Keuangan

Cobalah Tips Menabung Realistis untuk Menyicil Rumah dan Menikah di Masa Depan, Hanya Rp 2,5 Juta Per Bulannya!

Berapapun gaji yang masuk ke rekening Anda, pasti sewaktu-waktu akan habis bahkan tanpa tersisa jika tidak dikelola dengan baik. Menabung adalah satu satu bentuk pengelolaan keuangan yang baik dan sederhana untuk menyimpan atau mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Menabung juga sangatlah penting, karena kita tidak akan tahu hal apa yang akan terjadi di masa mendatang. Bagi Anda yang memiliki gaji Rp. 4.500.000 per bulannya, simaklah pengaturan post pengeluaran agar bisa menabung Rp. 2.500.000 per bulan sehingga tidak manjadi hal yang mustahil lagi untuk mewujudkan impian serta keinginan Anda di masa depan. Penasaran? Yuk, simaklah ulasannya berikut ini.

  1. Hitung dan Alokasikan Biaya Bulanan Anda dengan Sebaik Mungkin

Tips pertama, menabung realistis untuk bisa mewujudkan impian Anda di masa mendatang adalah menghitung dan mengalokasikan biaya bulanan dengan sebaik mungkin. Menabung tidaklah hanya soal menyimpan uang saja, melainkan Anda juga harus pandai menghitung sekaligus mengalokasikan biaya bulanan agar keuangan dapat terkelola dengan baik dan tertata. Jika ingin mengalokasikan penghasilan untuk pengeluaran bulanan, Anda bisa mengeluarkan sekitar 30% dari penghasilan. Yaitu, mengalokasikan Rp. 800.000 sebagai post pengeluaran. Dengan begini, Anda bisa menabung Rp. 2.500.000 per bulannya.

  1. Tentukan Biaya Tempat Tinggal

Untuk Anda yang masih single, carilah tempat tinggal yang murah namun nyaman untuk ditinggali. Anda tidak perlu gengsi tinggal di rumah yang sederhana, hal yang terpenting adalah kenyamanan. Karena, untuk apa Anda tinggal di rumah besar dan mewah sementara keuangan menipis? Untuk menentukan biaya tempat tinggal ini, Anda cukup mengalokasikan dana sebesar Rp. 500.000 saja. Lagipula, anak muda zaman sekarang lebih sering menghabiskan waktu di luar daripada tinggal dirumah bukan?

  1. Atur Biaya untuk Nongkrong

Bagi kalian anak muda yang hobi nongkrong, pasti tidak akan bisa mengelak jika diajak oleh teman untuk nongkrong. Terlebih jika Anda sudah merasa capek setelah sebulan penuh bekerja, alhasil Anda perlu memanjakan diri sendiri bukan? Tidak usah khawatir, kalian akan tetap bisa nongkrong bareng teman kok asalkan tidak keseringan. Dalam hal ini, Anda bisa mengalokasikan dana untuk nongkrong sebesar Rp. 500.000 saja dan usahakan jangan sampai lebih. Bukankah Anda hidup tidak hanya untuk bersenang-senang saja? Apalagi Anda sudah berniat untuk menabung dan merencanakan masa depan. Dengan begini, Anda harus ingat dan mengontrol pengeluaran jangan sampai terlena oleh hal-hal yang tidak begitu diperlukan.

  1. Harta Itu Titipan Tuhan, Maka Jangan Lupa Bayar Zakat

Agar gaji yang Anda terima lebih berkah, maka jangan lupa membayar zakat yah. Jika zakat yang Anda keluarkan lebih banyak, maka akan semakin banyak pula keberkahan yang bisa diterima dalam hidup Anda. Terlebih zakat ini merupakan salah satu transaksi dengan Sang Pencipta, tentu akan lebih menguntungkan. Sebab, Tuhan pun pasti akan membalas setiap kebaikan yang dilakukan oleh umatnya. Untuk mengalokasikan zakat, Anda bisa mengeluarkan dana minimal Rp. 200.000 per bulannya. Saat berzakat jangan pernah Anda melihat dari nilainya saja, namun dari keikhlasannya. Dari sini, tentulah hidup Anda akan lebih terasa indah dan berkah bukan? Karenanya Anda sudah berbagi dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

  1. Jika Dilakukan dengan Sangat Baik, Tentulah Menabung Rp. 2.500.000 Per Bulan Bisa Anda Kantongi

Setelah Anda berusaha untuk menabung dengan sangat baik, tentulah Rp. 2.500.000 per bulan berhasil Anda kantongi. Agar tabungan Anda dapat terkelola dengan sangat baik lagi, maka usahakan untuk memisahkan rekening tabungan dan rekening harian. Hal ini penting dilakukan, guna untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tercampurnya uang tabungan bulanan dan harian sehingga tidak mengetahui berapakah jumlah tabungan khusus sehari-hari dan tabungan bulanan. Dengan bekerja keras dan komitmen yang tinggi, maka bukan hal yang mustahil Anda bisa mengumpulkan tabungan yang nilainya besar. Setelah menabung, Anda bisa menetapkan target jangka panjang. Jadi, berinvestasilah untuk masa depan yang lebih baik dan bijaklah dalam memanfaatkan hasil jerih payah selama ini. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top