Lainnya

Cermati Prospek Kerja Jurusan non Familiar ini, No 5 Bikin Takjub !!!

Prospek Kerja Jurusan non Familiar

Mungkin anda merasa tidak familiar atau belum pernah mendengar tentang jurusan-jurusan ini. Bahkan kalau ditanya soal jurusan, kebanyakan orang akan lebih mengenal seperti jurusan ekonomi, kedokteran hingga teknik informatika. Sebagian orang berfikir bahwa jurusan itu bisa membawa anda ke masa depan yang cerah. Padahal selain ekonomi dan jurusan terkenal lainnya, jurusan yang non familiar atau asing ini bisa memberikan masa depan yang menjanjikan.

Prospek Kerja Jurusan non Familiar

Bahkan siapa yang menduga jika jurusan-jurusan ini memiliki potensi yang besar dalam hal prospek kerja. Tidak hanya itu lulusan dari jurusan ini juga akan mendapat gaji yang tinggi lebih dari lulusan yang lainnya. Mengapa demikian? Hal ini karena jurusan-jurusan berikut sangat spesifik sehingga dari segi peminat kurang. Nah karena kurangnya peminat ini lah maka beberapa jurusan ini terdengan asing dan non familiar bagi sebagian orang. Jurusan apa sajakah itu?berikut penjelasannya:

  1. Kehutanan

Jurusan kehutanan bukan hanya bisa belajar tentang kehutanan saja tapi juga tentang segala sesuatu yang hidup di sana. Mulai dari tanaman sampai binatang. Dan untuk karir di bidang ini sangat menjanjikan lho. Contoh dari karir yang paling menjanjikan dari jurusan ini adalah menjadi PNS seperti di Menteri Kehutanan keren kan.

  1. Sastra Jawa

Bicara tentang jurusan yang non familiar bahkan tidak populer, tentu kita bisa mulai ulasan dari jurusan sastra Jawa. Bahasa Jawa adalah bahasa peninggalan nenek moyang yang tergerus oleh perkembangan zaman. Oleh karena itu dari peminatnya pun memang tidak sebanyak jurusan pada umumnya.

Nah untuk masalah prospek kerja jurusan yang satu ini tentu tidak kalah dari jurusan-jurusan yang lainnya, tergantung dari bagaimana anda bisa memanfaatkan celah. Sebagian besar lulusan jurusan sastra jawa bisa menjadi seorang peneliti da akhirnya jadi dosen. Selain itu profesi seperti jurnalis, guru hingga bekerja di museum ataupun di bidang kearsipan.

  1. Ilmu Tanah

Seperti belajar geografi, anda bakal bertemu dengan lempeng-lempeng dan struktur tanah. Tapi, anda bakal lebih detail mempelajari dan menalami ilmu ini. Kalau soal karir masa depan, ilmu tanah bisa merambah ke bidang-bidang geografi. Mulai dari lingkungan hidup, pertambangan, geolog dan sebagainya. Secara financial juga bakal terjamin.

  1. Sosiologi

Jurusan Sosiologi adalah jurusan yang mempelajari masalah sosial. Bagaimana peradaban modern terbentuk dan meneliti faktor-faktor yang menyatukan mereka. Dengan berbagai ilmu yang telah dipelajari dan keterampilan yang dimiliki lulusan jurusan Sosiologi, akan menemukan keuntungan dalam mencari pekerjaan.

Sektor yang bisa dicapai oleh lulusan ini seperti Konselor Sosiologi , Jurnalisme, Layanan Sosial, Organisasi non Pemerintah, Pendidikan, Penyiar, hingga PR/Humas dalam sebuah perusahaan bahkan PNS untuk lususan sosiologi masih sangat dibutuhkan baik yang berhubungan langsung dengan dunia sosiologi maupun yang tidak berhubungan secara langsung. Seperti Kementerian Sosial, Dinas Pendidikan, dan masih banyak lagi. Dan untuk profesi tersebut tentunya dari segi penghasilan juga sangat bagus.

  1. Teknik Pertambangan

Dalam kehidupan sehari-hari bahan tambang diperlukan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga, seperti besi, minyak, pasir dll. Sehingga tidak heran jika jurusan ini sangat dibutuhkan. Teknik pertambangan adalah ilmu teknik yang mempelajari tentang bahan galian seperti sumberdaya mineral, minyak, gas bumi, dan batubara serta cara mengeksplorasi dan mengeksploitasi bahan tambang.

Meskipun sebagian orang belum mengenal jurusan yang satu ini namun untuk urusan prospek kerja jurusan yang satu ini bisa dibilang sangat menjanjikan. Untuk prospek kerjanya, jurusan teknik pertambangan bisa bekerja sebagai PNS seperti bekerja di kementerian perdagangan dan perindustrian, kementerian energy dan sumber daya mineral, kementerian dalam negeri dan lain-lain.

Selain bekerja sdebagai PNS di pemerintahan lulusan ini bias juga bekerja di lembaga BUMN yang bergerak dalam bidang pertambangan. Lembaga BUMN itu contohnya seperti Perum Gas Negara, PT ANTAM (Aneka Tambang), PT. Bukit Asam, Pertamina, PLN, PT. Timah. Selain itu lulusan jurusan teknik pertambangan juga bisa menjadi dosen. Sedangkan untuk perusahaan-perusahaan swasta yang menawarkan gaji besar di pertambangan di Indonesia adalah Persero Batubara, Mobil Oil, PT Berau Coal, PT. Freeport, PT Hemako, PT Bosowa Mining dan masih banyak lagi

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: