Bisnis Online

Coba Trik Berikut Untuk Menangkan Hati Wanita dalam Persaingan E-Commerce

Perkembangan perdagangan elektronik via jejaring internet (e-commerce) saat ini memang sangat tumbuh pesat. Pesatnya pasar e-commerce sekarang ini terjadi karena banyaknya pelaku bisnis yang bermain di dalamnya. Dari keadaan tersebut maka membuat tingkat persaingan di dunia e-commerce ini pun jadi terasa sangat ketat dan sengit. Jadi Anda sebagai pelaku bisnis e-commerce tentu harus punya strategi jitu untuk bisa mengatasi persaingan tersebut. Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan persaingan di dunia e-commerce ini adalah memenangkan hati perempuan (wanita). Wanita memang sosok yang terlihat atau nampak antusias di dunia e-commerce. Nah saat Anda berhasil menaklukkan hati wanita maka Anda pun akan selangkah lebih maju dalam memenangkan persaingan di dunia e-commerce. Tapi bagaimana cara memenangkan hati perempuan di e-commerce ini? Berikut ulasannya.

1. BERI KEBIJAKAN LEBIH LONGGAR

Sifat seorang wanita yang selalu ingin dimengerti dan dipahami tentu harus menjadi perhatian Anda sebagai pelaku e-commerce. Dari karakter inilah maka Anda harus bisa membuat kebijaksanaan tertentu yang lebih longgar agar bisa menarik dan memikat hati para wanita. Beberapa metode pemberian kebijakan yang lebih longgar dalam dunia e-commerce adalah dengan memberikan diskon atau promo, keleluasaan metode pembayaran dan juga kelonggaran dalam aturan pengembalian barang. Jangan lupa juga untuk menyiapkan customer service untuk bisa melayani para wanita yang memang ingin selalu dipahami dan didengarkan kebutuhan, keinginan serta keluhannya.

2. PAHAMI DEMOGRAFI KONSUMEN WANITA YANG DITARGET

Wanita dengan ragam usia yang ada memang memiliki karaktersitik yang berbeda. Maka dari itu kemudian muncul istilah “wanita zaman old” dan “wanita zaman now”. Diantara dua jenis wanita ini memang tidaklah sama. Nah dari sinilah Anda juga perlu belajar dan memahami demografi konsumen wanita yang Anda target. Misalnya, e-commerce Anda menarget wanita dengan rentang usia remaja tentu kebijakan yang diambil tidaklah sama degan wanita usia dewasa atau tua. Maka dari itu sebelum mengambil keputusan kebijakan, Anda sebagai pemilik e-commerce haruslah menentukan terlebih dahulu target marketnya, apakah akan menyasar wanita usia remaja atau wanita usia dewasa. Setelah itu barulah Anda bisa menentukan kebijakan untuk memenangkan hati para wanita.

3. BUAT PLATFORM SIMPEL DAN SEDERHANA

Jangan dikira wanita suka dengan hal rumit saat berbelanja di e-commerce. Meski dalam kehidupan nyata seringkali para wanita ini nampak terlihat ribet atau rumit, ternyata di dunia belanja online termasuk e-commerce mereka lebih menyukai hal simpel. Maka dari itu Anda sebagai pemilik bisnis e-commerce harus menghadirkan beberapa hal sederhana seperti pada tampilan website. Tidak hanya kesederhanaan tampilan, website e-commerce yang Anda hadirkan haruslah memiliki kemudahan navigasi serta user interface yang bagus dan simpel. Jangan lupakan juga untuk membuat tampilan yang mendukung platform mobile karena banyaknya wanita pengguna smartphone saat ini.

4. SEDIAKAN RUANG TESTIMONI DAN REKOMENDASI

Terakhir, trik untuk taklukkan hati wanita dalam persaiangan e-commerce adalah dengan menampilkan ruang testimoni dan rekomendasi (review) pada website. Dalam sebuah survei memang terdapat sebuah data yang menyatakan bahwa ada sebanyak 78% persen wanita yang berbelanja online memutuskan untuk membeli setelah melihat testimoni dalam website. Sementara itu sekitar 64% tercatat wanita yang melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi (review) dari orang lain di website. Dari catatan survei ini terlihat bahwa testimoni dan rekomendasi (review) merupakan dua hal yang sangat penting dan bisa mempengaruhi wanita untuk melakukan pembelian di sebuah e-commerce. Selain di website Anda juga tidak boleh melupakan untuk juga membuat ruang testimoni dan rekomendasi ini di media sosial.

Inilah beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk bisa memenangkan hati wanita dalam persaingan e-commerce saat ini yang semakin ketat. Karena wanita adalah salah satu pangsa pasar besar dalam perdagangan eletronik (e-commerce), tentu menarik minat kaum hawa ini akan bisa membuat bisnis Anda mendapatkan keuntungan tersendiri. Jadi jangan lupakan hal ini jika Anda ingin bisa memajukan dan mengembangkan bisnis e-commerce yang Anda rintis.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: