Tips

Hi Single Mom, Terapkan 5 Solusi Ini Agar Anda Bisa Menjalani Hidup dengan Lebih Mandiri!

Siapa bilang menjadi seorang single mom mudah dan menyenangkan? Meski single mom bisa hidup bebas tanpa ada kengkangan dari pasangan, tapi perlu diketahui bahwa menjadi single mom itu diperlukan kemandirian yang sangat besar. Karena di tinggal suami, para single mom berarti harus siap untuk menghadapi dan menjalani peran ganda yakni sebagai ibu sekaligus ayah yang mampu merawat anak serta mencari nafkah tunggal bagi kelangsungan hidup keluarga. Selain itu, tuntutan yang datang dari sang anak untuk bisa menghidupi dan memenuhi segala kebutuhannya juga membuat single mom harus lebih bijak dalam mengelola keuangan keluarga.

Meski terasa berat, namun menjadi seorang single mom tetaplah harus teguh agar mampu menjalani kondisi apapun. Lagipula, sudah menjadi hal yang wajar bukan bagi setiap ibu untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya? Sekalipun Anda harus banting tulang, pasti akan dilakukan demi kebahagiaan mereka. Namun, bagaimana dengan Anda seorang single mom yang tidak mempunyai pekerjaan? Jika seperti itu, bagaimana Anda bisa menghadapi kondisi hidup dan mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup? Nah, bagi Anda single mom yang resah dengan hidup demikian. Yuk, simak 5 solusinya dalam ulasan berikut ini.

  1. Gali Potensi yang Anda Miliki

Selama mengurus rumah tangga, mungkin tidak menyadari bahwa di dalam diri Anda terdapat potensi yang bisa dikembangkan. Misalnya potensi menulis, menjahit, memasak, membuat aksesoris dan masih banyak lagi. Jika Anda menemukan potensi yang muncul dalam diri, maka saatnya untuk memaksimalkan potensi tersebut guna mendapatkan pundi-pundi rupiah. Contohnya Anda jago memasak, kenapa tidak dimanfaatkan peluang tersebut untuk membuka warung makan atau menjualnya di minimarket? Disamping Anda bisa membuat makanan untuk kebutuhan anak-anak setiap hari, di sini Anda juga bisa berjualan guna mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Lumayan kan?

  1. Cari Peluang Usaha yang Modalnya Minim, Namun Besar Keuntungan

Untuk mewujudkan potensi yang Anda miliki, sebaiknya cari peluang usaha yang modalnya minim namun menguntungkan. Dengan mencari peluang usaha yang modalnya minim, Anda akan terhindar dari resiko yang terlalu besar. Misalnya mencari peluang usaha di bidang bisnis seperti dropshipper, reseller atau bisnis online lainnya. Jika Anda memiliki kemampuan dalam hal menulis karya ilmiah, mungkin Anda bisa mencobanya untuk menjadi penulis lepas yang modalnya minim dan rendah resiko. Mulailah saja dari yang terkecil dulu, setelah usaha cukup berkembang maka Anda bisa melakukan ekspansi atau menanamkan modal yang lebih tinggi. Dengan demikian, usaha yang dijalankan akan terus berkembang dan keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak.

  1. Bekerja Sampingan Sebagai Freelancer

Bagaimana jika Anda ingin bekerja, namun tetap ingin berada disamping anak? Mudah jawabannya, coba saja menjadi freelancer. Pekerjaan yang satu ini merupakan solusi yang tepat, karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja alias fleksibel. Ada banyak pilihan pekerjaan freelance yang bisa Anda pilih diantaranya yaitu penulis, editor, web developer, ilustrator dan lain-lain. Perlu Anda ketahui, meski freelancer ini fleksibel tapi penghasilan yang bisa didapatkan juga tidak kalah dengan pekerja full time lho.

  1. Cermatlah dalam Mengatur Keuangan

Seiring berjalannya waktu yang semakin mempengaruhi besarnya beban biaya hidup keluarga dan diri sendiri, maka Anda harus lebih bijak dalam mengelola pengeluaran. Usahakan untuk tidak membeli barang diluar kebutuhan, catatlah setiap kebutuhan yang akan dibeli setiap bulannya agar terhindar dari keborosan. Utamakan kebutuhan terlebih dahulu, lalu sisihkan sebagian uang untuk ditabung atau diinvestasikan sehingga keuangan Anda akan terus bertambah. Bahkan, Anda akan mempunyai cadangan dana untuk kebutuhan di masa depan. Dengan begini, kehidupan Anda dan keluarga pasti akan lebih terjamin secara finansial.

  1. Didik Anak untuk Hidup Lebih Mandiri

Sebagai seorang single mom, Anda pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak dan keluarga. Namun, jangan sampai anak-anak terbuai dengan kenikmatan atas jerih payah yang selama ini dilakukan sehingga mereka manja dan tidak bisa hidup susah. Oleh karena itu, buatlah anak Anda jadi mandiri untuk mengembangkan kepribadiannya agar lebih baik di masa mendatang.

Bagaimana? Jika Anda sudah membaca ulasan di atas, maka terapkan ke-5 solusi tersebut agar Anda bisa menjadi single mom yang kuat dan mandiri. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top