Bisnis Online

Bisnis Online Ternyata Memiliki Kelemahan, Yuk Simak!

Bisnis Online Ternyata Memiliki Kelemahan, Yuk Simak! – Berbicara mengenai bisnis, anda pasti setuju jika setiap bisnis yang sedang digeluti pasti memiliki kekurangan dan kelemahan masing-masing. Hal ini tergantung bagaimana kita sebagai pembisnis bisa mengatasi permasalahan dan kekurangan yang ada. Tak terkecuali dengan bisnis yang sekarang ini sedang hits dimasyarakat, apalagi jika bukan bisnis online.

Awalnya, bisnis online hanya didominasi oleh penjualan produk fashion saja, namun karena perkembangannya yang begitu luas membuat banyak orang memanfaatkan bisnis ini untuk menjual berbagai produk lain serta menawarkan jasa. Beberapa produk mulai dari alat kesehatan, kecantikan, obat, makanan, hingga jasa titip jual beli barang, guru les, renovasi rumah, dan lain sebagainya sudah bisa anda dapatkan hanya dengan gadget.

Bisnis online memang memberikan banyak kemudahan, karena hanya dengan menggunakan telepon seluler, anda sudah bisa memilih, membeli, lalu membayar produk yang anda inginkan dan kemudian barang akan sampai dirumah tanpa perlu kesana kemari. Padahal, jika anda jeli sebenarnya ada berbagai kekurangan dan kerugian yang sering dialami baik oleh produsen maupun konsumen dari bisnis ini. Apa saja kekurangan dari bisnis online? berikut penjelasannya:

cara-memulai-bisnis-online

  • Penipuan

Tingginya jumlah angka pembisnis online tak jarang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk meraup banyak keuntungan dengan cara instan. Para oknum-oknum tersebut biasanya menawarkan suatu bisnis yang menjanjikan keuntungan besar tanpa perlu bersusah payah dengan cepat dan mudah, hingga akhirnya berujung penipuan. Padahal, sebenarnya tidak ada pendapatan yang instan. Semuanya butuh proses, keuletan, dan kegigihan. Walaupun UU tentang ITE yang melindungi hak konsumen sudah adan namun kasus penipuan online masih jarang yang berakhir di pengadilan karena berbagai hal.  Untuk itu sebagai seseorang yang cerdas, anda harus berhati-hati jika ada penawaran bisnis secara online.

  • Produk Tidak Sesuai

Membeli secara online itu artinya anda hanya melihat produk melalui gambar. Untuk produk fashion baju, anda hanya dapat melihat warna, motif, bentuk, ukuran, bahan melalui foto. Anda tidak bisa melihat bahkan mencobanya secara langsung. Bisa saja, walaupun terlihat bagus dipakai oleh modelnya (pada gambar), belum tentu cocok untuk anda. Begitupun dengan beberapa produk lain seperti, tas dan sepatu. Sering kali konsumen merasa kesal karena produk yang dibelinya tidak sesuai, misalnya bahannya tidak bagus, warnanya tidak sesuai, tidak pas dipakai, dan masih banyak lainnya. Jika sudah begini, asalkan produk yang sampai tidak rusak anda tidak bisa menyalahkan produsen secara penuh. Bisa saja gambar yang ditampilkan sudah sesuai, namun karena efek kamera dan pencahayaan produk dalam foto terlihat lebih bagus dari aslinya. Maka dari itu anda perlu berhati-hati memilih online shop yang memberikan jaminan kualitas barang yang bagus.

  • Biaya Pengiriman Antar Pulau Yang Mahal

Membeli barang secara online, anda tidak akan menemui toko sebagaimana mestinya, sehingga barang yang anda pesan akan dikirim menggunakan kurir atau jasa pengiriman bagi yang berada diluar kota hingga luar pulau. Biaya pengiriman barang biasanya dihitung perkilo atau perukuran barang. Harga perkilonya pun tergantung jarak lokasi anda dari daerah pengiriman barang. Semakin jauh daerah yang dikirim, apalagi diluar pulau membuat biaya kirim semakin mahal. Inilah yang terkadang membuat para pembeli harus berfikir ulang untuk membeli secara online. Apalagi, beberapa jasa pengiriman juga tidak melayani daerah tertentu.

  • Biaya Koneksi Internet Masih Mahal dan Melum Merata

Untuk menjalankan dan berbelanja online anda memang tidak harus menyiapkan biaya transportasi, melainkan biaya internet. Sayangnya di Indonesia biaya untuk akses internet masih relative mahal. Selain itu, tidak semua tempat memiliki koneksi yang bagus, bahkan ada juga daerah-daerah yang belum tesentuh jaringan telepon dan internet.

  • Complain Yang Terlalu Banyak

Bergelut di bisnis online mengharuskan anda siap menerima segala bentuk komplain dari konsumen. Mulai dari barang yang rusak, tidak sesuai, datangnya terlambat, dan lain-lain. Selain itu, anda juga harus siap dengan kemungkinan konsumen yang ingin membatalkan atau menukar pesanan. Hal ini memang sangat wajar, karena konsumen tidak bisa memastikan sendiri bagaimana kondisi produk yang mereka beli seperti

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: