Tips

Bisnis Anda Dapat Ulasan Negatif? Jangan Panik, Terapkan Cara Ini untuk Menghadapinya

hadapi-respon-negatif-konsumen

Dengan memanfaatkan media berbasis teknologi, membuat seseorang mampu memberikan penilaian pada produk yang telah dibelinya. Penilaian yang telah diberikan di sebuah media kemudian menjadikan publik bisa melihatnya dan kemudian bereaksi terhadapnya. Dari sini tentu bila ulasan produk yang diberikan konsumen ini positif maka bisnis Anda akan aman dan malah mampu bertumbuh. Namun sebaliknya jika ada ulasan atau penilaian yang negatif pada produk maka hal ini bisa membahayakan bisnis Anda. Sebab ulasan negatif yang ada dapat membuat orang lain melihatnya sehingga mereka kemudian berdampak buruk pada bisnis yang Anda jalankan. Tapi bagaimana bila ada ulasan negatif yang terlanjur muncul? Jangan panik dulu, Anda bisa terapkan beberapa cara dilakukan untuk menghadapinya.

  1. Lakukan Koreksi dan Cari Tahu Kenapa Terjadi

Pertama, cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi ulasan yang negatif adalah dengan mengoreksi dan mencari tahu mengapa hal ini terjadi. Jadi ketika bisnis Anda mendapati ulasan negatif maka Anda harus mengkoreksi serta mencari tahu mengapa muncul ulasan tersebut. Karena ternyata belum tentu ulasan negatif ini tidak benar-benar datang dari konsumen sebenarnya. Tapi bisa jadi ulasan negatif ini berasal dari kompetitor yang tidak mau bersaing secara sehat. Bila pun ulasan negatif ini berasal dari konsumen, bisa jadi mereka salah paham atau miskomunikasi. Namun jika memang penilaian negatif ini benar-benar muncul dari konsumen tanpa kesalahpahaman maka Anda juga tak perlu juga harus panik dulu. Tetaplah optimis dan percaya bahwa Anda bisa mengembalikan pada keadaan yang lebih baik dengan melakukan cara-cara selanjutnya berikut ini.

  1. Respon dan Jawab dengan Cepat dan Segera Lewat Jaringan Pribadi

Berikutnya, cara untuk bisa menghadapi ulasan negatif dari konsumen adalah dengan langsung cepat merespon secara pribadi. Tapi ingat jangan merespon ulasan negatif di tempat yang bisa dilihat publik, seperti di timeline Facebook atau di grup WhatsApp. Jadi respon lah ulasan negatif ini secara langsung dan pribadi melalui jaringan pribadi (japri). Dengan merespon ulasan negatif via jaringan pribadi membuat Anda terhindar dari hal-hal yang lebih buruk karena dapat dilihat orang lain. Menjawab dan merespon ulasan negatif dengan segera ini sendiri juga akan membuat Anda dianggap sangat peduli dengan konsumen. Ketika Anda dianggap peduli, maka konsumen akan berbalik bersikap respect kepada Anda dan sangat mungkin mereka akan mengubah ulasan mereka yang sebelumnya dan yang akan datang.

  1. Akui Kesalahan, berempati dan Meminta Maaf

Ketika Anda merespon ulasan negatif dari konsumen cobalah untuk berempati dan meminta maaf terlebih dahulu. Akui saja kesalahan bila memang Anda yang melakukan kesalahan. Mengakui kesalahan dan meminta maaf tak akan menjatuhkan martabat dan bisnis Anda secara langsung. Tapi dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf malah bisa membuat konsumen yang awalnya kurang respect kepada Anda menjadi berbalik respect. Ungkapkan dan akui saja kesalahan yang Anda perbuat dan katakan bahwa hal ini benar-benar bukan keinginan Anda dan perusahaan.

  1. Meminta Pada Konsumen untuk Kesempatan Kedua dan Memperbaiki Diri

Terakhir, cara untuk menghadapi ulasan negatif adalah dengan meminta pada konsumen untuk kesempatan kedua dan memperbaiki diri. Setelah Anda meminta maaf dan mengakui kesalahan, maka cobalah untuk meminta kesempatan kedua dan juga kesempatan untuk memperbaiki diri pada konsumen. Jika Anda diberikan kesempatan memperbaiki diri untuk kesalahan yang ada, maka jangan mengulur-ulur waktu lagi. Langsung lakukan perbaikan agar mereka puas dan mengubah ulasannya. Tapi bila memang Anda tidak diberikan kesempatan maka katakan dan berjanjilah pada mereka bahwa Anda tidak akan melakukan kesalahan yang sama di masa depan dengan semakin mengedepankan pelayanan, kualitas serta profesionalisme bisnis.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi ulasan negatif yang datang dari konsumen terhadap produk Anda. Tapi ingat, sebaik-baiknya cara untuk menghadapi ulasan negatif ini adalah dengan mencegah atau mengatisipasinya jangan sampai bisnis Anda mendapatkan penilaian yang buruk dari konsumen.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top