Bisnis Online

Dalam Bisnis Online, Anda harus Siap dengan 4 Tipe Pembeli Menyebalkan Berikut Ini

pembeli-online-menyebalkan

Bisnis online yang begitu marak mungkin menjadi alasan kemudian Anda ikut menjalankannya. Tentu tidak ada salahnya memang menjalankan bisnis online, asal Anda tetap harus siap dengan segala tantangan dan rintangannya. Seperti bisnis pada umumnya, bisnis online tetap saja memiliki tantangan. Salah satu tantangan dalam menjalankan bisnis online adalah menjumpai pembeli yang menyebalkan. Pembeli yang menyebalkan tak jarang memang memicu emosi dan menguras pikiran serta kesabaran. Tapi seperti apakah pembeli online yang menyebalkan itu? Berikut ulasannya.

  1. Pembeli yang Menawar Harga Berlebihan

Pertama, pembeli online yang menyebalkan adalah mereka yang menawar harga secara berlebihan. Penawaran harga yang dilakukan konsumen memang dinilai wajar-wajar saja. Tapi bila penawaran yang dilakukan berlebihan, maka memang seringkali membuat penjual jadi kesal. Tapi ingatlah satu hal bagi Anda yang sering mendapati konsumen seperti ini bahwa pembeli yang melakukan penawaran sebenarnya mereka sudah tertarik dengan produk Anda. Mereka melakukan penawaran berlebihan hanya ingin mengetahui respon Anda saja. Syukur-syukur bila kemudian penawarannya disetujui. Tapi toh tidak sedikit konsumen yang tidak disetujui penawarannya, tetap membeli dengan harga awal atau harga yang telah disepakati.

  1. Pembeli yang Tidak Sabar

Entah karena ada sebuah urusan yang penting, kita juga bisa mendapati konsumen yang tidak sabaran saat membeli. Konsumen yang tidak sabaran memang membuat kita jadi ikut terbawa dan akhirnya menjadi emosi. Tapi sebagai pebisnis sejati, Anda tidak harus terpancing emosi. Anda harus tetap sabar melayani mereka dan coba memahami mereka. Toh bila mereka deal melakukan pembelian, Anda juga yang untung kan. Jadi konsumen yang tidak sabar saat bertransaksi tak perlu Anda langsung malas melayaninya. Tapi bersabar saja dan pastikan semua terkendali hingga tercapai deal. Sebagai pebisnis Anda memang harus bisa bersikap lebih sabar. Sebab dengan kesabaran, Anda akan bisa mengatasi segala masalah yang ada, termasuk segala rintangan dan tantangan yang ada untuk memajukan bisnis dan perusahaan.

  1. Pembeli yang Gagal Paham

Berikutnya, pembeli menyebalkan yang bisa muncul dalam bisnis online adalah mereka yang gagal paham. Dalam bisnis online yang tidak terlihat secara nyata memang bisa saja menimbulkan banyak kesalahpahaman. Bentuk kesalahpahaman dalam bisnis online ini biasanya lebih banyak pada kurang pedulinya pembeli membaca deskripsi produk atau penjelasan mengenai syarat dan ketentuan. Karena itulah mereka kemudian merasa bahwa dirinya merasa ditipu. Padahal dalam kenyataannya yang terjadi hanya kesalahpahaman. Nah Anda sebagai pebisnis sejati tak perlu ikut terbawa emosi bila menjumpai pembeli yang seperti ini. Anda hanya perlu bersabar dan menjelaskan dengan baik-baik kesalahpahaman yang terjadi. Dengan sikap yang seperti ini maka pembeli bisa jadi mereda emosinya dan akhirnya kembali membeli produk Anda.

  1. Pembeli yang Suka Menyalahkan

Tak jarang memang banyak pembeli yang menyalahkan pebisnis online karena banyak alasan. Entah itu produknya yang tidak sesuai atau juga layanannya yang kurang maksimal, konsumen dengan semaunya kemudian melakukan protes dengan menyalahkan penjual. Sebagai pihak pembeli memang mereka berhak untuk protes dan menyalahkan pembeli bila memang ada kesalahan yang terjadi. Tapi bila pembeli ini seringkali dan suka menyalahakan, tentu penjual bisa terbawa emosi. Tapi sekai lagi sebagai pebisnis sejati Anda seharusnya tidak terbawa emosi. Tapi Anda harus sabar dan membicarakan hal ini dengan baik-baik dengan konsumen. Jika memang benar kesalahan ada dipihak Anda maka akui kesalahan tersebut dan meminta maaflah. Dengan melakukan hal ini bukan tidak mungkin kemudian konsumen jadi tersentuh dengan sikap dan empati Anda. Dari sana maka bukan tidak mungkin pembeli tersebut akan menjadi pelanggan bisnis Anda.

Itulah tadi beberapa pembeli online yang menyebalkan yang bisa Anda temui dalam bisnis berbasis daring. Sebagai pebisnis sejati tentu Anda harus tetap bersabar melayani pembeli yang berkategori menyebalkan ini. Sebab, mereka adalah tantangan Anda dalam berbisnis. Bila Anda berhasil menaklukkan mereka dengan pendekatan dari hati ke hati yang baik maka bisnis online Anda akan menjadi semakin bertumbuh.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top