StartUp dan UKM

Budget Terbatas? Jangan Kuatir, Lakukan 5 Cara Ini untuk Bisa Tetap Jalankan Pemasaran Startup

budget-marketing-startup

Menjalankan bisnis startup saat ini memang begitu menarik. Besarnya pasar di dunia digital menjadikan startup semakin begitu diminati publik. Sayangnya, sama seperti bisnis-bisnis lainnya, ketika akan menjalankan startup, banyak founder yang terkendala dengan budget terbatas. Budget yang terbatas memang akan membuat founder sulit untuk mengembangkan bisnis, termasuk dalam menjalankan pemasaran. Dalam menjalankan pemasaran, memang founder harus mengeluarkan dana atau anggaran. Tapi jangan khawatir, bila Anda memiliki budget terbatas, maka Anda akan tetap bisa menjalankan pemasaran dengan menerapkan beberapa cara berikut ini.

  1. Bagikan Pengalaman Hidup atau Bisnismu

Cara pertama untuk tetap bisa menjalankan pemasaran startup dengan dana terbatas adalah dengan membagikan pengalaman hidup atau bisnismu. Bila Anda punya kisah hidup dan bisnis yang cukup berarti dan menggugah, maka membaginya akan membuat startup Anda semakin dikenal. Dengan semakin majunya teknologi saat ini membuat Anda punya banyak pilihan dan alternatif tempat atau media untuk membagi pengalaman hidup dan bisnismu. Seperti contoh media untuk membagi pengalaman hidup dan bisnis ini adalah blog, social media, forum, instan messaging dan juga email. Dengan konten yang menarik dan ketekunan Anda membagi pengalaman hidup dan bisnis, maka hal ini bisa menjadi sebuah pemasaran yang efektif. Lalu bagaimana dengan dana untuk melakukan cara ini? Tentu saja Anda hanya membutuhkan jaringan internet yang terbilang murah.

  1. Lakukan Pemasaran Tak Langsung dengan Memberikan Hal Bermanfaat Pada Publik

Saat ini pemasaran memang selalu berfokus dan bertujuan untuk mendatangkan uang atau pendapatan. Hal ini memang wajar-wajar saja bila merujuk startup yang berkonsep bisnis. Namun bila Anda tidak kuat untuk bersaing di marketing yang mengandalkan strategi penjualan langsung, maka Anda bisa mengandalkan strategi pemasaran tak langsung. Strategi pemasaran tak langsung memang begitu efektif untuk dilakukan bagi startup yang memiliki keterbatasan dana. Dengan pemasaran tak langsung, Anda tak perlu membayar space iklan yang mahal, tapi Anda hanya perlu mencari media tak berbayar untuk promosi secara tak langsung. Promosi tak berbayar untuk promosi tak langsung adalah seperti blog dan juga forum online. Jangan lupa saat melakukan teknik ini, selain berpromosi, Anda juga harus bisa menghadirkan sesuatu yang bermanfaat seperti informasi kepada publik.

  1. Bangun Jaringan dengan Para Figur Publik

Anda yang punya jaringan dengan para publik figur, tentu hal ini akan sangat menguntungkan untuk bisnis startup Anda. Pasalnya, dengan jaringan tersebut, Anda akan bisa membuat pemasaran dengan memanfaatkan mereka sebagai bintang iklan. Karena Anda sudah kenal dekat dengan para public figur itu, tentu Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah atau bahkan cuma-cuma untuk mempromosikan startup Anda. Tapi bila Anda memang belum punya jaringan dengan para publik figur ini maka Anda harus berusaha mencari jaringan. Cara untuk bisa membangun jaringan dengan para publik figur ini bisa beragam. Salah satu caranya, Anda bisa memulainya dengan mendekati manager-nya.

  1. Buatlah Konten SEO yang Relevan

Selanjutnya, cara untuk bisa menjalankan pemasaran startup meski dengan budget terbatas adalah dengan membuat konten SEO yang relevan. SEO atau Search Engine Optimization saat ini memang sedang menjadi strategi yang banyak diminati para pebisnis. Dengan mengoptimalkan pencarian di mesin pencari maka bisnis startup bisa makin populer dan juga mendapatkan peminat. Menariknya lagi strategi SEO ini terbilang murah bila dibanding dengan beriklan. Namun untuk bisa mensukseskan strategi ini, Anda harus membuat konten yang relevan. Konten relevan yang berupa artikel ini nantinya akan membantu Anda meningkatkan posisi website startup Anda di pencarian search engine.

  1. Maksimalkan Penyampaian Ide Anda

Terakhir, dengan dana terbatas, cara untuk bisa tetap menjalankan pemasaran startup yang bisa Anda lakukan yakni memaksimalkan penyampaian ide. Tak jarang memang kegagalan dalam mempromosikan produk ini dikarenakan ketidakmaksimalan dalam penyampaian ide. Nah dari sinilah maka saat Anda menerapkan salah satu atau beberapa cara di atas, Anda harus bisa memaksimalkan idemu dengan baik. Sampaikan ide dengan simpel dan juga sesuai ketentuan strategi yang ditentukan. Pastikan juga komunikasi dalam penyampaian ide ini sesuai dengan pangsa pasar atau target pasar bisnis startup Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top