StartUp dan UKM

Dukungan 5 Teknologi Ini Akan Jadikan Startup Tumbuh Pesat, Mau?

teknologi-startup

Sebagai bisnis rintisan berbasis digital, startup sudah selayaknya memiliki akses dan dukungan pada teknologi terkini. Tapi karena minimnya dana atau anggaran yang minim, membuat pemilik bisnis startup tidak bisa menerapkan teknologi tertentu. Padahal semakin canggih teknologi yang diterapkan pada startup membuat bisnis yang dijalankan akan semakin mampu digemari konsumen. Ini karena dengan penerapan teknologi yang ada pada startup membuat banyak kemudahan yang bisa didapat dan dirasakan customer. Berikut ini adalah beberapa teknologi yang akan mampu membuat startup laris manis dan tumbuh pesat bila mau mengaplikasikannya.

  1. Teknologi Go mobile

Pertama, teknologi yang mampu membuat startup dapat tumbuh pesat adalah go mobile. Go mobile ini artinya adalah startup membutuhkan pembuatan aplikasi agar layanannya bisa diakses dengan menggunakan perangkat mobile atau smartphone. Dengan adanya aplikasi dari startup yang bisa dijalankan dari samrtphone maka hal ini akan membuat customer akan merasa lebih dimudahkan. Pengguna smartphone yang lebih banyak dibanding PC juga menjadi salah satu faktor mengapa penerapan go-mobile ini sangat diperlukan. Jadi dengan adanya aplikasi go-mobile akan membuat peluang mendapatkan pasar yang lebih luas semakin terbuka lebar.

  1. Kemudahan Pembayaran 

Dalam bisnis yang mengandalkan jaringan internet secara remote atau jarak jauh maka memang dibutuhkan kemudahan dalam hal apa pun, termasuk pembayaran. Semakin mudah metode pembayaran layanan startup yang dihadirkan maka akan membuat usaha semakin disukai publik. Dalam bisnis startup, customer memang bisa datang dari mana saja, termasuk dari daerah jauh. Nah dari sinilah dibutuhkan teknologi pembayaran yang mudah. Pembayaran dengan menggunakan transfer antar rekening bank mungkin bisa menjadi pilihan utama, tapi cara pembayaran yang sekarang terus berkembang juga bisa jadi pilihan. Beberapa pembayaran lain yang bisa dicoba yakni dengan paypal, kartu kredit, dan lainnya.

  1. Keamanan Cyber

Berikutnya, teknologi yang dibutuhkan startup untuk bisa tumbuh pesat adalah teknologi keamanan cyber. Kecanggihan teknologi para hacker untuk membobol sebuah sistem memang harus membuat Anda waspada. Dengan keahlian yang dimiliki, para hacker memang bisa saja melakukan pembobolan pada sistem keamanan startup. Jika hal ini terjadi pada stratup Anda maka akan banyak kerugian yang bisa menimpa. Jadi keamanan cyber pada startup sangat penting untuk diterapkan agar tidak ada hacker yang bisa membobol keamanannya.

  1. Penyimpanan Data

Startup Anda yang semakin bertumbuh tentu membutuhkan teknologi penyimpanan yang juga semakin besar. Maka dari itu untuk mengantisipasi kebutuhan penyimpanan data di masa depan, sebaiknya Anda menyiapkannya dari sekarang. Bukan hanya untuk kebutuhan di esok hari, teknologi penyimpanan data yang besar juga bisa berguna untuk mengantisipasi akses layanan startup yang sering melambat. Dengan akses layanan startup yang selalu prima dengan teknologi penyimpanan data, maka hal ini akan membuat startup selalu disukai customer. Bila startup Anda selalu digemari customer maka hal ini akan berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan bisnis yang semakin maju.

  1. Teknologi Media Sosial

Terakhir, teknologi yang bisa diandalkan untuk menjadikan bisnis startup makin bertumbuh pesat adalah media sosial. Media sosial yang semakin marak memang sangat efektif untuk dijadikan sarana atau media marketing digital. Dengan adanya media sosial maka peluang Anda mendapat pasar yang lebih luas akan semakin besar. Apalagi bila Anda bisa menerapkan teknologi media sosial, maka keakuratan serta optimalisasinya akan semakin terasa. Jadi penerapan teknologi media sosial yang ada bukan berarti Anda hanya membuat akun media sosial. Tapi dengan beragam aplikasi optimalisasi yang ada, maka Anda bisa membuat startegi pemasaran dengan media sosial yang lebih efektif mendapatkan customer.

Demikianlah beberapa teknologi yang bisa Anda terapkan pada startup agar lebih berkembang pesat. Tapi satu hal yang perlu dipahami, walaupun Anda telah menerapkan semua teknologi yang ada tadi, daya juang Anda tetap menjadi faktor utama. Artinya tumbuh kembang dan kesuksesan startup sebagai bisnis digital tetap harus diperjuangkan dari berbagai sisi. Ingat juga bahwa teknologi hanya berperan membantu manusia, sebab manusia lah yang paling menentukannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top