Lainnya

Cara Jual Beli Emas Online

Cara Jual Beli Emas Online – Sebagian orang yang memilih emas sebagai alat investasinya. Hal ini karena nilai dan harga emas lebih stabil. Investasi dalam bentuk emas termasuk memiliki resiko yang rendah dan dapat dikelola dengan mudah walau investor tidak memiliki kemampuan menilai pasar uang. Cara jual beli emas juga saat ini juga telah sampai ranah online. Dalam proses jual beli emas secara online ada yang dikenal dengan nama trading.

Kelebihan trading emas online adalah anda tidak perlu takut tidak ada pembeli. Ada jutaan orang diseluruh dunia yang juga merupakan trading emas yang siap menjual dan membeli emas setiap waktu sesuai dengan harga yang diinginkan. Anda hanya perlu duduk di depan komputer anda maka anda sudah bisa melakukan transaksi jual beli. Jika pada menit ini anda membeli, bisa saja satu menit ke depan anda menjualnya.

Keuntungan lainnya dari trading emas ini kita tetap bisa untung saat harga emas naik dan juga saat harga turun. Bagaimana bisa? Jika untung saat harga naik mungkin normal, namun untung saat harga turun tentu merupakan hal yang menarik untuk ditelisik. Penjelasannya sebagai berikut :

Diibaratkan kita saat ini memiliki emas 1 gram. Harga emas saat itu Rp 500 ribu/gram. Pemilik emas 1 gram tersebut memprediksi bahwa besok harga emas akan turun. Agar tetap bisa untung ketika harga emas turun yang perlu dilakukan adalah meminjam emas 1 gram. Kemudian setelah meminjam, kita jual dengan harga Rp 500 ribu. Saat ini anda telah memegang uang sebesar Rp 500 ribu.

Kemudian prediksi anda benar bahwa keesokan harinya harga emas memang turun menjadi Rp 450 ribu/gram. Hal yang harus anda lakukan selanjutnya anda tinggal membeli emas dengan harga Rp 450 ribu tersebut dan mengembalikannya kapada orang yang anda pinjami emas sebelumnya. Maka anda sudah mendapat untung Rp 50 ribu dari selisih pinjam-jual-beli yang anda lakukan. Mungkin terdengar peminjaman emas sedikit tidak biasa, namun hal ini biasa dalam dunia trading emas.

Selain seperti cara diatas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli dan menjual emas. Berikut beberapa tips atau cara membeli emas yang benar dan aman.

Cek harga Emas Batangan – Sebelum membeli emas pastikan anda mengetahui harga emas yang akan anda beli. Standar harga emas akan dikeluarkan oleh ANTAM. Tidak masalah ketika anda memilih tempat lain untuk melihat harga emas, namun pastikan sudah terpercaya, memiliki kredibilitas tinggi apalagi untuk pembelian online.

Beli dari tempat yang terpercaya – Walaupun sudah dikatakan ANTAM adalah tempat memebeli emas yang aman namun terkadang masih ada yang membeli diluar itu. Hal ini karena dirasa harga emas di ANTAM lebih mahal. Jika anda memang memilih tempat lain yang dirasa lebih murah akan lebih baik beli di tempat yang sudah terpercaya.

Sertifikat – Jika anda membeli emas pastikan kesesuaian berat, kadar emas dan nomor batch yang tercetak di sertifikat. Pastikan anda menyimpan fisik emas dan sertifikatnya ditempat yang aman karena jika sertifikatnya hilang akan mempengaruhi harga jual emas. Apalagi pasar emas Indonesia lebih menyukai emas dengan sertifikat ANTAM resmi.

Itu adalah tips untuk membeli emas, sedangak tips atau cara menjual emas agar tetap menguntungkan adalah sebagai berikut :

Cek harga emas – Hampir sama dengan cara membeli, cara menjual juga hampir sama. Anda harus memastikan harga jual kembalinya (buy back) lebih tinggi dari harga emas yang tertera di faktur saat anda membeli.

Cari BuyBack terbaik – Setelah mengetahui harga standar di ANTAM, anda harus mencari toko emas yang menawarkan harga buy back lebih tinggi dari ANTAM itu sendiri. Anda bisa mengecek dengan mengunjungi tokonya langsung, secara online atau mengunjungi toko emas di mall yang biasanya menawarkan buy back tinggi.

Situs penjualan emas online terpercaya

Pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu tempat yang paling banyak dipilih oleh orang-orang yang berniat untuk melakukan investasi dalam bentuk emas. Pagadaian juga memberikan kemudahan untuk melakukan pembelian secara online. Melalui situs resminya di pegadaian.co.id kita dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi dan ketentuan terkait dengan pembelian dan juga penjualan emas pegadaian melalui situs tersebut.

ORORI

Banyak hal yang mendasari ORORI sebagai toko emas online terpercaya antara lain emas dan berlian yanag djual memiliki spesifikasi F color. F color memiliki kualitas emas terbaik karena memancarakan cahaya secara sempurna. ORORI juga memberikan fitur BuyBack tukar tambah. ORORI juaga memberikan after sales service yang meliputi krom, poles hingga cuci perhiasan. Anda bisa membuka situsnya di www.orori.com

ANTAM

Lebih dari 90% customer dari ODNV melakukan transaksi pembelian emas Antam secara online karena kepraktisan, kenyamanan dan keamanannya. Tidak hanya di JABODETABEK, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, MALUKU, Jawa dan Bali menjadi wilayah jangkauan pengiriman emas ANTAM. Pemesanan bisa dilakukan dengan menghubungi call center 0816 1740 5922 (call only) atau 0823 0230 9194 (sms) dalam jam transaksi senin – jumat 09.00 -16.00 wib.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: