Keuangan

Cara Mengenalkan Buah Hati Bagaimana Mengatur Uang Mereka Sendiri

Kebiasaan mengatur keuangan adalah suatu hal yang tidak semua orang dapat melakukannya. Diperlukan keterampilan, kesabaran dan keuletan dalam mengatur keuangan. Terkadang kebiasaan mengatur keuangan ini juga merupakan sebuah prinsip hidup hemat bagi sebagian orang. Oleh karena itu, jika dalam diri kita telah tertanam prinsip hidup hemat. Maka ada baiknya, kebiasaan mengatur keuangan dengan baik  dapat dikenalkan pada buah hati kita.

Jika buah hati dapat mengenal bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan benar sejak kecil, maka nantinya saat dewasa ia akan terbiasa hidup hemat. Anda tidak akan khawatir lagi nantinya buah hati anda pada saat menginjak usia dewasa menjadi pribadi yang konsumtif. Berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk mengenalkan buah hati mengatur keuangan mereka sendiri:

  1. Tabungan Celengan

Cara yang paling mudah yang dapat anda terapkan yaitu mengenalkan buah hati anda dengan tabungan celengan. Mulailah membelikan si kecil dengan celengan berbentuk kharakter yang mereka sukai. Cara ini paling ampuh, sebab buah hati akan lebih menyukai menabung dengan semangat jika ia memiliki celengan yang berbentuk kharakter yang mereka sukai.

Saat anak mulai menyukai kebiasaan menabung, anda dapat mengawasi dan memantau setiap hari. Nantinya setelah celengan tersebut penuh, anda dapat mengajarkan buah hati anda untuk membuka hasil tabungan mereka. Hasil tabungan si buah hati dapat digunakan untuk membeli apa yang perlu dibutuhkan mereka atau hal yang ingin mereka beli. Biarkan secara terus-menerus kebiasaan seperti ini sampai mereka menginjak remaja.

  1. Tabungan Rekening

Cara kedua ini bisa dikatakan sebagai lanjutan cara pertama. Sebagai orang tua, ada baiknya juga mengajarkan anak cara menabung di bank yang baik dan benar. Jika anak telah menginjak remaja, buatkanlah rekening sendiri untuk ia menyimpan uangnya. Jadi, celengan yang biasa anak gunakan dapat ia ganti dengan tabungan rekening yang aman dan praktis. akan tetapi sebagai orang tua juga harus mengajari prosedur yang baik saat menabung di bank.

  1. Mengajak Buah Hati Membuka Peluang Usaha

Jika anda mempunyai usaha sampingan yang anda kelola sendiri, ada baiknya anda juga melibatkan buah hati anda untuk mengelola usaha anda. Sebagai contoh jika anda berjualan makanan ringan atau mempunyai toko kecil di rumah anda, anda dapat melibatkan si kecil sebagai pelayan toko untuk melayani pembeli. Akan tetapi tetap awasi pekerjaan yang dilakukan si buah hati. Saat si buah hati senang bergabung dengan bisnis anda, anda dapat merekrutnya dan memberi gaji sebagai imbalan kerja kerasnya.

  1. Pembukuan Tabungan

Cara ini memang tidak banyak dilakukan orang tua dalam mengajarkan hidup hemat pada buah hati. Tetapi cara ini jika dilakukan akan membuahkan hasil saat anda mengatur keuangan. Cobalah terapkan cara ini dan ajarkan ke buah hati anda untuk membuat pembukuan tabungan yang berisi pengeluaran dan pemasukan. Jika cara ini diterapkan kepada buah hati anda sejak kecil, maka mereka akan lebih mudah mengatur keuangan mereka saat mereka beranjak dewasa. Keuangan mereka akan lebih terperinci karena setiap pemasukan dan pengeluaran yang mereka alami selalu dicatat dalam buku.

  1. Sedekah

Sedekah adalah cara yang sangat wajib anda lakukan dan anda terapkan pada buah hati anda. Ajarkan saling berbagai ke sesama pada buah hati anda sejak ia kecil. Dengan berbagi mereka akan lebih mudah berinteraksi pada orang lain. Hal ini menjadi daya positif yang akan dibawa si buah hati sampai ia beranjak dewasa.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengenalkan si buah hati bagaimana cara mengelola keuangan.mereka sendiri. Sebagai orang tua ada baiknya untuk selalu mengajarkan hal-hal positif yang berdampak besar pada si buah hati, agar nantinya saat ia dewasa ia juga dapat bermanfaat bagi orang lain. Jadilah orang tua yang selalu mengispirasi buah hati anda!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top