Keuangan

Hal Sepele yang Sering Diabaikan Saat Lebaran Tapi Membuat Pengeluaran Membengkak, Waspadai!

pengeluaran lebaran membengkak

Lebaran identik dengan pembelian banyak kebutuhan untuk memeriahkannya. Pembelian beberapa kebutuhan ini tentu wajar karena memang di negeri ini sudah menjadi tradisi. Tapi dalam memenuhi kebutuhan lebaran ini tidak sedikit orang yang mengalami jebol anggaran karena pengeluaran yang membengkak. Menariknya, pengeluaran yang membengkak ini ada yang dikarenakan hal-hal sepele. Tentu saja hal sepele yang membuat pengeluaran membengkak ini akan sangat disayangkan. Sebab anggaran yang seharusnya dimaksimalkan untuk hal lain yang lebih optimal. Tapi seperti apakah hal-hal sepele yang dapat membuat pengeluaran membengkak saat lebaran tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Membeli Baju Lebaran Terlalu Banyak atau dengan Harga Terlalu Mahal

Pertama, hal sepele yang membuat pengeluaran membengkak saat lebaran adalah membeli baju lebaran terlalu banyak atau dengan harga terlalu mahal. Membeli baju lebaran sebenarnya hal yang lumrah dan biasa-biasa saja. Tapi bila Anda membeli baju lebaran ini terlalu banyak dan atau dengan harga terlalu mahal tentu uang yang Anda keluarkan juga akan semakain besar. Dan bukan tidak mungkin membeli baju lebaran yang terlalu banyak atau dengan harga terlalu tinggi ini bisa membuat pengeluaran jadi membengkak. Lebaran yang hanya berlangsung paling lama satu minggu tentu membuat Anda perlu bijak menentukan kuantitas atau jumlah baju lebaran yang akan dibeli. Beli saja satu hingga tiga baju yang bisa dipakai bergantian untuk menyemarakkan lebaran yang Anda rayakan dalam satu minggu. Meksipun Anda punya uang banyak, tentu Anda perlu bijak untuk pengeluaran yang akan dilakukan.

  1. Membeli Terlalu Banyak Kue Lebaran

Salah satu pengeluaran saat lebaran yang juga seringkali tidak dilewatkan yaitu pembelian kue lebaran. Dengan banyaknya tamu yang datang ke rumah maka persediaan kue lebaran memang harus dilakukan. Tapi karena tidak akan terjadi selama dua bulan tamu-tamu berdatangan ke rumah maka Anda perlu bijak dalam pembelian kue lebaran tersebut. Sayangnya tidak sedikit orang yang terlalu membeli banyak kue lebaran yang membuat pengeluarannya membengkak. Biasanya saat membeli kue lebaran ini seseorang memang tidak terasa mengeluarkan uang dalam jumlah banyak sehingga membuat pengeluarannya membengkak. Maka dari itu agar Anda terhindari dari pengeluaran yang membengkak, mau tak mau Anda harus bijak saat membeli kue lebaran. Beli saja secukupnya untuk persediaan lebaran maksimal satu bulan.

  1. Uang Jajan Saat Mudik dan Liburan

Mudik adalah tradisi saat lebaran yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia. Nah saat mudik lebaran ini pastinya ada pengeluaran yang harus dilakukan. Selain untuk pembelian tiket, pengeluaran yang juga tak bisa diremehkan saat perjalanan mudik ke kampung halaman adalah uang jajan. Saat membeli jajan dalam perjalanan mudik ke kampung halaman memang tak jarang kita mengeluarkan dana yang besar. Sayangnya banyak orang yang tak menyadari hal ini. Mereka baru sadar ketika sudah sampai di kampung halaman dan mendapati pengeluaran yang membengkak.

  1. Pemberian Uang THR (Tunjangan Hari Raya)

Selanjutnya, hal sepele yang seringkali diabaikan saat lebaran dan membuat pengeluaran membengkak adalah pemberian uang THR. Memberikan uang THR memang juga sudah menjadi hal yang biasa dalam hari raya. Tapi dalam pemberian THR ini seringkali seseorang terlalu berlebihan dalam mengeluarkannya. Seseorang yang berlebihan dalam mengeluarkan uang THR ini biasanya melakukan pemberian THR pada banyak orang, termasuk pada orang-orang di luar keluarga besar. Pemberian THR memang seharusnya membuat Anda memprioritaskan pada keluarga besar. Sebab keluarga besar Anda inilah yang seringkali mendukung kehidupan yang Anda jalani.

  1. Banyak Lampu yang Dibiarkan Menyala di Rumah Saat Ditinggal Mudik

Terakhir, hal sepele yang seringkali diabaikan saat lebaran hingga membuat pengeluaran membengkak adalah banyak lampu yang dibiarkan menyala di rumah saat ditinggal mudik. Ketika melakukan mudik tak jarang memang banyak orang yang kemudian menyalakan banyak lampu di rumah. Tentu saja bila hal ini dilakukan akan membuat beban listrik akan naik. Ketika beban listrik naik tentu Anda nantinya harus berhadapan dengan biaya bulanan listrik yang besar. Dari sini untuk menghindari pengeluaran membengkak maka Anda harus bijak dengan menyalakan lampu seperlunya di tempat-tempat strategis seperti di depan rumah ketika Anda akan mudik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top