Keuangan

Hindari 5 Kesalahan Ini, Jika Tidak Ingin Karir Anda Menurun!

Dalam berkarir, tentu Anda akan menemui banyak tantangan. Mulai dari tantangan yang mudah, hingga tantangan yang sulit. Saat menemui tantangan-tantangan tersebut, Anda harus bisa mengambil tindakan yang tepat untuk bisa melewatinya. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat memilih tindakan yang akan dilakukan. Karena jika Anda salah mengambil tindakan, Anda bukan berhasil tapi malah melakukan kesalahan. Dari sini, bisa jadi karir Anda terancam turun. Jika Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, maka hindarilah 5 kesalahan yang membuat karir Anda menurun berikut ini.

  1. Berhenti Bertindak Karena Bosan

Terkadang, seseorang bekerja melakukan hal yang sama dan itu-itu saja setiap harinya. Hal ini tentu akan membuatnya merasa jenuh dan kesal, bahkan tidak jarang membuat seseorang mengajukan resign dari perusahaan. Begitu menggodanya pekerjaan lain yang dianggap lebih baik dan nyaman. Namun sebelum melakukan tindakan resign atau mengundurkan diri, tentu Anda harus bertanya kepada diri sendiri apakah dengan melakukannya bisa menyelesaikan masalah? Untuk itu, sebaiknya Anda harus mengetahui akar permasalahan terlebih dahulu dan jangan melarikan diri dari permasalahan di kantor. Bahkan, jika Anda mendapatkan pekerjaan baru mungkinkah Anda tidak akan menemui masalah lagi? Tentu saja masalah baru akan muncul, dengan begitu masalah pun menjadi berlipat ganda. Selain itu, apakah Anda sudah mencoba untuk pindah departemen atau perusahaan yang dianggap lebih menarik untuk Anda? Atau mungkin promosi jabatan yang bisa lebih memanfaatkan bakat dan keterampilan Anda? Dalam dunia pekerjaan, memang ada banyak alasan dari kurangnya hubungan yang terjalin. Apapun itu alasannya, sangat penting untuk mengetahui permasalahan agar Anda dapat mengambil tindakan yang lebih baik dan lebih membangun.

  1. Berharap Menjadi Peralihan yang Lancar

Mencari pekerjaan dengan asumsi peralihan yang lancar dan lebih baik memang mudah. Namun, akan lebih baik jika Anda tidak terlalu berharap agar tidak frustasi dan demotifasi selama proses berlangsung. Hal ini dikarenakan, perubahan biasanya penuh dengan komplikasi dan tantangan. Oleh karena itu, sangat penting jika Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan awal yang bisa terjadi saat beralih ke karir baru. Selain mempersiapkan diri, pastikan Anda bertanya atau meminta saran terhadap orang yang sudah berpengalaman di bidang ini. Misalnya teman, tetangga ataupun kerabat yang sudah bekerja pada karir yang akan Anda pilih. Dengan cara ini, maka Anda akan terhindar dari kesalahan yang bisa membuat karir menurun.

  1. Menganggap Remeh Perubahan yang Berarti

Memilih untuk merubah karir adalah keputusan yang besar, sulit dan merupakan tindakan yang sangat berani. Untuk menjalaninya Anda harus tetap berhati-hati, jangan sampai pekerjaan baru tersebut menyebabkan konflik karena nilai dan prioritas yang dilakukan. Misalnya pekerjaan baru Anda berhubungan dengan aktivitas media sosial, namun Anda tidak pernah online karena adanya privasi. Hal ini tentu bisa membuat pekerjaan Anda menjadi tidak berjalan dengan baik, bahkan berakibat fatal terhadap kemampuan yang dimiliki.

  1. Menggunakan Uang Sebagai Kriteria Utama Anda

Uang merupakan tujuan yang diharapkan seseorang saat bekerja. Namun, uang bukanlah awal dan akhir dari segalanya. Karena, sesungguhnya manusia tidak akan pernah merasa cukup terhadap uang dan materi yang dimilikinya. Justru, hal yang paling penting dalam menjalankan pekerjaan adalah apa yang telah dilakukan dan apa yang dimiliki serta bagaimana cara menggunakannya untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Jika Anda menemui pekerjaan yang gajinya cukup besar, maka tidak ada salahnya untuk diambil. Tapi jika Anda niat bekerja hanya karena tertuju pada uang semata sebagai kriteria utama, maka bisa jadi Anda bekerja tidak serius dan tidak melakukan pekerjaan dengan baik serta penuh keikhlasan. Dari sini, pekerjaan bisa tidak terjalankan dengan baik dan tidak terkordinir.

  1. Berhenti Bekerja tanpa Mempersiapkan Tabungan Minimal 6 Bulan

Terakhir, kesalahan yang bisa membuat karir Anda menurun adalah berhenti bekerja tanpa mempersiapkan tabungan minimal 6 bulan. Mengambil tindakan memang sangat penting, namun Anda tetap harus bisa memperhitungkan resikonya. Saat menjalankannya, mungkin Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk mengetahui jalan seperti apa yang harus Anda tempuh. Bahkan jika Anda sudah tidak tahu apa yang harus dilakukan, maka Anda akan tetap membutuhkan waktu untuk mengamankan pekerjaan yang tepat. Salah satunya adalah uang atau tabungan dengan jangka waktu minimal 6 bulan. Hal ini dikarenakan, pada saat yang bersamaan Anda juga pasti memiliki kebutuhan pokok yang harus dibayar dan di pertanggung jawabkan pada masa yang akan datang.

Itulah 5 kesalahan yang wajib dihindari, agar karir Anda tidak menurun. Dalam artikel ini, pointnya adalah Anda harus mempertimbangkan perubahan karir secara hati-hati dan penuh pertimbangan sebelum melakukannya. Sehingga, Anda tidak menemui kesalahan yang tidak perlu disesali di kemudian hari. Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top