Lainnya

Butuh Co-Working Space untuk Bisnis Anda? Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Memilih

memilih co-working space

Saat ini pilihan untuk mendirikan kantor memang menjadi sesuatu yang sangat menjadi pemikiran yang sulit. Dengan harga tanah atau sewa yang sangat mahal, menjadikan para pebisnis menjadikan co-working space sebagai opsi dan alternatif. Dengan co-working space, pebisnis memang bisa bekerja dengan leluasa tanpa perlu mempertimbangkan harag mahal dari sebuah kantor. Untuk para perintis dengan keterbatasan dana, co-working space jelas menjadi pilihan yang tepat untuk menjalankan usaha. Tapi karena saat ini co-working space ini ada banyak pilihannya, maka kita harus pandai memilih co-working space yang tepat. Nah berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang bisa Anda jadikan pedoman saat akan memilih co-working space.

  1. Lokasi Co-working Space

Hal pertama yang perlu Anda jadikan pertimbangan saat memilih co-working space yakni lokasi. Agar Anda mendapat dukungan yang baik dan produktif dalam menjalankan bisnis maka Anda harus memilih co-working space yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Pastikan juga co-working space ini berada di lokasi yang mudah dijangkau dan strategis. Sebab bila lokasi co-working space ini susah dijangkau meksi jarak dekat, Anda akan sulit untuk mengaksesnya dengan kendaraan bila sedang dibutuhkan. Jangan lupakan juga daerah sekitar co-working space yang mendukung kegiatan kerja Anda. Dukungan dalam kegiatan kerja di sekitar co-working space ini bisa berwujud tempat makan, tempat ibadah, tempat belanja dan lain sebagainya.

  1. Fasilitas Penunjang

Setiap co-working space bisanya memiliki fasilitas yang dihadirkan untuk setiap orang yang datang. Tidak hanya fasilitas yang mendukung pekerjaan, tapi co-working space pastinya juga menghadirkan fasilitas untuk kegiatan lainnya. Beberapa fasilitas pendukung yang penting untuk diperhatikan saat memilih co-working space yaitu AC, ruang rapat,koneksi internet yang cepat, loker pribadi serta mesin fotocopy atau printer. Tapi bila co-working space memberikan fasilitas pendukung yang lebih banyak lagi tentu akan semakin menguntungkan Anda. Pasalnya semakin lengkap fasilitas yang ada pada co-working space, hal tersebut akan semakin membuat Anda lebih produktif dalam bekerja mengembangkan bisnis.

  1. Suasana Lingkungan

Untuk bisa bekerja dengan produktif maka kenyamanan sebuah tempat, termasuk co-working space tentu sangat penting untuk diperhatikan. Sebab bila Anda bekerja di tempat yang tidak nyaman maka pastinya Anda tidak bisa bekerja dengan optimal. Maka dari itu Anda tidak bisa main-main lagi terhadap kenyamanan di co-working space ini. Suasana nyaman dari co-working space bisa kita dapati dari beberapa hal seperti adanya pendingin ruangan (AC), meja dan kursi yang nyaman, penerangan yang baik, desain ruangan yang sedap di pandang serta juga ketenangan suasananya.

  1. Komunitas Pengguna

Dalam co-working space pastinya akan ada beberapa orang yang datang dan bekerja di sana. Nah dari sini Anda yang ingin menjadi pebisnis hebat, tak boleh melupakan orang-orang yang datang ke sana. Anda harus mengetahui siapa saja orang-orang tersebut. Pastikan Anda saling berkenalan untuk bisa menjalin relasi bisnis. Bagi pebisnis, relasi atau jaringan bisnis ini memang sesuatu yang sangat penting. Nah dari sinilah Anda harus memanfaatkan keadaan di co-working space ini tidak hanya untuk ruang bekerja saja, tapi juga untuk juga menjalin relasi bisnis seluas-luasnya.

  1. Pelayanan Manajemen

Sebuah co-working space pastinya ada manajemen yang mengelolanya. Dalam pengelolaan manajemen terhadap co-working space ini bisa memiliki dampak pada kualitas pelayanannya. Nah sebagai pebisnis yang tak ingin sia-sia saat menyewa co-working space maka Anda juga perlu memperhatikan dan mempertimbangkan pelayanan pihak manajemen. Pastikan pelayanan mereka pada Anda sebagai pengguna co-working space terasa memuaskan. Pelayanan manajemen co-working space sendiri bisa kita lihat dari beberapa hal seperti keramahan, respon terhadap keluhan atau juga pelayanan tambahan lainnya yang dihadirkan.

  1. Biaya Sewa

Terakhir, hal yang perlu Anda pertimbangkan saat akan menyewa co-working space untk tempat bekerja adalah biaya sewa. Ya, untuk menggunakan ruang di co-working space ini Anda memang akan dikenai biaya sewa. Nah dari semua yang dihadirkan pihak manajemen co-working space, Anda harus bisa menilai kelayakannya dengan harga sewa yang ada. Bila biaya sewa yang ditawarkan tidak sebanding dengan apa yang Anda dapatkan maka tentunya lebih baik mencari co-working space lainnya. Tapi jika memang sebanding, maka Anda bisa memilihnya sebagai tempat mengembangkan bisnis.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top