Tips

Cara Hemat Menurunkan Berat Badan Agar Badan dan Keuanganmu Tetap Seimbang

Berat badan masih menjadi problematika masyarakat saat ini. terlebih kemajuan teknologi menunjang seseorang untuk malas bergerak.  Alhasil tak hanya penampilan tubuh anda yang berubah namun juga resiko terkena beragam penyakit berbahaya. Jika anda tak menjaga berat badan tak bersikap acuh maka ada banyak kerugian yang akan anda dapatkan. Resiko terkena penyakit jantung, diabetes hingga stroke harus rela anda hadapi. Tak hanya itu saja anda yang berlebihan dalam mengkonsumsi makanan akan berdampak pula pada keuangan yang dimiliki. Budget konsumsi bisa saja overload dan membuat neraca keuangan yang dimiliki jadi tidak seimbang bahkan defisit. Nah, untuk itu ada baiknya anda mencermati beberapa trik berikut ini untuk menurunkan berat badan tanpa harus berlebihan dalam menggunakan uang.

Kurangi Porsi Makan Sedikit Demi Sedikit

Cara yang paling sederhana ialah dengan mengurangi porsi makan anda. Tak perlu mengurangi porsi makan dalam jumlah yang banyak pada pertama kali percobaan. Lakukanlah perlahan agar anda menjadi terbiasa dengan kebiasaan ini. Dengan mengurangi porsi makan ini anda sekaligus bisa mengurangi sedikit demi sedikit budget untuk konsumsi sehari-hari.

Banyaklah Minum Air

Air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh namun juga penampilanmu sehari-hari.  Berdasarkan riset yang dilakukan di Inggris menyatakan bahwa 500 ml atau setara dengan dua gelas setiap sebelum makan pagi, siang atau malam akan mampu mengurangi berat badan sebanyak 1 kilogram perhari. Dalam tubuh anda kandungan air lebih banyak ketimbang zat lainnya sehingga manusia lebih tidak tahan dehidrasi ketimbang kelaparan. Apalagi harga segelas air tidak seberapa dibandingkan junk food yang biasa anda jadikan camilan.

Rajin Berpuasa

Puasa juga sangat membantu tubuh untuk menjaga kolesterol dalam tubuh. Puasa juga berguna untuk menurunkan berat badan yang berlebihan.  Jangan lupakan untuk sahur dan buka puasa di waktu yang tepat agar terhindar dari penyakit maag. Jangan berpuasa setiap hari karena tidak baik juga untuk tubuhmu. Anda bisa melakukan puasa Senin dan Kamis secara rutin.

Perbanyak Jalan Kaki

Selain menjaga pola makan anda juga perlu melakukan olahraga. Tak perlu hingga ke gym karena banyak olahraga ringan yang bisa anda lakukan di rumah dan tidak menghabiskan banyak dana. Anda bisa berjalan kaki sekitar 30-45 menit setiap paginya atau melakukan yoga di rumah. menurut Harvard School of Public menyatakan bahwa melakukan jalan kaki 30 menit dapat mengurangi  resiko terkena penyakit jantung.  Yoga juga bisa dilakukan dimana saja bahkan diatas tempat tidur. Anda bisa menyimak  tutorial yoga melalui platform jejaring social Youtube secara gratis.

Sering Membuat Menu Diet Sendiri

Ketimbang anda membeli makanan di luar mending buat masakan anda sendiri. Memasak sendiri bisa menjamin gizi dan kualitas makanan yang anda konsumsi. Selain itu tindakan ini juga bisa menghemat biaya pengeluaranmu khususnya untuk konsumsi. Anda bisa melakukan diet daging untuk menurunkan berat badan yang mana membatasi konsumsi daging yang masuk dalam tubuh.

Jangan Lupa Untuk Istirahat Yang Cukup

Cara hemat untuk menurunkan berat badan yang terakhir ialah istirahat yang cukup. Dengan tidur yang cukup tak hanya kebugaran tubuh saja yang terjaga namun juga kesehatan emosionalmu. Anda jadi lebih berkonsentrasi dan fokus atas apa yang dikerjakan. Setelah melihat cara hemat diatas tentu untuk berdiet tanpa harus mengeluarkan uang tak akan sulit dilakukan, bukan?

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top