Peluang Usaha

Hobi Mendaki Gunung Ramai Peminat, Ambil Peluang Bisnisnya Yuk!

bisnis mendaki gunung

Hobi mendaki gunung atau hiking saat ini memang sudah menjadi hal yang tak asing lagi. Pasalnya kegiatan alam ini sekarang sudah banyak diminati oleh masyarakat, terutama kalangan kaum muda. Didukung dengan tren berfoto di gunung yang begitu eksis, membuat aktivitas mendaki jadi semakin digemari. Begitu besarnya peminat kegiatan hiking kemudian memunculkan beberapa peluang bisnis yang tentunya menguntungkan bila dijalankan.  Nah berikut ini adalah beberapa peluang usaha menguntungkan dari hobi mendaki gunung yang saat ini makin diminati banyak orang.

  1. Penyewaan Perlengkapan Pendakian

Pertama, peluang bisnis menguntungkan yang muncul dari maraknya hobi mendaki gunung adalah penyewaan alat-alat pendakian. Ketika akan mendaki gunung, seorang pendaki memang membutuhkan beberapa perlengkapan atau peralatan mendaki. Perlengkapan pendakian ini sendiri diperlukan untuk membantu seseorang selama kegiatan pendakian. Beberapa perlengkapan pendakian yang sering dan banyak disewakan adalah sepatu hiking, matras, tenda, tas carrier, jaket outdoor, sleeping bag, jas hujan, Nesting Makan dan Kompor Portabel dan lainnya. Peminat untuk bisnis ini sendiri terbilang besar. Pasalnya banyak pendaki yang tidak memiliki perlengkapan tersebut. Karena bila membeli harganya mahal maka mereka akan sangat terbantu bila bisa menyewa.

  1. Agen Wisata Pendakian

Kegiatan pendakian yang dilakukan di gunung membuat Anda bisa menjalankan sebuah jasa layanan agen wisata. Kegiatan pendakian bagi banyak orang memang telah menjadi salah satu agenda wisata. Nah dari sini maka keberadaan agen wisata akan banyak dicari. Apalagi bagi para pendaki pemula dan belum mengerti jalur pendakian, maka mereka biasanya akan membutuhkan agen wisata pendakian. Agen wisata pendakian sendiri bertugas membuat pendaki tiba sampai di lokasi pendakian dan melakukan pendakian dengan lancar dan menyenangkan. Tentu untuk bisa menjalankan bisnis agen wisata pendakian ini maka Anda harus memiliki pengetahuan dan pengalaman di tempat pendakian.

  1. Guide/Pemandu Wisata

Berikutnya, bisnis menguntungkan yang muncul dari hobi mendaki adalah guide. Bila Anda memiliki pengalaman mendaki di suatu tempat maka Anda bisa menjadi seorang guide dan pemandu. Dengan menjadi guide Anda memang tidak hanya bisa mengarahkan atau menasehati saja, tapi Anda juga dituntut harus menemani pendaki selama pendakian. Tapi bila memang Anda tak punya tenaga untuk mendaki, Anda bisa merekrut orang untuk membantu Anda menjalankan bisnis ini. Untuk membuat usaha guide Anda semakin banyak diminati para pendaki, maka usahakan bisa berbahasa asing. Ini karena saat ini banyak juga para pendaki luar negeri yang tertarik untuk melakukan pendakian di Indonesia.

  1. Jasa Porter

Ketika mendaki para pendaki pastinya akan membawa banyak perlengkapan. Dari sini kemudian banyak pendaki yang merasa kerepotan untuk membawa beberapa perlengkapan tersebut. Nah untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis bisa menjadikan permasalahan ini sebagai peluang. Peluang bisnis dari permasalahan ini adalah jasa porter. Untuk menjalankan bisnis ini tentu tenaga dan kekuatan menjadi faktor penting untuk dimiliki. Pasalnya, perlengkapan mendaki memang biasanya sangat banyak dan berat untuk dibawa.

  1. Penyewaan Kamera

Ditengah maraknya tren berfoto, maka kamera menjadi alat yang selalu dibutuhkan, termasuk oleh para pendaki. Untuk mengabadikan momen saat mendaki dan hal-hal indah dalam perjalanan pendakian maka kamera memang selalu menjadi barang yang tak bisa dilupakan. Agar bisa mendapatkan hasil foto terbaik maka kemudian diperlukan kamera yang bagus. Tapi karena harga kamera yang bagus ini terbilang relatif mahal maka tempat rental atau penyewaan kamera akan dituju. Dengan menyewa kamera memang pendaki hanya perlu mengeluarkan biaya yang realtif lebih sedikit dibanding membeli.

  1. Agen Pendakian Premium

Terakhir, bisnis menguntungkan yang bisa Anda jalankan dari hobi mendaki gunung yakni agen pendakian premium. Bisnis yang satu ini konsepnya hampir sama dengan bisnis agen wisata pendakian. Bedanya bisnis agen pendakian premium lebih mentarget orang-orang dari kalangan masyarakat menengah ke atas. Tidak hanya itu, dalam bisnis agen pendakian premium ini ada juga beberapa layanan yang berbeda seperti pelatihan bahkan kursus. Salah satu contoh bisnis agen pendakian premium yang telah sukses menjalankan usahanya yakni Dody Adventure (dodyadventure.com). Dengan menjalankan bisnis agen pendakian premium ini Anda tentu bisa mendapatkan penghasilan lebih karena tarifnya yang memang lebih mahal dibanding agen wisata pendakian biasa.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top