Peluang Usaha

Generasi Milenial, Jangan Ragu untuk Bangun Binsis, Ini Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan!

berbisnis-generasi-milenial

Berbisnis sejak muda memang tidak banyak orang yang melakukannya. Umumnya kaum muda selepas pendidikannya berhasrat untuk meniti karir di sebuah perusahaan tertentu. Padahal bila menilik apa yang bisa didapat dengan berbisnis akan banyak hal yang lebih memuaskan. Kepuasan dalam diri memang menjadi salah satu acuan dan ukuran kebahagiaan yang seharusnya dicari seseorang, terutama kaum muda. Apalagi melihat zaman yang semakin modern di tahun milenial seperti sekarang ini. Maka akan semakin banyak manfaat yang bisa didapat oleh seseorang ketika merintis bisnis. Lalu apa saja bentuk manfaat yang bisa diperoleh generasi milenial ketika memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis? Berikut ulasannya.

  1. Memahami dan Menguasai Teknologi

Manfaat pertama ketika Anda memilih bisnis sebagai jalan hidup Anda di zaman milenial adalah pemahaman teknologi yang semakin kuat. Di zaman milenial seperti sekarang ini teknologi memang berkembang sangat pesat. Bahkan begitu cepatnya teknologi yang berkembang membuat kita bisa tertinggal jika tidak mengikutinya. Maka dari itu saat terjun ke dunia bisnis maka mau tak mau Anda harus terus mempelajari teknologi yang sedang berkembang. Ini karena dengan teknologi maka bisnis Anda akan dapat terbantu untuk lebih maju. Beberapa teknologi yang dapat Anda kuasai ketika berbisnis di zaman milenial ini antara lain website, aplikasi, instant call atau video call dan lainnya.

  1. Mengenal Selera Anak Muda dengan Lebih Baik

Konsumen zaman milenial, terutama kalangan kaum muda memang memiliki selera yang selalu berubah-ubah. Nah Anda sebagai pengusaha di zaman milenial bisa mengambil manfaat dari keadaan tersebut. Perubahan selera yang berubah-ubah akan membuat Anda lebih jeli melihat pasar dan responsif atau tanggap untuk melakukan tindakan dari perubahan pasar tersebut. Ketika Anda bisa lebih cepat menanggapi perubahan selera dari konsumen maka Anda akan lebih cepat menguasai pasar.

  1. Kecakapan Komunikasi

Komunikasi pada zaman milenial memang tidak hanya berwujud komunikasi verbal, tapi karena teknologi yang berkembang membuat muncul komunikasi teks dan tubuh. Komunikasi verbal mungkin menjadi sangat umum terjadi bahkan sejak dahulu kala karena mengandalkan bunyi dan gerak mulut sebagai alat komunikasi. Tapi saat ini dengan adanya teknologi yang memunculkan teknologi instan messaging dan video call membuat Anda juga harus pandai menguasai komunikasi teks dan juga gerak tubuh.

  1. Memupuk Rasa Percaya Diri

Berikutnya, manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menjalankan bisnis pada zaman milenial adalah memupuk percaya diri. Memang tidak semua orang berani untuk mengambil jalan sebagai entrepreneur. Hal ini karena dalam dunia bisnis punya risiko yang besar, dari kerugian hingga gulung tikar. Tapi saat seseorang berani mengambil risiko tersebut sudah pasti dia memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Tingkat percaya diri yang tinggi pada seorang entrepeneur juga terlihat saat dirinya memutuskan sebuah kebijakan tertentu. Semakin lama seseorang menjalani profesi sebagai entrepreneur maka semakin tinggi dan teruji pula tingkat kepercayaannya.

  1. Memiliki Banyak Kesempatan dan Belajar dari Kegagalan

Terakhir, manfaat membangun bisnis bagi generasi milenial adalah punya banyak kesempatan untuk belajar dari kegagalan. Pengalaman memang merupakan guru yang paling berharga. Namun tidak semua orang bisa punya kesempatan untuk belajar dari kegagalan. Sebab bila Anda jadi seorang pegawai maka posisi Anda seketika sudah terjamin dan aman. Dari sini maka seorang karyawan pastinya akan jarang menemui kegagalan. Tapi bagi seorang penguasaha, kegagalan adalah sebuah hal yang sangat mungkin terjadi. Namun dari kegagalan inilah biasanya seorang pengusaha akan mampu naik ke tahapan sukses yang berikutnya. Namun syarat untuk bisa sukses, pebisnis harus bisa belajar dari kegagalan yang dialami.

Inilah beberapa manfaat yang bisa diperoleh oleh generasi milenial yang mengambil bisnis sebagai jalan hidupnya. Dari sini kamu seharusnya tak perlu ragu lagi ketika ingin terjun ke dunia bisnis. Hal ini karena akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, terlebih di zaman milenial seperti sekarang ini.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top