Keuangan

Duty Free, Solusi Belanja Anti Ribet Saat Bepergian Ke Luar Negeri

Anda gemar bepergian ke luar negeri baik untuk urusan bisnis maupun berlibur? Jika iya terkadang kawan atau kerabat di tanah air pasti sering meminta oleh – oleh dari anda. Sayangnya anda tak memiliki waktu yang cukup untuk berbelanja  selama di luar negeri. Nah, toko duty free bisa jadi solusi bagi anda yang hendak membeli oleh – oleh khas negara asal tanpa harus ribet dan bebas pajak. Toko duty free ini bisa anda temukan di bandara internasional,pelabuhan utama, terminal bus hingga kereta antar negara.  Istilah toko duty free sendiri  masih terdengar asing oleh beberapa orang sehingga tak memahami keuntungan belanja di tempat ini.

Lebih Dekat Dengan Duty Free

Jika dilihat dari artinya maka duty merujuk pada pajak sedangkan free ialah gratis  atau bebas sehingga jika digabungkan duty free bermakna bebas pajak. Ini artinya barang – barang di duty free tidak dikenakan pajak atau biaya tambahan.  Barang yang ditawarkan beragam mulai dari makanan, kosmetik, minuman keras hingga pakaian bermerk.  Untuk pembayaran di toko duty free bahkan bisa menggunakan uang virtual contohnya di bandara Brisbane, Australia.

Duty Free dan Tax Free, Beda !

Selain istilah duty free ternyata beda dengan tax free.  Sebagai contoh di negara Jepang misalnya untuk duty free merupakan pembebasan barang atas pajak pemerintah. Tax free ialah pembebasan pajak konsumsi. Wisatawan asing yang datang ke Jepang sebenarnya memenuhi syarat untuk pembebasan pajak kecuali ia tinggal dalam jangka waktu yang lama misalnya 6 bulan.  Saat anda berada di toko bebas pajak maka tunjukan paspor agar anda tidak dikenakan pajak konsumsi. Nantinya anda juga akan dimintai surat pernyataan jual beli untuk menerima bukti pembelian. Ketika tiba di tanah air cukup tunjukkan bukti pembelian ke pabean agar tidak dikenakan bea masuk.

Selain  itu ada pula tax refund yakni upaya restitusi pajak yang dikenakan pada anda sebelumnya.  Tax refund ini bisa didapat jika jumlah belanja atau produk yang dibeli melebihi syarat dan ketentuan pajak di negara tersebut. Pengembalian pajak ini berbeda disetiap negara  seperti di Singapura dikenakan 7% untuk GST. Jika ingin meminta tax refund anda cukup menuju ke tax refund center yang ada di bandara sambil membawa bukti pembelian dan paspor.

Tips Belanja Di Duty Free

Walau dikenal sebagai toko bebas pajak namun tak semua barang yang ada duty free bebas pajak. Terkadang ada beberapa barang dikenakan pajak karena alasan tertentu. Untuk itu pastikan beberapa hal ini sebelum belanja.

Catat Belanjaan dan Bandingkan Harga

Langkah awal dimulai dengan mencatat oleh- oleh yang akan dibeli sebab banyak orang belanja barang yang tidak mereka butuhkan di duty free. Dengan mencatat belanjaan anda juga sekaligus menghemat waktu belanja. Setelah itu bandingkan harga dari toko duty free dengan toko eceran disana.

Ketahui Aturan Bea Cukai

Ingat untuk menyimak peraturan bea cukai atas barang – barang bebas bea masuk. Misalnya saja untuk setiap penumpang dibatasi USD 250 atau USD 1.000 untuk satu keluarga jika tidak ingin barang – barangnya dikenakan bea masuk.

Beberapa analis di Eropa juga memberikan perbandingan duty free antar bandara sebagai berikut : jika anda belanja di bandara Schonefeld, Berlin maka anda bisa berhemat biaya belanja hingga 4.6 % dari toko eceran biasa. Lain lagi dengan bandara Saint-Exupery,Lyon, Perancis yang mampu menghemat biaya belanja anda hingga 11.9 %. Bandara Gatwick, London bisa menghemat biaya belanja hingga 5% ketimbang toko biasa di Inggris.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top