Lainnya

Dengan 5 Langkah Ini Anda Bisa Produktif dan Tidak Ketergantungan Pada Smartphone

produktivitas-kerja-smartphone

Keberadaan smartphone atau ponsel pintar saat ini memang begitu massif pengaruhnya. Dengan beragam fitur yang dimiliki, smartphone memang kemudian menjadi alat atau perangkat yang sangat menarik untuk dimiliki. Sejatinya, keberadaan smartphone ini bisa membantu kita dalam menjalankan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari. Tapi sayangnya tidak sedikit dari kita yang kemudian terlena dan mengalami ketergantungan dengan perangkat ini hingga membuat produktivitas kerja kita jadi terganggu. Beberapa hal dari smartphone yang paling sering dianggap mengganggu produktivitas kerja adalah games dan media sosial. Tapi sebenarnya produktif tidaknya kita pada pekerjaan tergantung pada kebijakan kita pada penggunaan smartphone. Namun bila memang Anda sudah mengalami ketergantungan pada ponsel pintar hingga kemudian mengganggu produktivitas kerja maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menangkalnya. Berikut beberapa cara dan langkah untuk Anda bisa produktif kerja tanpa ketergantungan pada smartphone.

  1. Mematikan Internet

Pertama, langkah yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa terus produktif dan tidak mengalami ketergantungan pada smartphone adalah dengan mematikan internet dan notifikasi. Salah satu hal utama yang membuat seseorang mengalami ketergantungan pada smartphone adalah akses internet. Dengan adanya jaringan internet maka pengguna akan semakin dibuat selalu berhasrat untuk memainkan ponselnya. Ketika hasrat mereka terus muncul maka pastinya waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja akan berkurang dan diganti dengan bermain smartphone. Dari sinilah maka untuk bisa mengurangi hasrat untuk membuka dan bermain smartphone maka Anda harus mematikan jaringan data atau internet. Saat jaringan internet mati maka hasrat Anda untuk memainkan ponsel akan menurun.

  1. Mematikan Notifikasi

Solusi lain jika Anda memang masih membutuhkan jaringan internet untuk bekerja mencari informasi dengan tetap produktif adalah dengan mematikan segala bentuk notifikasi. Notifikasi atau pemberitahuan yang muncul dari smartphone memang pastinya akan mengganggu karena seketika merusak konsentrasi saat bekerja. Ketika bunyi notifikasi muncul entah itu dari media sosial, aplikasi pesan instan atau email maka kita akan reflek ingin membuka notifikasi tersebut. Nah dari sinilah kemudian banyak pekerja yang terjebak dengan gangguan notifikasi tersebut hingga kemudian membuat produktifitasnya menurun. Bila Anda adalah orang yang ingin selalu mencapai produktivitas kerja yang baik maka cara atau langkah ini bisa Anda terapkan.

  1. Menetapkan Waktu Spesifik untuk Mengecek Smartphone

Berikutnya, langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa tetap produktif kerja tanpa ketergantungan pada smartphone adalah dengan menetapkan waktu khusus untuk mengecek ponsel. Anda yang memang membutuhkan ponsel untuk mendukung pekerjaan maka Anda harus bisa menyesuaikan atau menetapkan waktu yang tepat. Cobalah untuk menetapkan waktu khusus untuk mengecek ponsel di luar Anda beraktivitas menyelesaikan pekerjaan. Contoh beberapa waktu khusus untuk melakukan pengecekan smartphone agar tak mengganggu produktivitas kerja Anda adalah saat coffe break, saat jam istirahat siang atau pada jam pulang kantor. Dengan cara ini maka Anda akan bisa tetap produktif dengan tetap bisa mengecek smartphone.

  1. Tidak Membawa Smartphone Anda Ketika Tidur

Untuk mencapai produktivitas kerja memang dibutuhkan daya konsentrasi dan fokus yang tinggi. Tapi bila Anda dalam kondisi yang tidak fit seperti sakit atau mengantuk maka hal ini pasti akan menurunkan produktivitas kerja Anda. Dan salah satu penyebab yang dapat membuat daya konsentrasi Anda di kantor menurun adalah bermain smartphone pada malam hari saat tidur. Cahaya pada ponsel pintar memang bisa membuat Anda terjaga semalaman. Ketika Anda sudah terjaga semalaman maka waktu tidur atau istirahat Anda psati akan terganggu. Ketika Anda kurang tidur dan istirahat pada malam hari karena bermain smartphone maka akan mempengaruhi tingkat produktivitas kerja Anda di kantor pada pagi harinya.

  1. Mematikan Smartphone dan Berkomitmen untuk Tidak Bermain Ponsel Saat Bekerja

Terakhir, Anda yang ingin tetap bisa produktif tanpa ketergantungan pada smartphone bisa melakukan langkah yakni mematikan smartphone dan selalu berkomitmen unruk tidak bermain ponsel saat bekerja. Mematikan smartphone memang menjadi langkah terakhir bila Anda selalu tak bisa berhenti bermain ponsel jika masih dalam keadaan menyala. Namun untuk sukses menjalankan langkah ini Anda harus berkomitmen pada diri Anda bahwa Anda tak akan bermain ponsel ketika masih jam kerja.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top