Tips

Cara Membangun Identitas Bisnis Agar Semakin Berciri Khas dan Berkarakter Kuat

membangun-identitas-bisnis

Identitas memang sangat penting bagi sebuah bisnis untuk perkembangan dan juga keberlangsungannya. Dengan identitas maka sebuah bisnis akan akan mudah dikenal publik. Jika publik sudah gampang mengenali produk Anda, maka hal ini akan membuat penjualan akan lebih cepat dilakukan. Ciri bahwa sebuah produk sudah terbangun identitasnya adalah mudah ditebak namanya meski nama pada kemasannya ditutup. Tentu Anda sebagai pengusaha sangat mendambakan bisnis Anda mudah dikenali masyarakat kan. Nah untuk Anda yang memang mendamba usaha Anda mudah dikenal maka Anda harus membangun identitas bisnis yang kuat dan berkarakter. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

  1. Siapkan Nama Brand atau Merk yang Pas

Pertama, cara yang harus Anda lakukan agar dapat membangun identitas bisnis yang kuat dan berkarakter adalah dengan menyiapkan nama brand atau merk yang pas. Sebuah bisnis dengan produk yang dihasilkan memang perlu sebuah nama brand agar dapat dikenal. Namun untuk menetapkan nama brand yang berkarakter Anda tidak bisa sembarangan membuatnya. Anda harus menyesuaikan nama brand dengan produk dan karakteristiknya. Jika perlu Anda harus melakukan survei dulu untuk mengetahui respon pasar. Hal yang tak kalah penting untuk Anda lakukan adalah melakukan riset. Riset ini dilakukan agar nama brand yang Anda pilih memang belum ada yang memakainya.

  1. Buat Logo yang Tepat

Setelah mendapatkan nama brand yang pas, maka langkah selanjutnya untuk membangun identitas bisnis adalah membuat logo. Sama seperti menentukan nama brand, pembuatan logo harus dilakukan dengan seksama agar identitas bisnis Anda benar-benar terbangun dengan baik. Bila Anda tidak memiliki kemampuan desain saat membuat logo maka Anda bisa menyerahkan pekerjaan Anda ke ahlinya. Begitu pentingnya logo bisnis tersebut maka seharusnya Anda tidak perlu ragu untuk menyerahkan pekerjaan membuat logo bisnis ini pada ahlinya.

  1. Konsisten dengan Warna

Ternyata warna juga dapat menetukan kekuatan identitas bisnis Anda. Coba saja lihat brand-brand bisnis yang sudah besar. Pasti mereka memiliki warna khusus yang menjadi identitasnya. Maka dari itu Anda  yang ingin membangun identitas bisnis yang kuat dan berkarakter, haruslah konsisten menggunakan satu warna untuk seterusnya. Anda memang bisa mengkombinasi lebih dari satu warna, tapi cobalah untuk menentukan satu warna utama dan dominan untuk identitas bisnis Anda. Bila Anda bisa konsisten dengan penggunaan warna tertentu untuk bisnis Anda secara terus-menerus maka identitas Anda akan perlahan terbangun dengan lebih kuat dan berkarakter.

  1. Buat Kemasan yang Berkarakter

Kemasan atau packaging memang hal yang dibutuhkan untuk sebuah produk bisnis. Tapi untuk membuat kemasan untuk produk bisnis ini tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ini karena kemasan atau packaging mampu menentukan identitas bisnis Anda. Lalu bagaimana membangun identitas bisnis berdasarkan kemasan? Konsepnya sama seperti warna, Anda harus membuat kemasan yang berkarakter dan juga konsisten menggunakannya. Dengan penggunaan kemasan yang berciri khas dan konsisten maka produk bisnis Anda akan mudah dikenali. Nah, ketika produk bisnis Anda mudah dikenali dari kemasannya, maka itu artinya identitas bisnis Anda sudah terbangun dengan baik. Bila pun disuatu waktu Anda berencana mengubah kemasan, pastikan bagian inti kemasan tidak Anda ubah agar identitas bisnis tetap mudah dikenali dan berkarakter.

  1. Ciptakan Keunikan Pada Produk

Menciptakan keunikan pada produk juga dapat menghadirkan identitas bisnis yang kuat. Produk yang unik sendiri dapat dihadirkan dari beberapa hal seperti rasanya, bentuknya, konsepnya dan lain sebagainya. Untuk melakukan keunikan pada produk bisnis ini bisa dilakukan dengan mengkhususkan diri pada unsur tertentu, misalnya nasi goreng spesial ati atau keripik singkong spesialis pedas, dan lain sebagainya. Semakin unik dan berbeda produk Anda dengan brand bisnis lainnya, maka akan semakin kuat identitas bisnis yang sedang Anda bangun.

  1. Pemasaran yang Unik

Terakhir, cara membangun identitas bisnis agar semakin berciri khas kuat dan berkarakter adalah dengan menciptakan pemasaran yang unik. Bila Anda tidak bisa menciptakan beberapa hal di atas, maka cara membangun identitas yang satu ini juga terbukti efektif untuk sebuah bisnis. Lihat saja contoh produk seperti Brownies Amanda dan Kripik Maicih yang dijual hanya di mobil-mobil mewah oleh para resseler-nya. Promosi dan pemasaran unik seperti ini tentu akan mengundang perhatian publik sehingga mudah dikenal dan diingat oleh publik. Dengan begitu, identitas bisnis pun sudah terbangun.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top