Lainnya

Hidup di Perantauan Memang Sulit, Namun Ada Banyak Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan!

Manfaat Merantau

Jika Anda ingin keluar dari zona nyaman atau ingin meraih mimpi dengan cara merantau, maka cobalah. Merantau bermakna perginya seseorang dari suatu tempat ke tempat lain dengan jarak yang lumayan jauh untuk mencari pengalaman dan mengejar impian. Merantau juga mampu memberikan pelajaran bagi seseorang, karena merantau mengenalkan sebuah perjuangan hidup yang sesungguhnya agar seseorang tersebut berubah menjadi pribadi yang mandiri dan lebih kuat mentalnya. Nah bagi Anda yang memiliki cita-cita untuk kuliah atau bekerja di luar kota yang jauh, sebaiknya jangan takut untuk mencobanya. Justru, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari merantau. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  1. Meningkatkan Level Kemandirian

Namanya juga merantau, artinya Anda akan hidup sendiri di kampung orang lain. Hal ini menuntut Anda untuk dapat melakukan segala sesuatu seorang diri mulai dari menyiapkan sarapan, memasak, membereskan rumah, mencuci piring, mencuci pakaian hingga menyiapkan kebutuhan Anda setiap hari. Apalagi di masa-masa belum memilki teman, tentu saja Anda harus lebih bisa melakukannya sendirian. Meski terdengar sulit, namun percayalah bahwa kesempatan tersebut sangatlah baik untuk kehidupan Anda agar semakin mandiri. Dengan belajar melakukannya serba mandiri dalam menghadapi setiap masalah, dari sini Anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi kehidupan.

  1. Mendapatkan Tantangan, Cerita, Pengalaman Baru yang Berharga dan Tidak Akan Mudah Dilupakan

Saat hidup di perantauan Anda akan mengenal berbagai macam kebiasaan, karakter, budaya dan kearifan lokal yang berbeda di daerah tersebut. Pada saat itulah Anda akan menemukan banyak pengalaman, cerita dan tantangan baru yang mungkin belum pernah dialami. Biasanya saat seseorang menemukan hal-hal baru, dia akan merasa lebih semangat untuk menjalankan hari-harinya. Bahkan jika mendapatkan tantangan dan pengalaman yang menyenangkan, hal tersebut akan turut membantu seseorang untuk lebih giat dalam menjalani hidup.

  1. Menjadikan Pribadi yang Mudah Beradaptasi

Tidak hanya menuntut Anda hidup mandiri, hidup merantau juga memaksa Anda agar mampu beradaptasi dengan baik. Sebab ketika Anda keluar dari kampung halaman, di situ Anda akan keluar dari zona nyaman pertemanan seperti biasanya. Namun di tempat baru, Anda akan mulai untuk harus belajar menerima dan berdaptasi dengan kebiasaan, budaya bahkan karakter dari setiap masyarakat setempat. Kemampuan tersebutlah yang akan membantu ego Anda menurun serta mengajarkan toleransi agar Anda dapat menerima hal-hal baru di perantauan.

  1. Mampu Mengelola Keuangan dengan Baik

Jika sebelumnya Anda sulit mengatur uang dan sering boros, maka saat hidup jauh dari orang tua dan sanak saudara Anda harus lebih bijak mengelola keuangan. Dalam satu bulan, Anda dituntut untuk menghemat uang agar tidak cepat habis sebelum waktunya tiba. Apalagi kalau kiriman dari orangtua masih lama, jangan sampai meminjam kepada teman atau bahkan tetangga yah. Kelola uang dengan baik, bahkan akan lebih baik lagi jika Anda mencari uang tambahan guna meringankan beban orang tua di kampung halaman. Bisa dengan membuka usaha atau bekerja paruh waktu, selama bisa membagi waktu dengan aktivitas utama. Dengan begini, uang Anda tidak hanya akan terkelola dengan baik tapi juga semakin bertambah.

  1. Mendapat Keluarga dan Teman Baru

Mungkin merantau membuat Anda jauh dari keluarga dan teman di kampung halaman, namun seiring berjalannya waktu Anda pasti akan mendapat keluarga dan teman-teman baru lho. Bisa jadi, teman-teman dan keluarga baru di perantauan tersebut banyak menemani hidup Anda untuk tumbuh semakin dewasa dan mandiri.

  1. Memahami Arti Keluarga yang Sebenarnya

Saat dekat dengan keluarga, seseorang mungkin tidak merasa bahwa keluarga adalah orang terspesial dalam hidupnya. Namun pada saat merantau, justru keluargalah yang terasa begitu sangat berarti dan penting bagi kehidupan. Meski demikian, jauh dari keluarga juga dapat mengajarkan Anda untuk saling memperhatikan dan saling support walau dari kejauhan. Jarak bukanlah masalah besar, tapi ada saatnya juga jarak dapat mengubah rasa rindu menjadi semangat untuk membuat Anda jadi ingin melakukan yang terbaik agar suatu saat nanti bisa menyenangkan dan membanggakan keluarga di rumah.

  1. Lebih Pandai Bersyukur

Satu hal yang paling bermanfaat dan berharga saat hidup diperantauan adalah rasa pandai bersyukur. Memang benar, merantau mengajarkan seseorang untuk lebih bersyukur. Sebab di sana Anda di beri kesempatan untuk mengenal orang-orang baru, tempat baru, keluarga baru, hingga pengalaman baru yang mungkin tidak akan bisa dilupakan. Merantau juga mengingatkan Anda bahwa setiap pertolongan ataupun kebaikan yang diterima saat hidup di perantauan, itu merupakan pembuktian bahwa Tuhan selalu memberikan kemudahan serta kemurahan-Nya kepada setiap umat manusia yang sedang berusaha. Oleh karena itu, Anda harus lebih pandai bersyukur atas segala kenikmatan yang sudah Tuhan berikan kepada Anda.

Jadi, bagaimana tanggapan Anda setelah melihat ulasan tentang manfaat yang akan didapatkan saat hidup diperantaun di atas? Jangan takut untuk mencobanya, merantaulah dan tunjukkan bahwa Anda memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa bertahan hidup di perantauan. Kemudian, pulanglah dengan memberikan hasil yang terbaik agar keluarga beserta teman-teman di kampung halaman bangga terhadap Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top