Tips

Hanya Ada Dana Terbatas dan Ingin Rekrut Pegawai? Lakukan Saja 5 Solusi Berikut Ini

self-employee

Dalam menjalankan bisnis atau usaha, tenaga kerja seorang pegawai akan selalu dibutuhkan. Apalagi bila bisnis yang ada tengah berkembang, maka sang owner akan sangat membutuhkan tenaga karyawan atau pegawai. Dengan adanya pegawai maka Anda tak perlu lagi mengerjakan sesuatunya secara sendirian. Anda pun bisa melakukan hal-hal lain yang lebih penting untuk bisa menjadikan bisnis lebih pesat. Tapi bagaimana bila dana yang dimiliki terbatas untuk merekrut pegawai? Jangan khawatir, meski tak memiliki dana cukup untuk merekrut pegawai, Anda masih dapat menjalankan bisnis. Caranya, terapkan saja beberapa solusinya berikut ini.

  1. Manfaatkan Teknologi Terbaru yang Ada

Pertama, solusi merekrut karyawan meski dana terbatas adalah dengan memanfaatkan teknologi. Saat ini teknologi memang sangat maju dan dapat membuat Anda bisa menghemat dalam pengeluaran untuk merekrut karyawan.  Misalnya saja dengan memanfaatkan teknologi internet, Anda bisa melakukan pemasaran secara online dengan bantuan satu operator saja atau bahkan tanpa karyawan dengan menggunakan tenaga Anda sendiri. Dengan pemasaran online ini pun Anda tak perlu lagi merekrut banyak karyawan untuk membentuk tim marketing, sehingga dana pun bisa disimpan untuk kepentingan lain.

  1. Terapkan Cara Layanan Self Service

Dengan dana terbatas kita memang akan kesulitan untuk melakukan beberapa hal, termasuk menyediakan pegawai guna kebutuhan bisnis. Tapi dengan pemikiran yang kreatif kita bisa mengakali segala sesuatunya meski dana terbatas. Salah satu solusi untuk mengtasinya, Anda bisa menghadirkan layanan self service. Layanan self service atau melayani diri sendiri, sekarang ini memang sedang menjadi tren. Dengan layanan self service, konsumen bisa dengan bebas melakukan untuk kebutuhan belanjanya. Jika Anda bergerak dalam bisnis kuliner, layanan self service ini berwujud konsep prasmanan. Dengan adanya layanan self service ini maka Anda tak perlu lagi merekrut pegawai.

  1. Gunakan Tenaga Freelancer

Keberadaan situs-situs atau website yang menghadirkan tenaga kerja freelancer membuat Anda tak perlu merekrut karyawan full time dengan gaji yang besar. Sebab tenaga freelancer yang bekerja paruh waktu bisa Anda bayar per-project atau sesuai kebutuhan. Selain itu para freelancer yang bekerja secara remote di luar kantor membuat Anda tak perlu menyediakan ruangan atau juga perlengkapan khusus untuk karyawan tetap. Dari sini maka merekrut tenaga freelance akan menjadi keputusan yang tepat bagi Anda dengan dana terbatas. Keputusan merekrut tenaga freelance sendiri sudah menjadi tren bagi para pemilik startup yang memang memiliki dana terbatas.

  1. Manfaatkan Relasi yang Ada

Keberadaan relasi dalam bisnis memang terbilang penting. Sebab dengan relasi kita bisa terbantu dalam berbagai urusan, termasuk dalam hal mendapatkan solusi dari rekrutmen karyawan dengan dana terbatas. Dengan adanya relasi yang berkaitan dengan bisnis maka Anda tak perlu lagi binggung mencari karyawan. Jalin saja kerjasama dengan mereka dengan sistem perjanjian kemitraan. Semisal dalam bisnis kuliner, Anda bisa menjalin kerjasama dengan owner bisnis supplier sambal atau juga makanan siap saji lainnya. Dari sini Anda tak perlu lagi menghadirkan karyawan baru untuk mengolah makanan di dapur. Contoh lain bila Anda menjalankan bisnis WO (Wedding Organizer), maka dengan kemitraan beberapa relasi dari owner katering, tenda, rias pengantin, dekorasi, fotografer dan lainnya maka Anda sudah bisa menjalankan usaha tanpa harus merekrut karyawan.

  1. Mintalah Bantuan atau Pertolongan pada Orang Terdekat

Terakhir, solusi untuk merekrut pegawai dengan dana terbatas adalah dengan meminta bantuan pada orang terdekat. Sementara saat awal mula perintisan bisnis, Anda bisa meminta bantuan atau pertolongan kepada anggota keluarga baik itu istri/suami dan anak untuk bersama mengerjakan usaha. Bantuan lain juga bisa Anda dapatkan dari sanak saudara seperti adik, kakak, paman, bibi atau keponakan untuk meminta bantuan menjalankan usaha. Dengan solusi ini tentu Anda tak perlu merekrut karyawan yang bisa menghabiskan dana besar.

Demikianlah beberapa cara dan solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan terbatasnya dana ketika ingin merekrut karyawan. Dengan hal ini usaha akan tetap berjalan sembari Anda mengembangkan usaha lebih besar lagi. Nah ketika usah sudah maju pesat dan omset meningkat maka Anda pun bisa melakukan rekrutmen karyawan secara resmi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top