Tips

Buka Bisnis Sekitar Kampus? Ini yang Diperlukan Agar Makin Laris Manis

bisnis-cafe-sekitar-kampus

Berbisnis di sekitar kampus memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para pebisnis. Pasalnya, ramainya daerah kampus membuat peluang untuk meraih omset lebih besar akan semakin terbuka lebar. Tapi sebagai pebisnis seharusnya Anda menyadari bahwa karakteristik konsumen di sekitar kampus akan berbeda dengan konsumen lainnya. Maka dari itu Anda yang membuka usaha di sekitar kampus sudah seharusnya mencermati karakteristik target pasar Anda yakni mahasiswa. Nah berikut ini ada beberapa cara dan hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda di sekitar kampus jadi laris manis dan sukses.

  1. Harga Terjangkau Mahasiswa

Pertama, hal yang diperlukan untuk membuat bisnis di sekitar kampus jadi laris manis adalah harga yang terjangkau. Bagi mahasiswa yang masih belum memiliki pendapatan tetap memang membuat harga menjadi sesuatu yang sangat penting. Meski masih mendapat uang bulanan dari orangtua, tapi mereka pasti disuruh berhemat agar uangnya bisa awet. Jadi ketika akan memutuskan untuk membeli, tak jarang beberapa mahasiswa melakukan survei harga. Bila pun mereka tidak melakukan survei harga maka mereka biasanya akan menanyakan teman tentang tempat yang menjual harga terjangkau. Dari sinilah maka Anda yang membuka bisnis sekitar kampus harus benar-benar mempertimbangkan harga. Jangan sampai membuat mahasiswa jadi merasa berat untuk membeli produk atau jasa Anda. Jika hal ini terjadi maka bisa saja bisnis Anda perlahan jadi merugi dan bangkrut karena sepinya pembeli.

  1. Layanan Delivery Order

Banyak mahasiswa yang saat ini sangat manja hingga kemudian malas keluar untuk membeli sesuatu. Nah dari sinilah sebenarya muncul peluang bagi bisnis di sekitar kampus untuk menghadirkan layanan delivery order. Delivery order sendiri adalah layanan antar kirim produk atau jasa. Layanan ini sendiri bisa berbayar karena ongkos kirim atau tidak. Tapi masalah berbayar atau tidak itu terserah pertimbangan Anda. Tapi pastinya layanan delivery order akan membuat bisnis Anda selangkah lebih maju untuk menarik banyak konsumen di sekitar kampus.

  1. Mudah Dijangkau Tempat Kost

Berikutnya, hal yang perlu diusahakan bagi Anda yang menjalankan bisnis di sekitar kampus agar laris manis adalah kemudahan untuk dijangkau dari rumah kost. Luasnya daerah kampus memang bisa membuat tempat usaha berjarak agak jauh dari rumah kost mahasiswa. Tentu akan sangat disayangkan bila tempat usaha Anda ternyata jauh dari rumah kost mahasiswa. Pasalnya mahasiswa akan juga lebih banyak menghabiskan waktu berada di sekitar rumah kost mereka selain di kampus. Maka dari itu supaya bisnis Anda laris manis maka pastikan tempat usaha Anda mudah dijangkau dari kawasan rumah kost mahasiswa.

  1. Buka 24 Jam

Mahasiswa yang seringkali harus menjalankan kegiatan di kampus atau mengerjakan tugas hingga larut malam, membuat mereka pastinya sangat mendamba bisnis yang buka 24 jam. Saat mereka bisa mendapatkan tempat yang buka 24 jam maka para mahasiswa tadi akan sangat senang. Dan bukan tidak mungkin tempat usaha Anda akan dipromosikan secara langsung oleh mahasiswa yang menyukainya. Untuk itulah Anda yang membuka usaha di sekitar kampus usahakan untuk bisa membuka layanan 24 jam.

  1. Kebersihan dan Kenyamanan

Selanjutnya, hal bisa Anda lakukan pada bisnis sekitar kampus agar laris manis adalah membuatnya selalu bersih dan nyaman. Meski hanya seorang mahasiswa bukan berarti Anda mengacuhkan kebersihan dan kenyamanan tempat usaha Anda. Pasalnya ada beberapa mahasiswa yang suka nongkrong juga membuat mereka membutuhkan tempat yang bersih dan nyaman. Bila Anda mampu menghadirkan kebersihan dan kenyamanan pada tempat usaha maka bukan tudak mungkin Anda bisa meraih sukses dengan bisnis yang laris manis.

  1. Berikan Promo Khusus

Terakhir, hal yang juga bisa Anda usahakan untuk membuat bisnis sekitar kampus laris manis adalah dengan memberikan promo khusus. Promo khusus ini bisa berwujud beberapa macam fasilitas. Anda bisa menghadirkan potongan harga dengan ketentuan tertentu. Promo lain yang bisa Anda hadirkan adalah gratis produk atau layanan tertentu dengan ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk membuat bisnis Anda yang berada disekitar kampus jadi laris manis. Tentu supaya beberapa hal di atas berfungsi maksimal maka Anda sebagai pengusaha harus konsisten menjalankannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top