Peluang Usaha

Hai Anak Muda yang Ingin Merintis Usaha Sejak Dini, Kenapa Tidak Mencoba 4 Ide Bisnis Ini Saja?

Pernahkah Anda memiliki keinginan untuk menjalankan bisnis di usia muda? Sayangnya, keinginan tersebut sulit terealisasi karena menjalankan bisnis tentu harus membutuhkan modal yang cukup. Diantara kalian mungkin ada yang mendapatkan bantuan modal dari orangtua, meski jumlahnya tidak besar. Setelah ada modal, Anda malah bingung untuk memilih jenis usaha apa yang cocok dijalankan sebagai pemula bahkan dengan modal minim. Mudah saja sebenarnya, mulailah saja dulu dari hal-hal yang Anda sukai. Contohnya Anda suka berjualan barang seperti tas, pakaian atau bahkan camilan kekinian. Nah, cobalah tawarkan beberapa produk yang Anda jual tersebut dari mulut ke mulut. Bisa menjual kepada orang-orang terdekat, kemudian memasarkannya lewat media sosial. Namun, bagi Anda yang masih bingung ingin menjalankan bisnis apa yang cocok untuk pemula. Coba deh simak dulu 4 ide bisnis yang cocok dijalankan untuk anak muda berikut ini.

  1. Bisnis Online Shop

Saat ini bisnis online shop sedang marak dimana-mana, Anda pun pasti tahu bagaimana boomingnya orang-orang berbelanja di online shop. Melihat banyaknya konsumen yang antusias terhadap online shop, maka hal ini memunculkan banyaknya website online yang bisa dijadikan pilihan untuk memasarkan produk. Bagi Anda yang mau menjalankan bisnis online, di sini Anda bisa menjual berbagai macam jenis produk. Mulai dari pakaian, sepatu, tas, hijab, makanan, minuman dan masih banyak lagi. Agar produk Anda laku dipasaran, maka manfaatkanlah fitur yang tersedia pada website online atau media sosial dengan sebaik mungkin dan sekreatif mungkin. Jangan lupa, tentukan produk yang sedang nge-tren serta tentukan berapa harga yang pas untuk harga dipasaran. Dengan merencanakan segala hal dengan baik, maka produk-produk yang dipasarkan di online shop atau media sosial pasti akan laku besar dan lebih menguntungkan.

  1. Menjual Produk dengan Menjadi Reseller Barang

Karena masih pemula, Anda memang belum memiliki banyak pengalaman dalam hal berbisnis. Oleh karena itu, mencoba menjadi reseller tidak ada salahnya. Meskipun produk yang dijual milik orang lain, namun Anda masih bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Misalnya Anda membeli barang kepada supplier dengan harga tertentu, kemudian Anda jual kembali barang tersebut kepada konsumen dengan menaikkan sedikit harga dari yang telah diberikan supplier sebelumnya. Biasanya, supplier akan memberikan harga khusus untuk resellernya yang membeli barang dalam jumlah besar. Jadi, Anda bisa menjual kepada konsumen dengan harga yang lumayan namun pas dan saling menguntungkan.

  1. Membuka Jasa Pemotretan atau Fotografi

Jika Anda mempunyai kamera semacam DSLR, maka manfaatkanlah untuk berbisnis. Mungkin Anda merupakan seseorang yang bercita-cita ingin menjadi seorang fotografer professional? Membuka jasa fotografi memang membutuhkan modal yang cukup besar, peralatan yang harus dimiliki pun bisa membuat kantong Anda tipis. Namun agar Anda bisa merealisasikannya, mulai saja dengan membuka jasa pemotretan atau fotografi kecil-kecilan dulu. Misalnya, membuka jasa fotografi untuk buku tahunan sekolah atau prewedding. Meski menjalankan bisnis dari yang terkecil dulu, namun percayalah keuntungan yang diraih bisa sangat lumayan.

  1. Menjalankan Bisnis Kafe Kecil-Kecilan

Apabila Anda memiliki modal yang cukup dan memiliki beberapa koneksi, maka Anda bisa mencoba untuk menekuni bisnis kafe. Tidak harus memiliki kafe yang besar, cobalah dulu rintis kafe dari yang kecil-kecil dulu semisal membangun kafe di lingkungan mahasiswa. Anda bisa melakukan berbagai macam penghematan lainnya, mulai dari harga sewa yang relatif murah, perlengkapan dari rumah yang bisa dipinjam untuk menjalankan bisnis kafe Anda, hingga alokasi rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan kafe sementara. Jika rumah Anda memiliki terlas atau halaman kosong yang cukup luas, kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk menjalankan bisnis kafe kecil-kecilan? Jangan anggap remeh, meski dilakukan secara kecil-kecilan ternyata bisnis kafe ini mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Namun jika memang Anda memiliki modal yang besar, maka silahkan saja membuka kafe besar. Akan tetapi, hal tersebut tentu membutuhan kepandaian dan keuletan yang tinggi dalam hal mengelolanya sehingga bisnis kafe berjalan dengan lancar dan terhindar dari kerugian besar.

Nah, itulah dia 4 ide bisnis yang cocok dijalankan oleh anak muda sebagai pemula. Menjadi pengusaha tentu saja tidak harus selalu dimulai dari yang terbesar dulu, tapi Anda bisa memulainya dari usaha kecil-kecilan. Hal yang paling penting adalah bagaimana Anda mengelola bisnis dengan baik dan benar serta dibarengi kerja keras yang pantang menyerah. Semoga 4 ide usaha di atas dapat membantu dan menginspirasi Anda yah. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top