Peluang Usaha

Bisnis Untuk Anak Muda Yang Tinggal Di Desa

Bisnis Untuk Anak Muda Yang Tinggal Di Desa – Negara yang nantinya akan memimpin dunia adalah negara yang memiliki anak muda dengan kompetensi dan dapat memanfaatkan kompetensinya tersebut. Anak muda yang dapat bersaing dengan dunia dalam berbagai hal termasuk dalam hal ekonomi dan bisnis. Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi dan tututan zaman menuntut semua kalangan turut berpartisipasi dalam persaingan bisnis ini. Pada awal tahun 2016 bahkan kita mengenal istilah MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) yang membuat kita sebagai warga negara Indonesia bersaing dengan masyarakat Asean lainnya yang datang ke Indonesia untuk unjuk kemampuan. Para kalangan muda adalah salah satu subjek yang sangat terkena dampak dengan hal ini. Mereka adalah kalangan yang harus bertahan ditengah SDM lainnya.

Berbicara tentang bisnis, jika kita melihat dimedia elektronik dimana kita melihat para bisnisman dan para pekerja kantoran yang berlalu lalang, rasa iri tersebut akan muncul. Hal inilah yang memicu kebanyakan orang terutama anak muda datang ke kota untuk mengadu nasib agar dapat menjadi orang-orang yang mereka temukan di televisi. Namun hal ini kebanyakan berakhir dengan hal yang berbeda dengan apa yang dibayangkan. Anak muda yang datang tanpa kompetensi yang memadai maka hanya akan menambah beban ibukota saja.

Sebenarnya jika kita berfikir cerdas, bisnis atau usaha tidak perlu memilih perkotaan sebagai tempat memulainya. Untuk anda yang tinggal di desa, bukan tidak mungkin wilayah yang anda tempati memiliki potensi bisnis yang menjanjikan. Tidak salah jika anda mulai mengembangkan bisnis yang kiranya bisa dikembangkan. Apalagi diusia mudah yang merupakan usia emas untuk mencoba dan mencari pengalaman serta memetik manfaat dari apa yang dilakukan.

Bagi kalian anak muda yang akan memulai bisnis di desa, berikut step untuk menemukan ide bisnis di desa anda.

Potensi usahaKalian adalah putra daerah yang tentu mengetahui apa saja yang menjadi ciri khas maupun potensi desa sendiri. Inilah hal utama yang perlu disaring. Jika pengetahuan kalian terbatas mengenai hal tersebut, tanyakan kepada orang-orang disekitar. Untuk hal yang menjadi potensi daerah akan lebih baik jika kita dapat menemukan hal kecil yang belum banyak diketahui orang. Jika kita dapat menemukan hal tersebut maka kita dapat memperkecil persaingan dan menambah persentase perkiraan keberhasilan bisnis.

Potensi diriSama dengan potensi daerah, kita juga terlebih dahulu harus memiliki kompetensi untuk diri sendiri. Hal ini juga berguna untuk melakukan prediksi terhadap potensi desa yang telah dibahas sebelumnya.

PenggabunganJika potensi diri dan potensi desa digabungkan maka kan menghasilkan suati ide bisnis yang pastinya sangat menjanjikan. Penggabungan inilah yang akhirnya menghasilkan ide yang kemudian dapat ditekuni kedepannya.

PelaksanaanHal terakhir yang dilakukan adalah pelaksanaan usaha. Lakukan dengan tekun dan teliti serta terus berusaha.

Untuk anda yang membutuhkan referensi jenis uSaha untuk anak muda yang tinggal di desa, berikut beberapa hal yang bisa menjadi pilihan anda.

# Peternakan dan pertanian

Jika kita sudah bicara tentang desa, maka tentu tidak akan lepas dari 2 hal ini. Mungkin 2 hal ini sudah banyak ditekuni oleh masyarakat sehingga akan kurang memiliki prospek jika dijadikan bisnis. Namun, anak muda biasanya memiliki ide-ide yang fresh sehingga tetap bisa menjadi bisnis. Ide dan ilmu serta hasil mencoba yang akan menghasilkan suatu hal yang baru sehingga tetap bisa dikembangkan. Contoh dari hal ini adalah dengan memanfaatkan cara tanam hidroponik pada desa dengan kondisi tanah yang tidak subur dan memelihara berbagai jenis burung hias.

