Bisnis Online

Cara beli Reksa Dana Secara online

Cara beli Reksa Dana Secara online – Saat ini saham merupakan salah satu bentuk investasi yang diminati oleh beberapa kalangan. Mungkin bagi beberapa kalangan, Reksadana merupakan kata yang asing untuk didengar. Reksadana adalah bentuk produk investasi pada pasar modal yang cukup mudah dilakukan bagi para pemula. Hal ini bisa dipilih bagi anda pemula yang ingin memiliki investasi yang memberikan keuntungan lumayan dengan modal kecil dan tetap bisa dinikmati dalam jangka waktu panjang.

Modal kecil yang dikatakan sumber diatas adalah kita bisa berinvestasi dimulai dengan Rp. 100.000,-  –  Rp. 500.000,- bagi anda pemula. Reksadana merupakan salah satu investasi yang paling beresiko diantara investasi lainya. Akan tetapi apa yang kita hasilkan nantinya dari Reksadana ini juga paling besar diantara investasi lainnya.

Maksud dari modal kecil diatas lebih merujuk pada definisi jika kita memulai investasi dengan angka Rp. 100.000,- maka mungkin kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meraup keuntungan. Beberapa orang awam memulai investasi dengan angka Rp. 100.000,- sebagai pemantau perkembangan saham awal bagi pemula atau juga bisa dikenal dengan stategi coba-coba. Jika dilihat, dengan modal sebesar 100 ribu maka jika terjadi kegagalan investasi maka kita tidak akan mendapat resiko kehilangan dalam jumlah besar.

9673_daftar-reksa-dana-di-bareksa-com-bareksa-alfin-to___r

Bagi para awam, jika ingin berinvestasi menggunakan Reksadana maka kita bisa bermain sendiri atau menggunakan jasa menejer investasi. Inilah mengapa investor tidak perlu ahli dalam bidang perinvestasian karena mereka dapat menggunakan jasa ahli untuk memantau investasinya.

Manager investasi ini merupakan ahli yang dipekerjaakan oleh investor. Jika dalam prosesnya kinerjanya menejer invesatsi tidak memuaskan dan tidak sesuai dengan harapan, maka investor bisa mengganti dengan jasa menejer lainnya. Kendati demikian, pemilik saham juga harus paham akan beberapa hal penting mengenai saham tersebut agar tetap dapat memantau sendiri saham yang dimiliki.

Cara berinvestasi dengan Reksa dana hampir sama dengan cara investasi pada saham lainnya. Konsep yang di tawarkan adalah ketika saham turun, maka itulah saat kita harus membelinya. Ketika saham naik maka saat itulah kita bisa menjualnya. Akan tetapi kita juga harus bisa memprediksi bagaimana perjalanan naik-turunya saham tersebut agar kita tidak salah dalam menanamkan investasi. Belum lagi tanggungan beberapa potongan yang harus dibayarkan ketika ketika selsai menjual saham. Reksadana lebih disarankan untuk invesatasi jangka panjang.

Cara untuk membeli reksadana secara online

Sebelum masuk dengan cara membeli Reksadana secara online, mari kita pahami maksud online tersebut. Dalam pembelian Reksadana maksud online tersebut ialah pembelian melalui internet, bukan melalui anjungan tunai mandiri (ATM).

Pada tahun 2010 Bank Commonwealth merupakan bank pertama yang menggawangi adanya penjualan Reksadana secara online di Indonesia. Cara ini dilakukan karena sebelumnya saat membeli reksa dana, investor harus datang ke kantor cabang bank yang bersangkutan untuk mengisi formulir dan dokumen terkait. Saat ini dengan sistem online para calon investor hanya perlu mengisi data melalui internet saja. Meskipun tetap harus datang ditransaksi pertama, namun pada kegiatan berikutnya dapat dipantau secara online.

Setelah terkenalnya beli online reksadana yang dipelopori Bank Commonwealth pada tahun 2010, IPOT Fund juga muncul pada tahun 2014 dengan mengusung sistem supermaket Reksadana. Prosedur untuk pembelian di supermarket Reksa dana adalah Pertama kita harus membuat rekening di Bank Commonwealth.

daftar-ipotfund2

Kemudian dengan biaya setoran awal sebasar 500 ribu maka kita dapat membeli saham Reksa dana yang tentunya disesuaikan dengan jumlah setoran awal dikurangi saldo yang harus disisakan pada rekening anda. Kedua kita bisa membeli Produk supermarket Reksa dana dari Indo Premier Securities yang terkenal memiliki pengalaman baik dikalangan investasi di Reksa Dana Online di IPOT Fund.

Keduanya memang memiliki keunggulan dibidang penjualan online, namun yang membedakan IPOT Fund dengan Bank Commonwealth adalah pada IPOT Fund tidak diperlukannya pembayaran biaya tambahan seperti pada Bank Commonwealth seperti yang disebutkan diatas.

Jaringan internet saat ini yang menjadi alat untuk memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi juga tentu memudahkan anda dalam memulai investasi. Cara yang mudah dan modal yang terjangkau maka anda tidak perlu berfikir berlipat untuk memulainya, bukan ?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: