Keuangan

Cara Menghemat Biaya Wisuda Untuk Anda Yang Hendak Melepas Status Mahasiswa

Wisuda sudah menjadi tradisi wajib bagi para mahasiswa yang telah menyelesaikan studi Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor. Perjuangan menyelesaikan tugas akhir menjadikan mahasiswa tetap semangat untuk mengenakan toga indah di hari wisuda yang mereka tunggu-tunggu. Tidak sedikit mahasiswa yang ingin tampil maksimal di acara wisuda. Mereka rela merogoh kantong dalam-dalam untuk memaksimalkan tampilan mereka saat di wisuda karena tidak ingin melewatkan moment paling bahagia.

Namun di samping itu, ada juga sebagian mahasiswa yang bingung untuk mengatur budget pengeluaran biaya saat wisuda karena melihat keadaan ekonomi mereka. Untuk anda yang ingin menghemat biaya wisuda agar tidak merogoh kantong dalam namun tetap tampil maksimal, anda dapat menyimak ulasan tips di bawah ini. Berikut tips agar budget yang anda keluarkan tidak terlalu banyak namun anda tetap tampil kece:

Hemat budget Make up

Make up wisuda adalah kebutuhan terpenting yang harus anda gunakan. Terutama untuk para wisudawan putri. Mereka akan berlomba-lomba untuk tampil semenarik mungkin agar saat pengambilan foto wisuda hasilnya tetap indah. Polesan demi polesan make up menjadikan wajah mereka bak putri kerajaan sehari. Untuk menghemat budget make up, anda tidak perlu khawatir. Sebaiknya sisihkan uang jauh-jauh hari untuk keperluan make up yang anda inginkan. Gunakanlah salon yang sederhana tak perlu mahal untuk make up anda saat wisuda. Jika perlu mintalah bantuan teman anda yang pintar make up untuk membantu memoles wajah anda. Dengan begitu, anda tidak perlu merogoh saku dalam untuk mengeluarkan budget make up yang berlebih.

Persiapan baju wisuda

Hal kedua yang harus anda perhatikan saat menjelang wisuda adalah pakaian/baju wisuda. Baju wisuda ini juga berpengaruh saat anda foto. Namun untuk mengantisipasi agar budget yang anda keluarkan tidak terlalu banyak, anda dapat menyewa baju wisuda yang sederhana saja. Jika anda tidak ingin membuang-buang uang dengan menyewa baju yang hanya dapat dipakai sehari dua hari. Terutama untuk putri yang akan memakai kebaya atau dress, sebaiknya jika anda ingin lebih berhemat, anda bisa menjahit baju wisuda sendiri untuk dikenakan nantinya lagi saat anda lanjut studi ke jenjang selanjutnya.

Menghemat penginapan

Pastinya jika anda kuliah di luar kota, saat anda wisuda anda akan kesusahan mencari penginapan untuk keluarga anda yang akan datang di acara wisuda anda. Terlebih lagi hal yang paling susah adalah mencari penginapan yang murah dan kualitas terjamin. Saat acara wisuda, banyak orang yang menyerbu penginapan murah. Nah, untuk mengantisipasi agar anda tetap mendapatkan penginapan yang layak dan murah, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu jauh-jauh hari untuk mencari dan mensurvei penginapan yang layak untuk keluarga anda tempati. Tidak perlu mencari hotel ataupun apartemen mahal. Anda hanya perlu mencari homestay yang memiliki harga miring.

Transportasi

Nah, hal terakhir yang pikirkan adalah tentang trasportasi. Saat anda wisuda, ada baiknya jika anda menggunakan kendaraan untuk menuju ke gedung acara wisuda anda. Atau mungkin anda perlu memikirkan trasportasi untuk keluarga jauh yang ada di luar kota yang ingin menghadiri acara wisuda anda. Sebaiknya untuk menghemat biaya, gunakanlah mini bus yang terbilang murah untuk anda sewa. Jika menggunakan mini bus anda tidak perlu khawatir keluarga anda yang jauh ingin menghadiri wisuda anda. Namun perlu diingat. Jika yang menghadiri wisuda anda cukup keluarga inti ada saja, anda cukuplah menyewa kendaraan pribadi yang harganya lebih miring.

Nah, itulah keempat hal yang perlu anda perhatikan untuk menghemat budget wisuda anda. Jangan pernah melewatkan hal paling berharga dalam hidup anda. Tak perlu merogoh saku untuk tampil berkesan dalam wisuda anda. Dengan biaya miringpun anda sudah dapat tampil berkesan. Jangan lupa menabung jauh-jauh hari untuk mempersiapkan semuanya. Dengan menabung anda tak perlu merepotkan orang tua anda untuk acara wisuda yang sangat berkesan. Yuk lebih pandai mengatur budget pengeluaran!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top