StartUp dan UKM

Gak Mau Kalah, Selebriti Ini Juga Punya StartUp Sendiri Lho, Anda Kapan?

Usaha Startup di Indonesia kini mulai banyak tumbuh serta memiliki banyak peminat. Startup merupakan perusahaan perintisan yang biasanya berbasis teknologi digital dan bertujuan menyediakan solusi bagi masyarakat. Inilah mengapa kebanyakan usaha Startup dilakukan oleh anak muda yang lebih telaten memanfaatkan teknologi yang memang tengah booming saat ini.

Startup memang kebanyakan menyajikan hal-hal baru yang menarik dan bertujuan menyediakan solusi bagi masyarakat. Salah satu usaha Startup yang baru-baru ini terkenal di Indonesia adalah Startup penyedia layanan transportasi seperti Go-Jek yang menyediakan solusi bagi penumpamg dan tukang ojek. Startup lainnya adalah Tokopedia yang menyediakan layanan untuk mempertemukan antara pedagang dan pembeli secara online. Inovasi dari Startup ini merupakan inovasi besar yang mengubah hidup banyak orang.

Rupanya, bisnis Startup ini juga menarik minat para selebritis. Siapa sajakah mereka?

MalesBanget.com – Christian Sugiono

Christian Sugiono bisa dibilang sebagai pelopor usaha Startup di Indonesia. Christian yang sempat mengenyam pendidikan di jurusan Teknologi Informasi di salah satu Universitas di Jerman dan menyandang gelar sebagai Duta Pengetahuan Bebas dan Duta Microsoft Windows 7 ini sekarang telah menjadi founder sekaligus CEO situs MalesBanget.com. Situs humor ini berisikan artikel dan video yang sudah berdiri sejak tahun 2003. Hanya saja beberapa waktu lalu MalesBanget.com sempat vakum karena memang belum banyak orang yang familiar dengan dunia internet. Saat ini MalesBanget.com sendiri berada di bawah naungan PT. MBDC Media yang menjadi salah satu media populer di Indonesia.

Kincir.com – Giring ‘Nidji’

Selebriti kedua yang memiliki usaha Startup adalah Giring ‘Nidji’. Giring menyediakan platform yang mewadahi fans jika ingin melihat profil fans secara detail hingga bisa melakukan live chat. Giring menjadi founder sekaligus pengembang ide Kincir.com yang berdiri sejak tahun 2013. Platform ini hampir sama dengan media sosial lainnya dimana fans dapat mengikuti akun artis yang mereka inginkan. Fans juga dapat saling menambah teman dengan sesama fans, memberikan like, komentar dan share.

8wood.id – Alice Norin

Alice Norin bersama suaminya Alvin Yudhapatria mendirikan 8wood.id pada tahun 2013. 8wood ini awalnya dibuat dengan tujuan sebagai toko fashion online yang menjual produk-produk sendiri. Namun semakin lama ide tersebut berkembang menjadi model bisnis B2C. Bahkan saat ini 8wood.id telah bekerja sama dengan lebih dari 200 merk. 8wood memiliki keunggulan karena menyediakan foto-foto dengan tampilan yang menarik pada setiap produk yang dipasarkan. 8wood juga memaksimalkan interaksi melalui media sosial mereka dengan para pelanggan. Saat ini Alvin Yudhapatria menjadi CEO 8wood.id dan Alice menjadi CCO.

Skin.co.id – Zivanna Letisha

Putri Indonesia 2008 ini selain cantik juga turut terjun langsung dalam bisnis Startup kecantikan, Skin. Skin.com merupakan platform yang menyediakan beragam produk kecantikan. Situs tersebut memfasilitasi pengunjung untuk berkonstribusi mengirimkan artikel sekaligus membeli produk-produk kecantikan secara online.

Layaria.com – Dennis Adhiswara

Usaha Startup milik selebriti Indonesia selanjutnya adalah Layaria.com yang didirikan oleh Dennis Adhiswara. Layaria.com merupakan platform video online pertama di Indonesia yang menyediakan wadah bagi kreator video di Indonesia. Layaria.com juga menjadi partner resmi situs berbagai video di YouTube. Layaria.com didirikan sejak tahun 2012 dan hingga kini masih menyajikan konten-konten yang menarik.

KROWD – Vidi Aldiano

KROWD didirikan dengan tujuan untuk mewadahi para kreator yang memiliki ide dengan Collaborator yang mempunyai keahlian. KROWD muncul dari insprirasi Vidi Aldiano yang merasa kesulitan mencari orang untuk diajak berkolaborasi dengannya seperti ketika mendesain cover albumnya. Ide tersebut diwujudkan oleh Vidi dalam bentuk KROWD sejak tahun 2017 dan saat ini telah berhasil menjaring 26 initator dan 315 Collaborator dari seluruh Indonesia dan pastinya masih akan terus bertambah.

Tidak hanya para selebriti, orang biasa tidak mustahil mendirikan bisnis Startup juga. Anda tertarik dengan bisnis ini?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top