Tips

Cara Jitu Memulai Bisnis Makanan Secara Online dan Offline Agar Laris Manis, Coba Yuk!

Berbicara soal makanan, memang tidak akan pernah ada habisnya. Karena, makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang pasti akan selalu dicari setiap harinya. Melihat besarnya kebutuhan manusia terhadap makanan, maka hal ini akan sangat menguntungkan jika dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Apalagi, di era sekarang ini semakin banyak orang memilih santapan diluar yang unik dan lezat dibandingkan memasak di rumah. Selain memasak lebih merepotkan, memasak juga lebih membutuhkan proses yang lama. Oleh karena itu, banyak orang lebih memilih makan di luar karena tidak perlu menunggu lama-lama makanan yang diinginkan. Nah, bagi Anda yang tergiur memulai bisnis makanan. Yuk, simak cara jitu memulai bisnis makanan secara online dan offline agar laris manis berikut ini!

  1. Mempersiapkan Modal Usaha

Cara jitu pertama, untuk memulai bisnis makanan secara online maupun offline adalah mempersiapkan modal usaha. Modal adalah hal yang paling penting dan harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis. Apabila Anda baru memiliki modal awal yang nilainya sedikit, maka Anda bisa coba memulai usaha dalam skala kecil terlebih dahulu. Untuk menambah modal usaha, Anda bisa meminjam kepada koperasi atau bank. Namun, sebaiknya tetapkan dulu jumlah besaran yang akan dipinjam agar nanti tidak terjadi kelebihan dana yang terlalu besar atau bahkan dana yang diperoleh kurang dari yang diperlukan. Jika sudah memperoleh modal dari koperasi atau bank, Anda juga harus mengatur pemasukan dan pengeluaran dalam catatan yang tersusun rapi. Sehingga, Anda bisa mengatur keuangan untuk dana pengembalian modal. Apabila Anda memiliki modal untuk usaha yang cukup besar, maka bisa memulai bisnis makanan dalam skala yang besar.

  1. Memilih Lokasi yang Strategis Sebagai Tempat Usaha Makanan

Setelah modal terkumpul, selanjutnya pilihlah lokasi yang strategis sebagai tempat dimana usaha makanan Anda dijalankan. Sebab, lokasi yang strategis menjadi faktor yang sangat penting untuk menunjang usaha Anda agar bisa laku keras penjualannya. Lokasi strategis yang dimaksudkan yaitu lokasi yang berada di tempat ramai, dimana banyak orang berlalu lalang di lokasi tersebut. Selain itu, lokasi yang dituju haruslah lokasi yang mudah dijangkau oleh banyak orang. Dengan demikian, peluang usaha makanan Anda akan terjual lebih besar.

  1. Menentukan Menu Makanan Andalan

Jenis menu yang disajikan juga menjadi salah satu poin penting dalam penjualan usaha makanan. Semakin menu yang ditawarkan enak dan banyak variannya, maka akan semakin besar juga peluang Anda mendapatkan pelanggan yang berkunjung bahkan hingga menjadi langganan. Selain rasanya enak, menu yang disajikan juga harus memiliki kelebihan lain atau keunikan serta memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan makanan yang dijual oleh pengusaha makanan lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan jenis makanan yang akan disajikan.

  1. Memilih Suplier Sebagai Pemasok Bahan Baku Makanan

Untuk menentukan jenis makanan, Anda tentu akan membutuhkan suplier yang tepat sebagai pemasok bahan baku makanan usaha. Karena, kualitas bahan baku yang akan digunakan untuk membuat makanan sangatlah penting diperhatikan. Dengan menggunakan bahan baku yang tepat dengan kualitas baik, tentu akan menghasilkan makanan yang enak juga. Oleh karena itu, pilihlah suplier bahan baku yang baik dan bila perlu harganya relatif murah namun memiliki kualitas yang baik. Jangan lupa, jalin juga ikatan yang baik dengan suplier tersebut agar Anda bisa memperoleh prioritas saat mendapatkan barang yang langka dipasaran.

  1. Menentukan Target Pemasaran

Berikutnya, tentukan target pemasaran yang sesuai dengan jenis makanan yang Anda jual. Jika harga makanan dibandrol dengan harga murah namun ternyata tidak sesuai dengan selera kebanyakan orang, maka ini akan membuat makanan Anda tidak laku bukan? Oleh karena itu, sesuaikan antara harga dan selera para pembeli agar target pemasaran bisa tercapai sesuai dengan yang ditentukan.

  1. Mempromosikan Usaha Makanan

Terakhir, cara jitu untuk memulai bisnis makanan secara online dan offline agar laris manis adalah mempromosikan usaha makanan yang sedang dijalankan. Anda bisa mulai mempromosikan dari mulut ke mulut kepada teman-teman atau kerabat terlebih dahulu. Kemudian, promosikan usaha makanan Anda melalui media sosial secara berkala dengan sangat unik yang bisa membuat para calon pembeli berminat membeli makanan dan minuman usaha Anda. Selain akan lebih dikenal oleh banyak orang, melalui teknik promosi juga akan membuat usaha Anda sukses laku terjual.

Nah, itulah cara jitu memulai bisnis makanan secara online dan offline agar laris manis. Jika Anda tertarik untuk menekuni usaha tersebut, silahkan coba cara-cara di atas dengan baik. Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top