Tips

Budget 10 Juta Mau Gelar Wedding Party? Emang Bisa?

Pernikahan adalah jenjang dalam sebuah kehidupan yang harus dijalani. Pernikahan ini akan menjadi simbol pengikat antara anda dan pasangan anda. Pernikahan memang sudah dapat dikatakan sah jika ikrar janji sudah diucapkan oleh kedua mempelai. Namun tradisi saat ini pernikahan juga identik dengan perayaan atau party.

Jika sudah menyebut istilah party, mungkin yang kita bayangkan adalah pesta mewah di dalam gedung besar dengan dihadiri ribuan tamu undangan. Jika memang ini yang anda inginkan tentu biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Lalu apakah pesta pernikahan yang hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup tetap bisa dilaksanakan jika budget yang anda miliki terbatas?

Jawabannya ialah bisa saja. Kita bisa mengurangi budget dari masing-masing kebutuhan dan pesta pernikahan dengan budget dibawah 10 juta tetap bisa dilakukan dengan meriah dan berkesan. Caranya?

  1. Selenggarakan pernikahan di rumah

Jika dikatakan pesta pernikahan pasti identik dilakukan di gedung dengan biaya sewa selangit. Jika memang biaya yang anda miliki harus di press sedemikian rupa, anda bisa mengadakan pesta pernikahan di rumah. Selain lokasinya yang pasti lebih dekat dengan saudara dan tetangga, mengadakan pernikahan di rumah juga dapat mengurangi budget pernikahan hingga 50%. Biaya menyewa gedung ini kemudian bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

  1. Alokasikan biaya sewa gedung untuk menyewa tenda, kursi dan dekorasi pesta

Budget sewa gedung yang tidak jadi digunakan tadi bisa dialokasikan untuk menyewa tenda, kursi atau dekorasi tempat pesta di sekitar rumah anda. Misalnya pesta diadakan di ruang tamu sampai halaman rumah. Maka sewalah tenda serta jasa dekor ruangan sederhana untuk mempercantiknya. Jika anda cermat, anda bisa mendapatkan sewa tenda dengan harga 3 juta. Walaupun sederhana jangan sampai pesta anda terkesan asal-asalan. Jangan lupa untuk menyewa kursi sebagai tempat duduk tamu undangan.

  1. Pesan undangan dengan harga yang murah atau gunakan e-invitation

Agar kabar pesta pernikahan sampai ke para calon undangan maka anda harus mengirim undangan. Untuk undangan sendiri, jika memesan ditempat percetakan kita akan disuguhkan pilihan yang beragam mulai dari harga rendah sampai tinggi. Pilihlah undangan dengan harga yang murah saja. Toh biasanya jika sudah sampai ketangan yang diundang, mereka hanya akan melihat tanggalnya kemudian undangan tersebut diletakkan begitu saja. Akan sangat sayang jika kita sudah membeli undangan dengan harga mahal namun akhirnya tetap begini.

Saat ini perkembangan teknologi komunikasi sudah sangat canggih. Media sosial sudah menjadi santapan sehati-hari hampir semua orang. Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk menyebarkan e-invitation kepada teman-teman anda. Jika anda menggunakan e-invitation maka budget anda untuk undangan bisa dikurangi dan cara mengirimnya juga lebih mudah. Tentukan beberapa kalangan saja yang memang perlu untuk dikirimi undangan fisik, misalnya kerabat jauh atau kerabat dari orang tua. Sedang yang lainnya seperti teman sekolah atau teman kerja gunakan e-invitation. Jika jumlah keseluruhan undangan 500 orang, maka sediakan undangan fisik 200 buah saja. Jadi, ketika harga undangan Rp 2000 x 200 buah maka budget undangan hanya 400 ribu saja.

  1. Tentukan jumlah undangan

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, agar budget untuk membeli undangan lebih kecil, maka tentukan jumlah tamu undangannya. Jangan terburu-buru menentukan jumlah undangan. Utamakan kerabat dan sahabat dekat sehingga suasana hikmat akan tercipta. Pesta pernikahan berkesan tidak harus dihadiri 2.000 tamu undangan bukan?

  1. Press budget sewa jasa rias pengantin

Sebagai pusat dari pesta, penampilan pengantin tentu menjadi prioritas. Kendati demikian anda tidak perlu menyewa jasa rias pengantin yang mahal. Jika anda teliti, ada jasa rias pengantin yang bisa didapat dengan budget 2 jutaan. Bahkan ada yang sudah sepaket dengan sewa tenda, dekorasi dan kursi.

  1. Katering

Hal terakhir namun tak kalah penting adalah katring. Tentu kita harus menyediakan kudapan untuk para tamu undangan. Hidangan tetap dapat disediakan dengan layak walau dengan biaya minim. Jika tadi pernikahan sudah dilakukan dirumah, maka anda bisa meminta bantuan tetangga dan saudara yang berdekatan dengan rumah anda untuk mengurusi bagian makanan. Dengan biaya 2-3 juta maka hidangan sudah dapat disajikan. Ini bisanya sudah menjadi tradisi di beberapa daerah, dimana ketika kita akan mengadakan hajatan, tetangga akan datang untuk membantu. Jadi lebih hemat bukan?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: