Lainnya

Cara Mengubah Keyakinan dari “Tidak Bisa” Menjadi “Bisa”

mengubah-tidak-bisa-menjadi-bisa

Dalam mengejar impian atau cita-cita atau juga ketika mengerjakan suatu usaha, seringkali kita dihadapkan pada pemikiran negatif bahwa kita sulit melakukannya. Memang pemikiran negatif ini merupakan tantangan yang acapkali muncul dalam diri seorang yang ingin maju atau suskes. Karena merupakan sikap yang merugikan maka Anda mau tak mau harus bisa sekuat tenaga untuk melawan dan mengatasinya. Yakinkan pada diri bahwa Anda mau dan bisa melakukan apa yang sedang Anda impikan. Tapi bila kemudian pemikiran negatif ini selalu saja membayangi diri, maka Anda harus segera melakukan sesuatu untuk mengantisipasinya. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah keyakinan dari “tidak bisa” menjadi “bisa”.

  1. Berani untuk Mencoba

Pertama, cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengubah keyakinan dari “tidak bisa” menjadi “bisa” adalah dengan berani mencoba. Tak jarang memang orang yang berpikiran negatif bahwa dirinya tidak bisa melakukannya, dikarenakan mereka belum mencoba. Jadi bagaimana mungkin bisa tahu bahwa Anda bisa atau tidak bila Anda sendiri belum melakukannya. Untuk bisa mengetahui Anda bisa atau tidak, tentu Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Dengan mencobanya maka Anda akan mengerti seluk beluk dari apa yang Anda lakukan. Setelah mengetahui seluk beluk dari apa yang Anda lakukan, maka Anda pun akan bisa memutuskan bisa tidaknya Anda melanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Jika Gagal, Jangan Pernah Putus Asa untuk Terus Mencobanya Lagi

Saat mencoba hal yang Anda ingin wujudkan memang tak selamanya akan langsung sukses. Bisa jadi Anda akan mengalami kegagalan dulu. Dari kegagalan inilah respon dan jiwa serta mental Anda diuji, apakah Anda akan bangkit kembali atau malah putus asa. Tentu untuk bisa mengubah keyakinan dari “tidak bisa” menjadi “bisa” Anda harus bisa bangkit kembali saat mendapati kegagalan. Kegagalan di awal usaha memang hal yang lumrah. Bahkan bila Anda tahu bahwa Thomas Alfa Edison mengalami kegagalan hingga lebih dari 9000 kali sebelum kemudian menemukan bola lampu pijar. Jadi dari sini Anda seharusnya mengerti dan memahami bahwa kegagalan adalah proses bertumbuh yang akan merubah keyakinan “tidak bisa” menjadi “bisa”.

  1. Yakinkan Diri Bahwa Anda Punya Potensi untuk Melakukannya

Untuk bisa menjadi percaya bahwa Anda bisa melakukan apa yang sedang diusahakan maka Anda harus meyakini potensi yang dimiliki. Keyakinan pada potensi diri ini memang sangat penting. Pasalnya dengan potensi diri Anda bisa melewati keterbatasan diri sekalipun. Sebagai manusia yang telah lahir ke dunia ini, Anda memang sudah menjadi juara, karena Anda menjadi satu-satunya yang mampu membuahi sel telur. Dari sini maka Anda yang ingin menjemput impian pastinya telah dibekali kemampuan dan potensi untuk mewujudkannya. Anda tinggal menggali dan memunculkannya guna digunakan untuk menggapai impian. Dengan meyakinkan diri bahwa ada potensi besar yang ada pada diri sendiri maka Anda akan mampu untuk mengubah keyakinan dari “tidak bisa” menjadi “bisa”.

  1. Cari Contoh Orang yang Sukses Melakukannya

Bila Anda masih meragukan kemampuan Anda untuk mewujudkan apa yang sedang diusahakan maka cobalah untuk melihat contoh orang yang sukses melakukannya. Lihat mereka yang sukses melakukannya, apakah mereka itu manusia biasa seperti Anda yang makan bahan karbohidrat setiap harinya? Tentu saja mereka adalah manusia biasa saja seperti Anda. Mereka hanya berbuat dengan penuh keyakinan, kerja keras dan pantang menyerah hingga kemudian mereka dapat meraihnya. Nah bila mereka yang merupakan manusia biasa bisa dan mampu melakukannya, maka kenapa Anda tidak bisa, right?

  1. Gunakan Kata-kata Positif Pendobrak Semangat

Terakhir, cara untuk bisa mengubah keyakinan diri dari “tidak bisa” menjadi “bisa” adalah dengan selalu menggunakan kata-kata positif yang mampu membangkitkan semangat. Kata-kata positif ini memang penting untuk selalu Anda tanamkan dalam diri. Ini dikarenakan kata-kata positif memiliki pengaruh yang besar untuk membentuk mental Anda lebih baik. Jika kata-kata positif ini selalu Anda pakai dalam keseharian, maka Anda akan mampu mengubah keyakinan diri dari “tidak bisa” menjadi “bisa” ketika akan melakukan usaha yang meragukan di awalnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top