Peluang Usaha

Bisnis Jual-Beli Binatang Lewat Online? Ini Tipsnya!

Bisnis Jual-Beli Binatang Lewat Online? Ini Tipsnya! – Anda memiliki toko jual-beli binatang dan ingin memperluasnya melalui penjualan online? Apakah anda bertanya-tanya mungkinkah hal itu dilakukan? Bagaimana cara melakukannya? Tenang, dalam artikel ini pertanyaan anda akan terjawab.

Transaksi jual-beli secara online sedang populer dilakukan. Berbagai produk baik jasa dan barang telah banyak ditawarkan melalui media online, bahkan binatang pun sangat mungkin perjualbelikan lewat online. Berbeda dengan barang yang cukup anda packing dengan baik dan bisa langsung anda kirim ke pembeli, tentu saja mengirim binatang memiliki cara yang lain.

jual-beli-online-ilustrasi

Bisnis jual-beli binatang lewat online sudah bukan hal yang langka kita temui. Jika anda mencari di internet, anda bisa menemukan berbagai toko online dan situs jual beli yang menyediakan hewan hingga berbagai perlengkapannya. Anda bisa menemukan berbagai macam binatang mulai binatang peliharaan, binatang ternak hingga binatang kurban.

Menjual binatang lewat media online tentu memiliki keuntungan seperti juga pada jual-beli produk secara online lainnya, salah satunya adalah pangsa pasar yang luas. Binatang yang anda jual sangat mungkin untuk diketahui oleh orang diseluruh Indonesia karena kemudahan dalam akses internet ataupun sosial media yang menunjang jual-beli online anda.

Banyak penjual dan pembeli binatang bertransaksi lewat media online namun tidak sedikit korban dari transaksi tersebut sehingga anda tetap harus berhati-hati dalam melakukan transaksi jual beli. Korban bisa mengalami berbagai kerugian misalkan binatang yang diterima tidak sama atau tidak sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, baik itu mengalami kecacatan fisik atau menerima jenis yang berbeda. Ada beberapa tips bagi anda jika ingin menjual atau membeli binatang lewat online.

Bagi penjual, berikut tips yang perlu anda ketahui

  • Gunakan Foto atau Gambar Terbaru dari Binatang yang Ditawarkan

ilustrasi-kucing

Penggunaan foto atau gambar terbaru akan membantu calon pembeli untuk mengetahui secara pasti binatang yang ditawarkan. Gunakan foto yang beresolusi tinggi atau berkualitas bagus sehingga akan terlihat menarik bagi calon pembeli

  • Berikan Keterangan yang Jelas dan Jujur Mengenai Kondisi Binatang yang Ditawarkan

productdescription

Anda harus mencantumkan dengan jelas dan apaadanya mengenai kondisi binatang yang anda tawarkan. Hal ini penting dilakukan agar pembeli tidak komplain karena merasa dirugikan oleh anda. Jika pembeli anda merasa puas bukan tidak mungkin dia akan merekomendasikan toko anda pada teman-temannya yang ingin membeli binatang.

  • Ajak Pembeli Melihat Langsung Binatang yang Anda Tawarkan

cash-on-delivery

Anda bisa mengajak pembeli untuk bertemu dan melihat langsung binatang yang anda tawarkan. Anda bisa mengetahui pembeli dan memastikan apakah pembeli tersebut serius untuk membeli atau ingin melakukan penipuan. Bertemu dengan pembeli secara langsung juga memungkinkan bagi anda untuk memanfaatkan sistem COD.

  • Pastikan Pembeli Mengirim Uang Muka, Sebelum Anda Mengirim Binatang yang Dijual

uang-muka

Jika anda tidak bisa bertemu dengan pembeli anda, pastikan anda telah menerima uang muka pembayaran sebelum anda mengirimkan binatang tersebut. Hal ini akan mengurangi kerugian anda jika ternyata pembeli melakukan penipuan

 

Sementara bagi pembeli, berikut tips yang perlu anda perhatikan

  1. Kenali Penjual dan Pastikan Reputasinya

Hal yang bisa anda jadikan tolak ukur bahwa penjual dapat dipercaya adalah penjual memasang harga yang wajar dan mendapat banyak komentar. Perhatikan gambar yang diupload oleh penjual.

Pastikan gambar tersebut tidak diambil dari tempat lain atau bukan gambar yang asli. Anda bisa memeriksanya dengan memanfaatkan mesin pencari google dengan memasukkan gambar tersebut.

  1. Ajak Penjual Bertemu untuk Melihat Binatang yang Akan Dibeli

Hal yang paling mudah adalah mengajak penjual bertemu untuk melihat binatang yang dibeli sekaligus melakukan transaksi jual beli. Anda bisa mengetahui secara langsung kondisi binatang yang anda beli apakah sesuai dengan yang anda inginkan atau tidak.

Anda juga bisa mengurangi resiko penipuan yang dilakukan penjual yang curang.

  1. Jangan Langsung Mengirimkan Seluruh Uang Sebelum Binatang Dikirim

Jika tidak memungkinkan bagi anda untuk bertemu langsung dengan penjual anda bisa menggunakan layanan pengiriman binatang, walau begitu anda perlu hati-hati dalam menggunakan layanan tersebut.

Anda perlu memastikan reputasi penyedia layanan seperti anda memastikan reputasi penjual dan fasilitas apa yang akan anda peroleh.

Jika anda diminta mengirimkan uang sebelum binatang dikirim, jangan mengirimkan seluruh uang seharga binatang tersebut. Kirimkan sebagian sebelum binatang dikirim dan kirimkan sisanya setelah binatang telah sampai dan telah anda periksa.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: