips di atas, siapa tahu Anda bisa berhasil menjadi wirausahawan sukses dan besar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: