Keuangan

Guys, Baru Pertama Kali Gunakan Kartu Kredit? Ingat Ini Ya

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang bisa digunakan untuk membayar tagihan atau bisa dibilang pengganti uang tunai. Kartu kredit tidak sama dnegan kartu debit karena kartu debit merupakan kartu pinjaman yang mana konsumen meminjam uang dengan pihak bank setiap menggunakan kartu kredit. Kartu debit merupakan kartu pembayaran secara elektronik yang mana sumber dana yang diambil dari tabungan nasabah itu sendiri. Manfaat kartu kredit ini juga beragam bahkan untuk generasi milenial yang lahir pada tahun 1982-1995. Beberapa manfaat kartu kredit ini untuk generasi milenial ialah memaksimalkan pembayaran yang lebih efisien, memanfaatkan promo atau diskon bahkan cashback. Bagi anda yang masih pemula dalam menggunakan kartu kredit maka harus ingat poin-poin berikut ini :

Hindari Mengambil Uang Dengan Kartu Kredit

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa kartu kredit seperti kartu hutang. Dengan memiliki kartu kredit anda bisa menggunakannya untuk berbelanja dimanapun anda berada atau mengambil uang. Biarpun begitu hindari mengambil uang dengan menggunakan kartu kredit di mesin ATM. Pasalnya memakai kartu kredit di mesin ATM memiliki besaran bunga yang lebih besar. Ada baiknya memakai kartu debit untuk mengambil uang dan memakai kartu kredit untuk transaksi tertentu.

Perhatikan Limit dan Biaya Tahunannya

Selanjutnya perhatikan limit dari kartu kredit anda. Gunakan kartu kredit jika memang sangat mendesak. Tidak lupa ketahui biaya tahunannya apalagi jika anda memiliki lebih dari satu kartu kredit. Tak jarang beberapa bank memberikan biaya tahunan sebesar Rp.0 untuk kurun waktu tertentu. Ada baiknya anda memilih pembayaran kartu kredit auto debit dengan tabungan bank anda sehingga besarnya biaya kartu kredit tiap bulan akan langsung dipotong dari uang tabungan yang anda miliki di bank tersebut.

Jaga Data Kartu Kredit Anda

Tidak lupa jaga kerahasiaan kartu kredit anda. Apalagi kartu kredit marak mengalami pembobolan sehingga penting untuk menjaga kerahasiaannya. Jangan mudah memindah tangankan kartu kredit anda entah pada teman atau kerabat. Hindari menyimpan informasi kartu kredit pada marketplace atau platform langganan pembelian tiket maupun belanja yang dimiliki. Walaupun sebenarnya bisa mempersingkat waktu pembayaran namun hal ini riskan jika anda kehilangan gadget yang menyimpan beragam informasi terkait kartu kredit.

Manfaatkan Untuk Diskon Atau Cashback

Memiliki kartu kredit tak melulu membawa beban tagihan yang besar malah bisa mengurangi biaya pengeluaran anda. Anda bisa memakai kartu kredit untuk mendapatkan diskon, menikmati promo tertentu bahkan mendapatkan cashback. Beberapa merchant biasanya memberikan diskon maupun cashback untuk pemegang kartu kredit tertentu. Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk transaksi yang memiliki manfaat tersebut dan barang yang dibeli memang benar-benar dibutuhkan.

Pakai Fitur Cicilan Untuk Transaksi Menguntungkan

Kartu kredit juga memiliki fitur cicilan yang bisa anda gunakan untuk membeli barang-barang pada marketplace. Berhutang memang tidak disarankan namun anda bisa memanfaatkan cicilan untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya saja anda membeli perhiasan maupun smartphone yang anda impikan secara kredit maupun mesin untuk kebutuhan bisnis anda. Satu hal yang terpenting ialah jangan sampai besaran cicilan tersebut melebihi 30 % dari penghasilan yang anda miliki.

untuk mendapatkan kartu kredit anda bisa mengandalkan fasilitas kartu tambahan jika anda keluarga utama anda yang juga hendak mengajukan permohonan kartu kredit. Anda juga bisa menafaatkan promo yang sedang berlangsung untuk mendapatkan kartu kredit ini. Selalu ingat untuk mengutamakan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan anda saat memakai kartu kredit.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top