Keuangan

Cara Bijak Menggunakan Gaji Pertama

Cara Bijak Menggunakan Gaji Pertama – Menerima gaji untuk pertama kalinya adalah hal yang istimewa bagi setiap orang setelah bertahun-tahun bergantung pada orang tua. Namun penting untuk mengatur gaji pertama anda untuk membentuk pola pengeluaran anda kedepannya. Selain memanjakan diri dengan membeli barang yang anda suka,berikut beberapa cara bijak untuk mengunakan gaji pertama anda

  1. Investasi sejak dini

Menyisihkan penghasilan untuk investasi membutuhkan disiplin dan latihan. Mulai saja dengan jumlah yang lebih kecil, misalnya 10 persen dari gaji anda jika gaji anda 3 juta per bulan anda harus bisa menyisihkan 300 ribu untuk ditabung atau bisa juga alokasikan sejumlah dana beberapa ratus ribu dari jumlah gaji yang anda terima. Semakin awal anda memulai, akan semakin baik sebab anda memiliki keuntungan bunga jangka panjang. Pilih saja yang sesuai dengan kemampuan yang anda miliki, bisa cicilan logam mulia atau reksadana, bisa juga dengan membeli asuansi, meski perusahaan anda menyediakan asuransi kesehatan, anda harus tahu kalau fasilitas tersebut hanya berlaku selama anda bekerja dipersahaan tersebut. Berinvestasi pada asuransi kesehatan yang mencakup perlindungan penyakit kritis sangat dianjurkan, karena ini berarti anda tetap terlindungi meski tidak lagi bekerja disuatu perusahaan. Semakin cepat anda memulai semakin kecil premi yang harus anda bayar

  1. Disiplin menabung sejak awal

Konsepnya sama dengan investasi, anggap sebagai latihan tidak perlu jumlah yang besar . Triknya, sisihkan sejumlah uang saat saat anda menerima gaji, Intinya, menabung bukan untuk menjadi kaya, tapi memiliki jumlah uang yang dibutuhkan saat kondisi keuangan sedang tidak baik. Mungkin kalau jumlahnya makin besar anda bisa membeli barang mewah melalui dana yang tersisih ini. Dengan begitu, anda tidak akan dipusingkan dengan cicilan bulanan.

Buat rekening khusus untuk menabung, pilih bank dengan potongan biaya administrasi yang rendah dan bila perlu tidak usah memakai ATM, misal anda bisa membuat dua macam rekening dengan bank berbeda untuk membantu anda mengelola gaji anda. Anda bisa mengunakan rekening bulanan yang biaya administrasinya rendah dan tidak memiliki fasilitas kartu ATM. Tanpa potongan bulanan yang mencekik uangmu bisa bertahan dengan nominal aslinya dalam jangka waktu yang lama, sedangkan tanpa fasilitas kartu ATM, akan membantu anda untuk tidak sewaktu-waktu menarik uang tabungan.

  1. Hitung kebutuhan pokok yang harus dipenuhi

Gaji yang anda terima juga harus bisa mencukupi hingga akhir bulan. Hitung kebutuhan seperti transport, makan atau biaya sewa tempat tinggal (jika memang harus kos) dengan membuat anggaran bulanan karena langkah ini merupakan langkah yang baik supaya bisa mengendalikan pengeluaran anda. Hal pertama yang harus anda tuliskan direncana pengeluaran adalah anggarn menabung.

Selain menetapkan anggaran anda juga perlu mencatat dan mengumpulkan nota belanja setiap anda berbelanja kebutuhan. Hal ini akan membantu mengendalikan besaran pengeluaran serta menekan keinginan untuk membeli hal-hal yang tidak perlu, Ini harus dihitung dengan cermat, pastikan jumlah tersebut tidak terpakai untuk hal lain. Jika tidak anda akan terpaksa mencari pinjaman atau meminta uang kembali kepada orang tua. Namun jika membuat anggaran dirasa kurang cukup kuat untuk mengendalikan pengeluaran anda bisa memberi target pengeluaran mingguan, dengan metode ini anda hanya mengisi dompet dengan uang yang besarannya sesuai dengan target mingguan. Hal ini bisa membantu anda untuk semakin hemat karena anda secara tidak langsung merasa bahwa uang yang anda miliki hanyalah uang yang ada didompet saja.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: