Lainnya

Font yang Dibolehkan dan Dilarang Saat Menulis Lamaran Kerja, Sudah Tahu?

font-surat-lamaran-kerja

Melamar kerja tentu akan menjadi bagian dari kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang ingin berkarir dan mendapatkan penghasilan. Ketika melamar kerja maka akan ada surat lamaran kerja yang harus disertakan. Nah dari sinilah maka untuk bisa diterima di perusahaan yang diinginkan maka surat lamaran kerja ini sangat perlu dimaksimalkan. Surat lamaran kerja memang memiliki kekuatan tersendiri untuk membuat HRD atau owner perusahaan tertarik dan merekrut Anda. Selain isi surat, jenis font juga memiliki pengaruh yang besar pada peluang diterimanya dalam proses rekrutmen. Nah, dari sinilah Anda perlu mengetahui beberapa font yang memang diperbolehkan dan dilarang penggunaanya dalam tulisan surat lamaran kerja. Berikut ulasannya.

  1. Helvetica

Pertama, jenis huruf atau font yang dianjurkan untuk dipakai dalam membuat surat lamaran kerja adalah Helvetica. Menurut beberapa pakar seperti Matt Luckhurst selaku direktur kreatif Collins di San Francisco, AS menyatakan bahwa Helvetica merupakan salah satu huruf yang cantik dan indah. Pakar lainnya yakni Brian Hoff selaku direktur kreatif Brian Hoff Design mengatakan bahwa Helvetica adalah font yang simpel, sederhana dan tidak merepotkan. Meski simpel dan sederhana namun menurut Brian Hoff, Helvetica mampu menghadirkan kesan yang jujur, profesional dan menyenangkan saat dilihat.

  1. Proxima Nova

Berikutnya, font yang disarankan untuk Anda yang ingin membuat surat lamaran kerja adalah Proxima Nova. Jenis tulisan yang satu ini memang banyak diminati oleh banyak profesional termasuk para HRD dan owner bisnis. Namun untuk memiliki jenis huruf yang satu ini Anda memang diharuskan untuk membeli dan mengeluarkan uang karena tidak gratis. Tapi bila Anda memang serius untuk menjadi seorang profesional dan benar-benar ingin diterima di perusahaan yang diidamkan, maka tak ada salahnya Anda untuk membeli font Proxima Nova ini.

  1. Garamond

Terakhir, font yang direkomendasikan untuk dipakai saat akan menulis lamaran kerja adalah Garamond. Jenis huruf yang satu ini memang dinilai mumpuni untuk bisa menarik perhatian para owner perusahaan dan HRD. Ini dikarenakan font Garamond ini dianggap enak dipandang dan juga mudah dibaca. Dari sinilah kemudian banyak disarankan oleh para ahli dan profesional untuk mendukung karir yang lebih baik.

Selain ketiga jenis huruf yang disarankan untuk digunakan dalam membuat surat lamaran kerja ini, ada juga beberapa font yang dilarang penggunaannya yang perlu Anda ketahui. Nah berikut ini adalah tiga font yang dilarang untuk digunakan tersebut.

  1. Times New Roman

Pertama, jenis huruf yang dilarang pemakaiannya saat akan menulis surat lamaran kerja yakni Times New Roman. Meski dahulu font ini begitu marak digunakan, tetapi saat ini Times New Roman dianggap sebagai font yang kuno. Menurut Brian Hoff bahkan menyatakan jenis huruf Times New Roman ini sebagai font orang-orang pemalas. Ini karena Hoff menganggap mereka yang masih menggunakan Times New Roman tidak mau berusaha dan kreatif mencari jenis huruf terbaru yang layak.

  1. Courier

Selanjutnya, font yang tidak disarankan untuk digunakan saat menulis surat lamaran kerja adalah courier. Sama dengan Times New Roman, jenis huruf yang satu ini dianggap sebagai font yang kuno dan sudah tidak lagi mengikuti zaman. Jadi menggunakan font ini sama saja seperti Anda tidak menghargai perusahaan tempat Anda akan bekerja.

  1. Comic Sans

Terakhir, jenis huruf yang dilarang untuk digunakan untuk menulis surat lamaran adalah Comic Sans. Meskipun huruf nampak sedap dipandang, namun banyak pakar menilai huruf ini aneh dan tidak profesional.

Zaman memang sudah banyak berubah. Jika dulu banyak orang menggunakan font Times New Roman untuk melamar kerja, ternyata hari ini font tersebut sudah tidak laku karena dianggap kuno. Maka saat akan ikut rekrutmen kerja Anda tak boleh lagi memilih Times New Roman sebagai font surat lamaran. Apalagi bila Anda memilih font secara sembarangan, hal ini tentu akan membuat surat lamaran kerja jadi terlihat tidak menarik dilihat HRD atau owner perusahaan. Jika surat lamaran Anda sudah terlihat buruk dimata HRD atau owner, tentu hal ini akan membuat Anda akan sulit untuk diterima. Maka dari itu pastikan Anda memilih font yang tepat dan membuat Anda berpeluang besar lolos rekrutmen.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top