Peluang Usaha

Buka Usaha Cafe? Ini 5 Hal Bisa Kamu Lakukan Agar Konsumen Selalu Tertarik Datang

cafe

Membuka usaha cafe memang menjadi salah satu opsi yang saat ini banyak dipilih para entrepreneur. Dengan semakin banyaknya peminatnya memang membuat peluang meraih keuntungan yang besar dari usaha cafe menjadi lebih terbuka lebar. Tapi karena saat ini cafe menjamur dimana-mana, membuat tingkat persaingan pada bidang bisnis ini menjadi semakin sengit. Nah dari persaingan yang sengit ini tentu Anda harus bisa mencari jalan keluar atau solusinya. Salah satu solusi yang bisa Anda usahakan agar usaha cafe Anda memenangkan persaingan adalah dengan menciptakan sesuatu yang dapat membuat konsumen datang. Cafe yang merupakan sebuah tempat dengan segala komponennya memang bisa dikreasikan sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian konsumen untuk datang. Nah berikut ini adalah 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat konsumen selalu tertarik datang ke cafe Anda.

  1. Kenyamanan

Hal pertama yang bisa menarik konsumen datang adalah kenyamanan. Sebagai tempat berkumpul dan bersantai sambil menikmati menu, cafe memang harus menghadirkan rasa nyaman. Begitu pentingnya faktor kenyamanan bahkan membuat beberapa cafe yang ada menjadikan unsur nyaman ini sebagai prioritas. Semakin nyaman cafe maka akan membuat pengunjung semakin betah dan puas. Dan saat para pengunjung yang sudah betah dan puas, maka bukan tidak mungkin mereka kemudian merekomendasikan cafe Anda ke teman-temannya. Nah dari sinilah maka cafe Anda yang nyaman pun berkesempatan untuk didatangi oleh banyak konsumen. Untuk membuat cafe menjadi nyaman sendiri ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti menghadirkan tempat duduk yang empuk, mengubah suasana cafe atau juga menghadirkan dekorasi yang enak dan sedap dipandang mata.

  1. Sajian

Dalam bisnis cafe ini Anda tentu juga harus menghadirkan beberapa menu, baik makanan atau minuman. Keberadaan menu atau sajian makanan dan minuman sendiri memang tak bisa disepelekan begitu saja. Sebab, dari sajian tersebut bisa mempengaruhi ketertarikan konsumen. Bila konsumen mendapati sajian yang kurang enak di cafe Anda maka bukan tidak mungkin mereka tak akan kembali datang. Tapi bila sajian makanan dan minuman di cafe Anda terasa enak dan nikmat, maka peluang mendatangkan banyak konsumen jadi terbuka lebar. Mereka yang belum pernah datang akan tertarik saat mendengar orang lain yang sebelumnya memesan sajian di cafe Anda merasakan kepuasan karena rasanya yang enak dan lezat.

  1. Konsep

Berikutnya, hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat banyak konsumen datang ke cafe adalah dengan menghadirkan konsep cafe yang unik. Cobalah untuk mendekorasi cafe dengan tema-tema tertentu atau juga mengkonsepnya dengan hal menarik lainnya seperti cafe instagramable. Dengan menghadirkan konsep tertentu pada cafe maka bukan tidak mungkin membuat banyak konsumen tertarik. Sebab konsumen yang melihat cafe Anda akan jadi lebih antuasias saat konsep yang dihadirkan benar-benar menarik.

  1. Pelayanan

Untuk membuat banyak konsumen datang ke cafe, maka Anda juga tidak boleh melupakan faktor pelayanan. Pelayanan konsumen sendiri memang dibutuhkan dalam bisnis cafe. Sebut saja seperti pelayanan memesan menu atau pelayanan dalam mengantarkan sajian. Bila pelayanan di cafe Anda dinilai buruk oleh konsumen, maka hal ini akan memuat masa depan bisnis Anda menjadi suram. Sebab, pelayanan buruk bisa menjadi malapetaka bisnis bila kemudian diceritakan oleh konsumen yang merasakan buruknya pelayanan di cafe Anda kepada orang lain.

  1. Fasilitas

Terakhir, hal yang harus Anda lakukan untuk membuat konsumen tertarik datang ke cafe adalah dengan menghadirkan fasilitas lengkap. Saat konsumen nongkrong di cafe maka beberapa fasilitas seperti wifi, musholla, area parkir, kamar mandi, WC hingga kantin memang perlu disediakan agar mereka betah dan puas. Nongkrong di cafe yang bisa berlangsung lama bagi seseorang membuat beberapa fasilitas yang telah disebutkan sebelumnya menjadi sangat penting. Ketika pengunjung cafe Anda merasakan kepuasan karena fasilitas yang lengkap maka mereka tidak akan ragu untuk datang lagi dan lagi. Bahkan bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan cafe Anda pada orang lain. Ketika cafe Anda banyak direkomendasikan, maka konsumen yang lain akan bergantian datang ke cafe.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top