# Tempat les atau kursus

Setelah membekali diri dengan kemampuan yang cukup maka kita dapat membuka usaha les privat atau tempat kursus yang dapat dimanfaatkan anak-anak serta remaja untuk menambah kemampuan diri diluar ilmu yang diberikan disekolah. Jika diri sendiri merasa belum mampu menjadi tentornya kita bisa membayar orang untuk dipekerjakan sebagai tentor tersebut.

# Jual pulsa seluler dan pulsa token listrik

Usaha ini memang usaha yang memang sudah lama dikenal masyarakat desa apalagi dengan seiring berjalannya waktu dimana teknologi komunikasi sudah merambah pedesaan. Akan sangat memberatkan jika warga desa harus perhgi ke kota hanya untuk mengisi ulang pulsa.

# Usaha mebel

Sebgai anak muda yang terkadang memiliki ide yang fresh, kita bisa memulai usaha pembuatan mebel. Agar usaha ini berbeda, kita bisa mengusung ciri khas dari mebel yang kita produksi sehingga tetap menarik minat pembeli. Sudah banyak pengusaha mebel muda yang mampu mengusung karyanya ke rancah nasional bahkan mancanegara.

# Rental Playstation dan warnet

Sama dengan bisnis jaul pulsa, kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan oleh anak muda desa untuk membuka warnet. Jika kita dapat memanfaatkan kesempatan ini bisa jadi akan menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini karena tidak sembarang orang mampu melakukannya. Belum lagi kenyataan bahwa internet merupakan salah satu kebutuhan yang penting saat ini.

# Cafe sederhana

Bagi anda yang ingin mendirikan usaha café sederhana, bisa dikombinasikan dengan potensi daerah. Misalnya dengan mendirikan café yang lokasinya diatas kolam ikan dan suangai atau dengan menyuguhkan pemandangan sawah dan perbukitan yang menyejukkan. Tempat tersebut pasti banyak dicari bahkan orang dari kota yang ingin menikmati suasana pedesaan pasti akan mendatanginya.

# Taman edukasi

Taman edukasi adalah tempat yang dibangun dan didalamnya disediakan berbagai hal yang menjadi sarana edukasi seperti tempat yang didesain dimana pengunjung bisa belajar bagaimana cara menanam padi hingga memanennya. Selain sarana edukasi juga bisa dijadikan tempat liburan bagi keluarga yang tentu sangat bermanfaat.

# Penyewaan tenda pesta

Anda bisa menyediakan tempat penyewaan tenda. Hal yang dibutuhkan adalah modal untuk menyediakan tenda lengkap dengan aksesoris lainnya seperti kursi, set sound sistem dan mobil operasionalnya. Usaha ini tidak memakan banyak waktu dan anda hanya perlu menunggu penyewa datang saja sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

# Bisnis percetakan

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini usaha percetakan adalah bisnis yang tengah menjamur. Hal ini dikarenakan hampir semua kebutuhan memerlukannya. Misalnya saja ketika warga desa akan mengurus sebuah dokumen, tentu mereka harus mengcopy dokumen yang ada atau anak sekolah yang lebih memilih fotocpy buku daripada beli buku asli. Jika anda bisa mempelopori untuk menyediakan jasa ini maka anda akan kebanjiran pelanggan. Anda juga bisa menambah ATK, pernak-pernik kado, kosmetik dan benda-benda yang menarik minat pembeli. Jadi ketika kita sibuk melayani fotocopy atau print maka mereka akan menunggu sambil melihat-lihat dagangan yang lain dan tertarik untuk membelinya juga.

Sebuah negara akan maju jika anak mudanya juga dapat berpikir maju. Sama halnya dengan desa. Desa yang memiliki anak muda yang dapat menggali potensi desanya sendiri maka dapat meningkatkan nilai dari desanya sendiri. Selain dapat membuat bisnisnya sendiri juga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk anak muda yang lain atau warga desa lainnya.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: