Keuangan

Cermati Untung Ruginya Berinvestasi Apartemen di Tahun 2019

investasi-Apartement

Apartemen merupakan salah satu pilihan investasi yang bisa Anda pilih di tahun 2019. Dengan semakin tingginya kebutuhan akan hunian atau tempat tinggal dan semakin menyempitnya lahan, maka investasi apartemen bisa menjadi opsi terbaik untuk dijalankan. Tapi agar bisa menjalankan investasi apartemen secara bijak dan sukses, maka Anda perlu mencermati untung rugi dari investasi ini sebagai berikut.

Keuntungan

  1. Permintaan yang Tinggi

Pertama, keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi apartemen di tahun 2019 adalah permintaan yang tinggi. Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa permintaan akan apartemen ini memang semakin tahun semakin tinggi, termasuk di tahun 2019 saat ini. Apalagi bila apartemen yang Anda investasikan ada di daerah atau lokasi strategis, maka akan semakin besar permintaan konsumen yang muncul. Dari besarnya permintaan akan apartemen ini maka Anda bahkan bisa mendapatkan keuntungan dari menyewakan atau menjual kembali apartemen setelah melewati beberapa tahun.

  1. Jangka Waktu Sewa Menengah

Anda yang berinvestasi apartemen di tahun 2019 ini akan memiliki peluang meraih keuntungan yang besar. Ini karena investasi apartemen sekarang memiliki rata-rata jangka waktu sewa itu ada di batas menengah sekitar 2 hingga 3 tahun. Dari sini maka Anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dari kegiatan menyewakan kembali apartemen pada orang lain ketika waktu tersebut telah habis.

  1. Risiko Kosong Rendah

Berikutnya, keuntungan yang bisa didapatkan bagi siapa pun yang berinvestasi apartemen di tahun 2019 adalah risiko kosong rendah. Apartemen yang kosong memang akan membuat Anda mengalami kerugian. Tapi bila sebuah apartemen bisa cepat terisi oleh pembeli maka Anda pun bisa cepat mendapatkan keuntungan lebih banyak dan besar. Tentu dengan permintaan yang terus meningkat akan apartemen terutama di kota-kota besar membuat Anda bisa mendapatkan peluang mendapatkan pembeli lebih cepat. Apalagi bila anda berinvestasi pada apartemen yang memiliki lokasi strategis, maka Anda pun akan bisa mendapatkan peluang lebih besar untuk meminimalisir risiko apartemen kosong.

  1. Capital Rate Tinggi

Terakhir, keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi apartemen yang Anda lakukan di tahun 2019 adalah capital rate yang tinggi. Capital Rate atau cap rate (tingkat kapitalisasi) sendiri adalah indikator umum yang dipipakai dalam penjualan dan pembelian properti, termasuk apartemen. Nah dalam investasi apartemen di tahun 2019 ini Anda akan memperoleh peluang besar mendapatkan capital rate tinggi karena faktor risiko kekosongan yang rendah tadi.

Kekurangan

Sementara itu untuk kekurangan berinvestasi apartemen di tahun 2019 antara lain :

  1. Harus Pilih Lokasi yang Prospektif

Untuk sebuah invetasi properti termasuk apartemen, lokasi memang menjadi sesuatu yang penting untuk selalu diperhatikan. Dengan lokasi yang strategis maka investasi Anda pada apartemen akan punya prospek menguntungkan. Tapi sebaliknya jika Anda tidak bisa memilih lokasi yang strategis maka investasi Anda bisa mengalami kegagalan. Kabar buruknya, mencari lokasi strategis dan prospektif ini tidak lah mudah. Bila pun Anda menemukannya, harga dari lokasi strategis ini biasanya sangat mahal, apalagi bila Anda berencana berinvestasi apartemen di perkotaan besar.

  1. Manajemen yang Kurang Baik

Selanjutnya, kerugian berinvestasi apartemen di tahun 2019 yang bisa Anda alami adalah manajemen yang kurang baik. Di beberapa developer atau pengembang apartemen memang kadang ada manajemen buruk dari pihak pengelolanya. Manajemen buruk yang biasanya muncul dari sebuah apartemen adalah fasilitas kenyamanan yang kurang optimal, kebersihan yang buruk atau yang lainnya. Nah bila manajemen dari pihak pengembang apartemen buruk maka hal tersebut akan bisa membuat investasi Anda pada apartemen jadi gagal. Meski Anda mendapatkan lokasi apartemen yang baik untuk investasi, namun bila manajemen dari pengelola apartemen buruk, bisa membuat Anda mendapatkan kerugian.

Demikianlah beberapa hal mengenai kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda cermati saat berencana menjalankan invetasi apartemen di tahun 2019. Dengan teliti dan cermat pada beberapa kelebihan atau keuntungan serta kerugian, maka invetasi Anda pada apartemen akan berpeluang berhasil dan sukses.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top