Lainnya

Bisnis Artis Gulung Tikar, Inilah Bukti Bahwa Popularitas Bukan Jaminan Sukses

bisnis-artis-bangkrut

Saat ini dunia wirausaha memang sangat menarik dan memikat banyak orang. Tidak hanya masyarakat biasa, kalangan artis atau selebriti pun juga banyak yang tertarik untuk berbisnis. Bisnis yang digeluti para publik figur ini sendiri sekarang bahkan menjadi semacam tren yang menjamur. Dengan dukungan modal dan popularitas yang dimilikinya, peluang seorang artis memang terbuka lebih besar untuk suskes. Namun ternyata fakta di lapangan menunjukkan realita bahwa tidak semua bisnis yang didirikan oleh para selebriti ini lantas dengan mudah meraih sukses. Dengan pengetahuan yang minim hingga kesalahan strategi yang dilakukan membuat beberapa bisnis yang dijalankan artis ini nampak terlihat lesu dan kemudian gulung tikar. Nah berikut ini adalah beberapa bisnis milik artis yang telah mengalami kegagalan atau gulung tikar.

  1. Sushi Miya81

Pertama, bisnis artis yang telah gagal atau gulung tikar adalah Sushi Miya81. Usaha dibidang kuliner yang didirikan awal tahun 2011 ini dikelola oleh beberapa artis beken seperti Dude Herlino, Teuku Wisnu, Christian Sugiono, Adi Nugroho, dan lainnya. Meski pada awalnya resto ini begitu populer, namun karena banyaknya komplain dari konsumen membuat Sushi Miya81 lama-kelamaan goyah dan akhirnya tutup. Komplain paling menyesakkan sendiri didapat Sushi Miya8i di situs Zomato dengan mendapatkan rating kecil. Walau didukung oleh banyak artis dan lokasi strategis, namun tetap saja Sushi Miya81 akhirnya bangkrut.

  1. Commune Bistro and Grill

Commune Bistro and Grill adalah resto yang didirikan oleh artis Marcel dan Mischa Chandrawinata. Melihat tempatnya yang begitu eksklusif dan didukung oleh lokasinya yang sangat strategis yakni di SCBD, Jakarta, seharusnya membuat Commune Bistro and Grill tidak kesulitan untuk berkembang. Tapi nyatanya, teori dan kenyataan bisa saja berlainan.  Resto yang memiliki interior yang instagramable ini harus tutup secara permanen karena sepinya pembeli.

  1. Takigawa

Siapa sih yang tak kenal dengan nama Olga Syahputra. Dulu sebelum Olga meninggal dunia, dirinya sempat membuka sebuah kedai makanan Jepang bernama Takigawa. Tentu dengan nama besarnya, seharusnya membuat Takigawa akan mudah membuat pembeli datang. Namun kenyataannya, tidak lama setelah kepergian Olga, tepatnya di tahun 2015, Takigawa harus gulung tikar. Penyebab bangkrutnya Takigawa ini banyak yang mengatakan karena manajemen yang buruk.

  1. Torino Restaurant

Berikutnya, bisnis artis yang kemudian mengalami kegagalan atau gulung tikar yakni Torino Restaurant. Bisnis yang didirikan oleh selebriti Indy Barends ini juga harus mengalami nasib pahit karena tidak bisa eksis dan bertahan lama. Padahal melihat popularitas Indy Barends sebagai host yang kondang seharusnya membuat Torino Restaurant ini ramai pengunjung dan eksis. Tapi itulah kenyataan dan realitasnya, bisnis ini harus tutup dan gulung tikar.

  1. Midtown Bistro and Lounge

Bisnis milik artis lainnya yang mengalami kebangrutan hingga harus gulung tikar adalah Midtown Bistro and Lounge. Bisnis yang didirikan oleh Mike Lewis yang merupakan mantan suami Tamara Bleszynski ini juga mengalami nasib yang hampir sama dengan bisnis Commune Bistro and Grill milik artis Marcel dan Mischa Chandrawinata. Pasalnya, sama-sama berada di kawasan SCBD, resto mewah Midtown Bistro and Lounge ini juga harus gagal dan gulung tikar. Meski sempat pindah lokasi, nasib buruk tak menjauh dari Midtown Bistro and Lounge hingga membuatnya kemudian benar-benar tutup.

  1. Meet the Beef

Terakhir, bisnis milik selebriti yang mengalami nasib apes karena harus tutup dan gulung tikar adalah Meet the Beef. Bisnis resto yang satu ini dirintis oleh artis kenamaan Dona Agnesia sejak tahun 2011. Sayangnya, bisnis ini tidak bisa berkembang dan omsetnya terus menurun. Sehingga pada suatu titik kemudian Dona menutuskan untuk menutup Meet the Beef tanpa ada pernyataan langsung dari Dona mengenai penyebabnya. Kegagalan Meet the Beef ini sendiri bahkan sempat membuat Dona Agnesia tak mau lagi terjun ke dunia bisnis.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa modal yang kuat dan popularitas bukanlah jaminan bahwa bisnis akan suskes. Jadi Anda yang hanya masyakarat biasa tak perlu takut dan khawatir ketika usaha Anda bersaing dengan bisnis milik artis. Sebab dengan ketekunan dan usaha yang sungguh-sungguh sangat mungkin bisnis Anda yang dapat meraih sukses dibanding bisnis milik artis.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top