Bisnis Online

Endorse, Cara Ampuh untuk Beriklan Online

Endorse, Cara Ampuh untuk Beriklan Online – Pastinya istilah ini sudah sering didengar oleh masyarakat, terutama para pengguna internet. Ya, istilah endorse sering mengisi kolom komentar para public figure tanah air.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai endorse, mungkin masih “ada” yang bertanya-tanya apa sih endorse itu?

endorsement

Endorse yang berasal dari kata endorsement jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti saran atau dukungan. Seiring waktu, makna endorse sedikit bergeser jika disangkut pautkan dengan sosial media seperti instagram.

Sekarang ini, endorse dipakai untuk cara promosi paling jitu di jagat dunia maya. Toko online ataupun perorangan yang memiliki dagangan berebut memberikan produknya secara gratis kepada para seleb sosial media.

Memberikan produk gratis kepada selebgram (sebutan untuk artis instagram) tidak akan membuat pihak yang meng-endorse rugi. Selebgram akan memberikan postingan dengan mengikut sertakan produk promosi tersebut. Semakin banyak viewer, tentunya produk tersebut akan banyak dilirik oleh orang.

Tertarik untuk promosi dengan cara endorse? Ini caranya..

endorse

Karena endorse merupakan promosi melalui jasa seleb ataupun artis, artinya anda harus menghubungi pihak seleb tersebut lebih dahulu. Jika setuju, anda harus menukar produk yang dipromosikan dengan foto artis tersebut bersama produk anda. Share foto tersebut. Sertakan juga mention yang menunjukkan jika produk yang dipakai sang artis adalah produk jualan anda.

Perlu diingat, saat pertama kali menghubungi artis jangan pernah SPAM. Kata-kata yang terlontar juga harus sopan. Meskipun cara ini bisa dibilang tidak terlalu resmi, bukan berarti kita bisa seenaknya saja. Buatlah pesan semenarik mungkin agar artis tersebut merespon lebih cepat.

Sertakan juga kelebihan-kelebihan yang bisa didapat jika memakai produk anda. Selain untuk penilaian pribadi, keterangan tersebut juga bisa dijadikan pedoman untuk memberikan review pada produk anda.

Jumlah barang yang anda berikan kepada sang artis bisa ditanyakan langsung kepada yang bersangkutan. Perhitungan cermat agar anda tidak dirugikan juga menjadi bahan pertimbangan. Jangan sampai anda memberikan barang diatas batas wajar. Karena sifatnya simbiosis mutualisme, pastikan sang artis mempromosikan produk anda dengan benar.

Jika bertanya tentang banyak keuntungan atau kerugian menggunakan sarana promosi ini, jawabannya tentu lebih banyak keuntungannya. Melalui sarana promosi endorse, biaya yang harus dikeluarkan tidak akan sebanyak promosi lainnya. Selain itu, produk dagangan anda akan lebih tepat sasaran karena pola masyarakat sekarang ini yang lebih sering melihat segala sesuatu lewat internet.

ilustrasi-media-sosial_20160526_233100

Hal lain yang bisa anda dapat adalah dalam waktu singkat produk anda akan dilihat oleh banyak orang. Follower dari sang seleb pastinya merupakan salah satu tolak ukur berapa pasang mata yang melihat dagangan anda.

Perbedaan endorse dengan metode promosi online lainnya sebenarnya tidak jauh berbeda. Intinya sama-sama membuat orang membeli di toko online anda. Hanya saja, promosi endorse mungkin memiliki kemungkinan penjualan lebih cepat.

Indonesia termasuk negara yang mana para penggemar sangat mudah tergiur dengan barang apa saja yang dipakai oleh artis idolanya. Pola seperti inilah yang dapat anda manfaatkan dengan baik.

Efektif tidaknya promosi ini juga tergantung dengan artis yang anda pilih.

Sesuaikan produk anda dengan kepribadian sang artis. Contohnya saja anda menjual produk hijab. Pilihlah artis yang memiliki image santun dan tidak terlalu banyak sensasi.

Memilih jasa artis untuk berpromosi otomatis akan membuat anda menjadi trusted seller. Selain itu, artis tersebut dapat membuat nilai produk anda menjadi lebih tinggi dimata masyarakat.

Anda tertarik berpromosi dengan sistem endorse? Segera siapkan segala keperluan yang dibutuhkan mulai dari sekarang.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: