Keuangan

Bingung Ingin Menyimpan Uang Dimana? Anda Bisa Pilih dalam 4 Opsi Tempat Favorit Orang Indonesia untuk Menyimpan Uang Ini

Sejak kecil, Anda pasti sudah diajarkan untuk menabung oleh orang tua bukan? Bahkan semasa sekolah dasar pun Anda pasti sudah mendengarkan suatu pepatah yaitu “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”. Sebagian orang Indonesia juga merupakan warga yang gemar menabung lho, bahkan kuatnya gaya hidup menabung orang Indonesia menjadikannya kreatif dalam hal menyimpan uang. Mulai dari menyimpan di tumpukan pakaian dalam lemari, di bawah bantal atau kasur, hingga dalam kentongan. Namun itu dulu, berbeda dengan sekarang masyarakat Indonesia sudah jauh berkembang dan mengenal berbagai macam jenis penyimpanan uang. Bukan hanya lebih aman, jenis penyimpanan uang ini menjadi tempat favorit bagi mereka yang ingin menumpukkan sebagian hartanya. Nah, bagi Anda yang bingung dan penasaran apa saja tempat favorit orang Indonesia untuk menyimpan uang. Simak dan pilihlah 4 opsinya berikut ini.

  1. Menyimpan Uang di Celengan

Meski zaman sudah semakin modern, namun celengan tetap menjadi salah satu tempat penyimpanan uang yang banyak digemari masyarakat. Faktanya, masih banyak orang tua yang menggunakan celengan untuk mengajarkan anak mereka bagaimana menabung yang baik dan benar. Memang tidak seperti lembaga keuangan, akan tetapi celengan ini juga termasuk tempat menyimpan uang yang cukup aman kok. Sebab, biasanya celengan ini selalu di simpan di tempat yang tersembunyi dan tidak terjangkau oleh mata. Masalahnya, celengan tidak seaman lembaga keuangan dalam hal menyimpan uang. Karena, uang yang disimpan dalam celengan bisa saja rusak apalagi uang kertas. Ditambah, tidak ada penanggungan atau penggantian uang kembali jika terjadi kehilangan akibat di curi orang lain.

  1. Menyimpan Uang di Bank

Selain celengan, bank juga merupakan tempat penyimpanan uang yang difavoritkan oleh masyarakat. Bank memang sudah menjadi tempat simpan uang yang cukup konvensional, karena terjamin keamanan dan kemudahan dalam mendapat akses layanannya. Tidak heran, sebagian besar daerah di Indonesia menjadikan bank sebagai pilihan utama dalam hal penyimpanan uang. Meskipun demikian, ternyata dalam data Global Findex menunjukkan bahwa baru sekitar 48,9% masyarakat Indonesia di usia produktif yang sudah memiliki rekening bank. Pihak pemerintah pun sekarang sedang tertuju pada peningkatan jumlah penduduk Indonesia yang dapat mengakses layanan perbankan. Bahkan, Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) menargetkan pada tahun 2019 masyarakat Indonesia yang melek terhadap layanan finansial harus mencapai 75%. Nah, salah satu bentuknya yaitu dengan memastikan apakah penduduk Indonesia sudah banyak yang memiliki rekening bank. Bagi Anda yang ingin menyimpan uang, bisa memilih opsi yang satu ini agar tetap aman dan tidak merugikan Anda nantinya.

  1. Menyimpan Uang di Koperasi

Tahukan Anda bahwa koperasi menjadi salah satu lembaga keuangan yang sudah dikenal sejak lama? Keunggulannya hampir sama seperti menyimpan uang di bank, yaitu kemudahan akses untuk mendapatkan layanan keuangannya. Itulah sebabnya, kenapa koperasi termasuk tempat favorit orang Indonesia untuk menyimpan uang. Di dalam koperasi simpan pinjam, setiap anggotanya juga bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan bahkan dengan bunga flat dan relatif kecil daripada pinjaman yang ditawarkan oleh lembaga keuangan lainnya lho. Selain itu, jika melakukan transaksi di koperasi maka anggota koperasinya bisa mendapatkan SHU atau sisa hasil usaha yang dibagikan sekali dalam setahun. Wah, lumayan kan? Bisa dapat uang tambahan pastinya.

  1. Menyimpan Uang di Pendanaan P2P Lending

Terakhir, tempat favorit orang Indonesia untuk menyimpan uang adalah di pendanaan P2P lending. Dengan hadirnya fintech di Indonesia, maka hal ini menjadi titik terang bagi pemerintah dalam peningkatan index literasi keuangan Indonesia. Mengapa demikian? Karena, fintech dirasa bisa mengakselerasi usaha pemerintah dalam mencapai jumlah tersebut khususnya di tahun 2019. Dalam pendanaan P2P lending ini tidak hanya memberikan layanan pinjaman tanpa agunan saja, tapi juga memberikan nilai positif yang diberikan oleh fintech kepada masyarakat di Indonesia. Selain itu, masyarakat juga tidak hanya mendapat jaminan keamanan dalam penguncian uang saja lho. Tapi, juga mendapatkan keuntungan yang lebih besar ketimbang menabung di layanan konvesional lain. Kemudahan akses melalui smartphone serta tidak ada biaya potongan administrasi, merupakan sebuah poin positif yang menjadikan pendanaan di fintech sebagai pilihan yang tepat untuk menyimpan uang.

Nah, tempat untuk menyimpan uang dalam ulasan di atas bisa Anda praktekkan dari sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top